Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.826 views

Bom, Sanksi dan Israel: Reaksi dari Timur Tengah untuk Pemilu Amerika Serikat

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Dengan Hari Pemilihan akhirnya berakhir dan Amerika Serikat menunggu untuk melihat siapa presiden mereka berikutnya, banyak orang di Timur Tengah juga mengawasi perkembangan yang sedang terjadi.

Dari campur tangan dalam konflik, hingga pembentukan pola geopolitik melalui hubungan dengan rezim yang berbeda, hingga menekan negara-negara agar menormalisasi hubungan dengan Israel - AS memiliki pengaruh besar di Timur Tengah. Karena alasan inilah, dan lebih banyak lagi, orang Arab sedang menunggu hasil perlombaan yang di luar kendali mereka.

“Ada minat yang belum pernah terjadi sebelumnya di jalan menuju pemilu AS, dan semua orang menunggu hasilnya,” kata koresponden Iran dari TNA, Al-Araby al-Jadeed, Saber Golanbari, kepada The New Arab.

"Meskipun pemerintah secara resmi menegaskan bahwa tidak peduli siapa yang menang, ia memahami bahwa hasil kebijakan luar negeri terhadap Iran di Washington akan menentukan berdasarkan apakah AS memiliki presiden Trump atau Biden."

Di bawah kepresidenan Donald Trump, hubungan Iran-AS memburuk secara signifikan, ditandai dengan penarikan Washington dari perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia.

Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden telah berjanji untuk bergabung kembali dengan perjanjian itu, yang berusaha diselamatkan negara-negara Eropa sejak Trump menariknya pada 2018.

'Trump menghapus Palestina dari peta'

Demikian pula, Palestina telah sangat terpengaruh oleh kebijakan luar negeri AS di bawah kepresidenan Trump, dengan dukungan yang tak tergoyahkan untuk Israel dan permusuhan terhadap Palestina.

Pada tahun 2018, Trump memindahkan kedutaan AS di Israel ke Yerusalem, yang tidak diakui sebagai ibu kota Israel oleh PBB. Dia juga telah memutuskan hampir semua dukungan keuangan AS kepada Otoritas Palestina (PA) dan UNRWA, badan PBB yang memberikan bantuan dan layanan kepada pengungsi Palestina.

“Pemimpin dan kepemimpinan Palestina dengan suara bulat setuju bahwa Presiden AS Donald Trump adalah presiden Amerika terburuk untuk Palestina. Dia membuat keputusan politik yang fatal terhadap perjuangan Palestina yang mengubah status quo, ”kata koresponden Palestina Naela Khalil.

"Sementara Palestina tidak menemukan perbedaan besar antara Trump dan Biden, karena setiap presiden Amerika akan menjadi teman Israel, kepemimpinan Palestina mengandalkan kemenangan Biden untuk memulihkan proses politik yang tidak akan menghasilkan solusi apa pun untuk Palestina," dia menambahkan.

Khalil menekankan bahwa Trump telah mengorbankan hak asasi manusia Palestina, dengan tegas mendukung Israel sejak menjadi Presiden AS.

“Sejak terpilih sebagai Presiden Gedung Putih, Trump telah mengambil 48 keputusan melawan Palestina, yang sebagian besar merupakan titik balik dalam konflik Palestina-Israel, dan tidak ada presiden AS yang akan datang yang dapat mengubahnya, seperti menyatakan menduduki Yerusalem sebagai ibu kota negara Israel, dan memindahkan Kedutaan Besar AS ke sana pada 6 Desember 2017, ”jelasnya.

“Pengumumannya tentang apa yang disebut Kesepakatan Abad Ini, yang didasarkan pada pencaplokan lebih dari 30% tanah Tepi Barat yang diduduki ke Israel, dan meninggalkan blok permukiman di jantung Tepi Barat, berarti bahwa tidak ada negara Palestina yang bisa lahir di masa depan. "

Meskipun orang-orang Palestina telah lama mengetahui hubungan rahasia rezim Arab dengan Israel, Trump yang mendorong mereka untuk menjalin hubungan resmi telah merugikan Palestina.

“Serta merekayasa kereta normalisasi Arab dengan Israel dengan membentuk dengan mendorong UEA dan Bahrain untuk melakukan normalisasi, kemudian memeras Sudan ke dalam normalisasi, akan lebih mungkin bahwa rezim Arab lainnya akan mengikuti karena Trump melanggar tabu membentuk hubungan dengan Israel Kata Khalil.

Kebijakan berdampak langsung pada urusan dalam negeri

Untuk Irak dan Suriah, baik Trump, maupun Biden tidak membuat perbedaan, tetapi dukungan untuk para kandidat didasarkan pada kubu mereka sendiri, kata para analis.

