Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.054 views

Alhamdulillah, Ikah Bisa Mudik Setelah Tertahan 15 Tahun di Gaza

GAZA (voa-islam.com) - ‘’Alhamdulillah, ya Allah ya Rabbi, setelah 15 tahun di sini akhirnya saya bisa pulang ke Indonesia,’’ ujar Ikah Subaikah (46) seperti dikutip Koordinator Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Gaza, Abdillah Onim, yang menemuinya di Nusairot, Gaza Tengah, Senin (16/6) waktu setempat.

Atas bantuan publikasi media Islam di Indonesia, juga peran Abdillah Onim, akhirnya wanita bernama lengkap Ikah Subaikah binti Jamal Jayadi itu dapat pulang ke Desa Cimuncang,  Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat. Pegawai KBRI Jordania memperpanjang paspornya sehingga ia bisa keluar dari Gaza.

Ikah menuturkan, setelah suaminya wafat limabelas tahun silam, ia memutuskan untuk menerima tawaran bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW).

‘’Maklum, saya harus menghidupi empat anak, jadi biar jauh juga saya lakoni,’’ katanya.

Pada tahun 2000 Ikah diberangkatkan ke Gaza lewat Jordania, lalu menyambung ke Bandara Internasional Gaza di Rafah Selatan. Saat ini bandara tersebut sudah tidak ada karena dibom Israel.

Ketika itu, Gaza belum diblokade Israel seperti sekarang. Sehingga, Ikah relatif gampang memasuki Palestina yang masih di bawah  pimpinan Presiden Yasser Arafat (almarhum).

Dengan Bahasa Indonesia campur Bahasa Sunda yang masih medok, Ikah menuturkan saat ia baru tiba di Gaza, rakyat Palestina masih bersatu. Mereka bahu-membahu melawan pendudukan Israel melalui Intifadah.

Di Gaza, Ikah bekerja pada keluarga Hajjah Ummu Muhammad, perempuan Gaza yang ditemuinya saat transit di Jordania. Majikan Ikah sangat baik, sehingga TKW asal Indonesia ini betah bersamanya selama 14 tahun hingga kini.

‘’Semua anggota keluarga Ummu Muhammad sangat baik,’’ katanya.

Ummu Muhammad pun senang dengan Ikah. ‘’Saat kami bertemu Ikah di Jordania, saya dan suami sepakat mengajak Ikah ke Gaza untuk bekerja di rumah kami sebagai pembantu rumah tangga. Alhamdulillah Ikah orangnya baik, jujur, dan menjaga amanah. Perhiasan, uang, dan harta kami tetap utuh walau kami letakkan begitu saja di rumah,’’ tutur Ummu Muhammad.

Ia menambahkan, Ikah juga agamanya bagus, selalu membaca Alquran, sholat 5 waktu tak pernah putus. ‘’Bahkan saat ini Ikah sudah banyak menghafal ayat Alquran.’’

Ikah kemudian sudah dianggap seperti anak sendiri oleh Keluarga Ummu Muhammad. Ia misalnya, tidak lagi boleh membuang sampah ke luar rumah.

‘’Jika saya dan suami bepergian keluar negeri seperti ke Jordan dan Mesir, maka Ikah sendirian menjaga rumah. Pulangnya, kami selalu membawakan hadiah buat Ikah seperti kalung emas dan perhiasan lainnya,’’ ungkap Ummu Muhammad.

Abdillah Onim menemui Ikah berdasarkan informasi dari kawan-kawannya di Indonesia perihal adanya TKW di Gaza. Mengajak istrinya, Rajaa Al Hirthani, dan putri mereka Marwiyah Filind (2), Abdillah Onim akhirnya bertemu Ikah di rumah Ummu Muhammad.

Di akhir perbincangan, Ikah mengungkapkan kerinduannya pada keluarga dan kampung halaman yang sudah 15 tahun tak pernah ditemuinya.

‘’Selama 15 tahun saya hanya bisa mengirim kabar dan uang untuk keluarga di Cianjur. Saya kangen sekali, tapi tidak bisa pulang kampung karena paspor saya sudah habis masa berlakunya,’’ tutur Ikah sambil berurai airmata.

Onim lalu menggalang dukungan lewat publikasi dan akses ke KBRI Mesir maupun Jordania. Alhamdulillah, melalui ikhtiar kerjasama itu, akhirnya Ikah berhimpun lagi dengan keluarganya di kampung halaman. [nurbowo/adivammar/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X