Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.981 views

Serangan Taliban ke Pemerintah Afghanistan Tidak Kendor Meski Meningkatnya Tekanan dari AS

KABUL, TALIBAN (voa-islam.com) - Taliban tidak bergeming di tengah meningkatnya penargetan para pemimpinnya oleh militer AS sebagai bagian dari upaya untuk memaksa kelompok itu ke meja perundingan. Bahkan, Taliban tetap menyerang di seluruh Afghanistan. Di Kabul, seorang pembom jibaku menewaskan 12 orang, sementara puluhan personel keamanan Afghanistan tewas dalam serangan Taliban di pos-pos terdepan di provinsi Badghis, Kandahar, Kunduz dan Herat.

Serangan itu juga memberikan jendela keakuratan laporan Taliban tentang operasi militernya.

Pada Voice of Jihad - situs propaganda resmi Taliban yang diterbitkan dalam lima bahasa (Dari, Pashtu, Urdu, Arab, dan Inggris) - lima item berita teratas memerinci versi Taliban tentang serangannya di Badghis, Kabul, Kandahar, Kunduz, dan Herat. Kelima serangan tersebut dapat diverifikasi oleh laporan pers independen. Dan versi kejadian Taliban tidak jauh dari apa yang telah dilaporkan di media.

Pemboman jibaku Kabul, yang merupakan berita paling menonjol dari Afghanistan hari Selasa (11/12/2018) ini, menewaskan empat tentara dan delapan warga sipil, menurut laporan pers Afghanistan. Sembilan orang lainnya, termasuk enam personel keamanan dan tiga warga sipil, terluka menurut TOLONews. Taliban memuji serangan itu dan mengatakan itu dilakukan oleh "Mohammad Masoom, seorang mujahid dari unit syuhada Imarah Islam." Ada 23 "korban," termasuk "lebih dari 23 gabungan penjajah AS dan boneka mereka," menurut ke Taliban. Namun, tidak ada personel AS yang dilaporkan tewas atau terluka dalam laporan pers.

Serangan terbesar berikutnya, berdasarkan laporan pers, terjadi di Kunduz di Afghanistan utara. Sepuluh polisi Afghanistan tewas dan 12 lainnya terluka ketika Taliban menyerang sebuah pos keamanan, The New York Times mencatat. Pasukan Afghanistan meminta bala bantuan tetapi tidak ada yang datang. Taliban mengatakan mereka menyerbu sebuah pos terdepan dan menewaskan 12 tentara dan melukai 15 lainnya.

Di Kandahar, RFE / RL melaporkan bahwa delapan polisi Afghanistan tewas setelah Taliban menyerbu sebuah pos terdepan. Pernyataan Taliban tentang korban jauh lebih tinggi; dikatakan bahwa 25 polisi Afghanistan terbunuh. Di Herat, menurut The New York Times, para pejabat Afghanistan mengatakan bahwa enam polisi tewas dan 12 lainnya terluka dalam serangan Taliban di Herat. Taliban melaporkan sembilan personil keamanan tewas di provinsi itu.

Badghis adalah satu-satunya provinsi di mana pers dan laporan Taliban sangat berbeda. Para pejabat Afghanistan mengatakan bahwa beberapa personel keamanan tewas, sementara Taliban mengatakan membunuh 25 anggota pasukan keamanan Afghanistan.

Taliban juga melaporkan bahwa mereka melancarkan beberapa serangan di Helmand dan Farah, namun insiden ini belum dikonfirmasi dalam laporan pers.

Serangan hari ini oleh Taliban menyoroti kemampuan kelompok itu untuk melakukan operasi di semua kuadran negara. Taliban secara efektif menyerang pasukan Afghanistan di pusat (Kabul), Utara (Kunduz), Barat (Herat dan Badghis) dan Selatan (Kandahar, dan mungkin Helmand dan Farah). Para pejabat AS telah membantah bahwa Taliban telah memiliki inisiatif dan mengklaim bahwa mereka hanya berjuang untuk mendapatkan angin dalam negosiasi, tetapi konsistensi dan keganasan serangan Taliban mempercayai poin-poin ini. Taliban telah melakukan perlawanan ke pasukan keamanan Afghanistan di semua wilayah negara dan telah menyebabkan rata-rata 50 korban pasukan keamanan per hari.

Serangan itu juga menekankan nilai perang informasi Taliban dalam memahami konflik. Voice of Jihad dan produk-produk media Taliban lainnya sering diabaikan begitu saja sebagai propaganda semata, tidak ada yang perlu diperhatikan, khususnya di beberapa kalangan militer dan intelijen AS. Sementara Taliban sering meningkatkan jumlah korban yang terjadi selama operasi dan mengecilkan korban sendiri, kejadian itu sendiri akurat dan jarang diproduksi. Misalnya, Taliban jauh lebih akurat ketika melaporkan peristiwa seperti menduduki distrik daripada pemerintah Afghanistan atau misi Dukungan Tegas NATO. Sebagaimana peristiwa hari ini membuktikan, banyak laporan Taliban terferifikasi dalam laporan pers lokal dan internasional, dan di tiga dari lima peristiwa, laporan Taliban adalah mendekati cocok dengan laporan pers. (st/TLWJ)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X