“Bagi warga Suriah, pemilihan AS telah menjadi pilihan yang sulit. Banyak tokoh oposisi Suriah mengungkapkan harapan bahwa Trump akan menang dan ini terutama karena sikap keras presiden saat ini terhadap Iran, dan karena sanksi Undang-Undang Caesar, ”kata staf penulis TNA yang mengikuti Suriah, Amr Salahi.

“Sanksi Iran khususnya tampaknya telah melemahkan kemampuan negara itu untuk membantu Assad dalam konflik. Sebaliknya, banyak warga Suriah yang mengasosiasikan Biden dengan Obama dan Obama hampir secara universal dibenci oleh para penentang rezim Suriah. Namun, Trump belum campur tangan untuk menghentikan serangan Assad terhadap warga sipil Suriah dan di dalam negeri dia menggunakan politik peluit anjing untuk membangkitkan kebencian terhadap warga Suriah dan orang lain dari latar belakang dan budaya Muslim, "tambah Salahi.

Kebijakan imigrasi juga telah mengubah persepsi tentang Suriah, menurut Salahi.

“Kami melihat ini baru-baru ini ketika dia men-tweet bahwa dia telah" melindungi "orang Amerika dari pengungsi Suriah yang menurutnya telah dikompromikan oleh" terorisme Islam radikal ". Biden, yang dipandang lunak terhadap Iran, juga telah menjangkau penentang rezim Suriah-Amerika, dengan mengatakan bahwa dia tidak akan mengizinkan Assad mengakses dana rekonstruksi tanpa reformasi besar di Suriah. Dia juga telah berjanji untuk membatalkan larangan Trump terhadap warga Suriah yang memasuki AS - sesuatu yang telah memengaruhi banyak keluarga Suriah. ”

Demikian pula, opini politik Irak juga dipengaruhi oleh politik domestik Irak.

"Pendukung Pasukan Mobilisasi Populer / Hashid al-Shaabi dan kekuatan politik yang dekat dengan Iran melalui berbagai media dan platform tampaknya mendukung Biden, mengingat sikap keras Trump terhadap Iran dan sekutunya di wilayah tersebut," kata koresponden Irak Othman Muhammad.

"Kubu anti-Iran di Irak tampaknya memuji kemenangan Trump sebagai kesempatan untuk melanjutkan tekanan pada Iran untuk melonggarkan cengkeramannya di Irak dan memangkas cakar kelompok bersenjata."

Dia menambahkan bahwa Trump telah dikritik karena urusan Arab yang lebih luas.

“Di antara kedua kubu muncul lapisan tambahan warga Irak yang ingin melihat Trump kalah karena posisinya yang keras terhadap orang Arab, Muslim, dan Palestina. Masih ada ketakutan akan gelombang baru normalisasi paksa beberapa rezim Arab dengan pendudukan Israel jika dia terus menjadi Presiden. "

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kenetralan telah menjadi kunci bagi Maroko secara resmi.

“Pengamatan utama yang dapat dibuat tentang kontes pemilu Amerika adalah komitmen resmi Maroko kepada pemerintah dan partai, untuk membungkam, tidak seperti kasus pemilu 2016, ketika perdana menteri Maroko, Abdelilah Benkirane, keluar secara terbuka, menyatakan dukungan untuk mantan kandidat Hillary Clinton ”kata koresponden Maroko Adel Nejdi.

“Namun, dapat dikatakan di tingkat publik dan di media sosial bahwa ada pelacakan yang luar biasa dari perlombaan panas, sementara mayoritas cenderung lebih memilih terpilihnya Biden, mengingat dampak negatif dari kebijakan luar negeri Trump, terutama yang berkaitan dengan Palestina dan upaya untuk menghapusnya dari peta dengan apa yang disebut Kesepakatan Abad Ini. "

Kebijakan imigrasi Trump yang keras berdampak pada opini publik yang lebih luas di Maroko.

Namun, hasil pemilu tidak akan berdampak pada Rabat, kata Nejdi.

“Pemenang pemilu tidak akan banyak mempengaruhi hubungan dengan Maroko, terutama dalam hal perang melawan terorisme dan kemitraan keamanan yang diperkuat bulan lalu, dengan perpanjangan 10 tahun dari perjanjian kerjasama militer.”

“Jadi sulit untuk mengatakan bahwa Maroko lebih memilih partai tertentu, sepanjang sejarah hubungan Rabat dengan presiden Amerika Serikat mengalami tahapan pasang surut.” (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X