Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.624 views

Ini Wawancara Alwi Shihab dengan Koran di Mesir, Sebut Ikwanul Muslimin adalah Teroris

MESIR (voa-islam.com) - Mantan Menteri di era Gusdur, Alwi Sihab sebut Ikwanul Muslimin sebagai organisasi teroris. Hal itu dia ungkapkan saat dalam sebuah wawancara dengan media Mesir, al-masryalyoum, mengatakan langkah Al-Sisi yang sudah membunuh ribuan nyawa kaum Muslimin Mesir sebagai tindakan yang tepat.Ngerinya lagi cendekiawan yang d sinyalir Syiah ini malahan memberikan pernyataan bahwa Ikwanul Muslimin adalah teroris.

Lebih jelasnya, kami hadirkan terjemahan wawancara Alwi Shihab dengan wartawan al-masryalyoum, Fadi Fransis yang dialihbahasakan oleh Nashih Nashrullah dari Republika Online (ROL):

Apa motif kunjungan Anda ke Mesir dan apa saja topik perbincangan Anda dengan Presiden el-Sisi?

Saya datang ke Mesir untuk mengundang Presiden el-Sisi hadir dalam Peringatan ke-60 berdirinya Konferensi Asia Afrika yang akan berlangsung di Bandung April ini. Saya juga membawa pesan dari Presiden Joko Widodo tentang keinginan negara kami mengembangkan hubungan bilateral kedua negara. Pesan ini disambut baik oleh el-Sisi. Tetapi, el-Sisi meminta maaf tak bisa hadir dan berjanji mengutus delegasi tingkat tinggi. El-Sisi sendiri akan bertandang ke Indonesia akhir tahun ini. Perbincangan kami membahas berbagai persoalan, yang paling pokok adalah bagaimana menghadapi terorisme, apalagi Mesir dan Indonesia memiliki kesamaan arah pemikiran.

2. Apakah kedua negara ingin bernostalgia dengan kejayaan hubungan kedua negara di masa lalu?

Saya rasa begitu. Ada keinginan besar dari kedua pihak untuk menghidupkan hubungan masa lalu yang mencapai puncaknya pada masa dua pemimpin besar, Gamal Abd el-Naser dan Soeharto. Presiden Jokowi ingin bekerjasama dengan el-Sisi utuk saling bertukar pengalaman dan menghidupkan ruh yang tulus dan kuat itu. Karena itu, kita ingin menguatkan hubungan di berbagai levelnya.

3. Apakah kalian juga berencana mewujudkan koalisi internasional bersama Mesir untuk menghadapi terorisme seperti masa lalu?

Tentu kita menyambuat baik rencana terseut, terutama di Mesir ada institusi keagamaan terpenting di dunia, yaitu Al-Azhar yang dianggap sebagai gerbang utama dunia melawan terorisme, melalui pemikiran moderat. Apalagi organisasi teroris radikal telah mencederai prinsip-prinsip Islam yang luhur.

4. Menurut Anda, apa sebab utama maraknya terorisme dan munculnya ISIS?

Semua orang saya rasa mengetahuinya, sebagian kekuatan Barat berambisi meruntuhkan umat Islam karena mereka menyadari betul kekuatan Islam dan takut bersaing secara sehat. Saya tidak ingin secara tegas menuding Barat sebab terorisme, pendapat saya sekadar kesimpulan alami dari realita yang ada. Namun, kritik pertama tentu tertuju pada umat Islam itu sendiri. Mereka membiarkan kelompok radikal menyebar di negara mereka mengatasnamakan agama, mereka tidak berupaya memberikan pencerahan dan penyadaran untuk warga mereka sendiri. Kami di Indonesia juga menghadapi kelompok ekstrem, tetapi kita akan tegas menghadapi mereka.

5. Apakah Anda mendukung aksi militer menempus ISIS?

Organisasi-organisasi teroris beroperasi memakai kekerasan dibekali dengan persenjataan yang beragam, karena itu, aksi militer perlu ditempuh menghadapi siapapun yang mengancam stabilitas nasional. Namun, di sisi lain, solusi ini bukan satu-satunya cara, harus menyadarkan warga dengan pemikiran yang moderat. Ini akan memicu munculnya generasi yang sadar dan mencerminkan Islam yang luhur. Oleh karenanya, saya tegaskan sekali lagi pentingnya peran Al-Azhar.
 
6. Menurut Anda, bagaimana dengan Revolusi 30 Juni 2013 (revolusi ini berujung pada lengsernya Mursi)?

Revolusi 30 Juni menggagalkan upaya pemecahbelahan Mesir. Tuhan membimbing el-Sisi menjaga persatuan Mesir dari bahaya perpecahan. Saya yakin rakyat Mesir saat ini merasakan ketenangan penuh di bawah kepemimpinan el-Sisi yang mengupayakan kebangkitan hakiki untuk negaranya.


7. Lantas bagaimana Anda melihat Mesir di bawah pemerintah Ikhwanul Muslimin?

Ada banyak kesalahan besar yang dilakukan oleh rezim IM. Mereka menginginkan perubahan mendasar dalam tatanan masyarakat Mesir, sedangkan manfaatnya cuma kembali ke golongan mereka sendiri, IM juga ingin mengubah identitas Mesir, tetapi rakyat Mesir mencatat sejarah mereka sendiri dengan aksi turun ke jalan pada 30 Juni. Aksi ini dianggap sebagai revolusi rakyat terbesar dalam sejarah yang hendak menjaga persatuan negara, el-Sisi tanggap menerima keinginan rakyat itu.

8. Apa sikap Indonesia terhadap IM?

Ada sebagian kecil kalangan di Indonesia yang menilai IM bukan kelompok teroris, tetapi mereka berubah pikiran dan mulai berpendapat IM telah melenceng dari prinsip-prinsip pergerakan awal mereka. Kekacauan dan aksi teror yang mereka tunjukkan menunjukkan kesalahan mereka dari prinsip-prinsip Islam yang luhur. Dan rakyat Mesir telah memperlihatkan kepada dunia, IM teroris. Buktinya, mereka bergandeng tangan dalam Revolusi 30 Juni untuk menyelamatkan Mesir.

Demikian kami hadirkan wawancara yang ada, agar tak terjadi sebuah fitnah bahwa sesungguhnya Alwi Shihab menuduh teroris itu adalah sebuah hal yang jelas adanya, karena kerancuan gaya fikir Alwi Shihab.[protonema/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X