Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.501 views

MSF Perkiraan 6700 Muslim Rohingya Tewas di Rakhine Myanmar hanya Dalam Tempo Sebulan

DHAKA, BANGLADESH (voa-islam.com) - Medecins Sans Frontieres (MSF) telah mengatakan bahwa pihaknya meyakini setidaknya 6.700 Rohingya telah tewas dalam periode sebulan setelah kekerasan meletus di Myanmar pada bulan Agustus.

Berdasarkan survei pengungsi di Bangladesh, jumlahnya jauh lebih tinggi daripada angka resmi pemerintah Myanmar yang hanya berjumlah 400 orang. MSF mengatakan bahwa ini adalah "indikasi paling jelas mengenai kekerasan yang meluas" oleh pemerintah Myanmar.

Militer Myanmar menyalahkan kekerasan itu terhadap "teroris" dan telah membantah melakukan kesalahan.

Survei kelompok bantuan tersebut menemukan bahwa setidaknya 9.000 Rohingya meninggal di Myanmar, yang juga dikenal sebagai Burma, antara 25 Agustus hingga 24 September.

"Dalam perkiraan paling konservatif" setidaknya 6.700 kematian tersebut disebabkan oleh kekerasan, termasuk setidaknya 730 anak di bawah usia lima tahun, menurut MSF.

Sebelumnya, angkatan bersenjata menyatakan bahwa sekitar 400 orang telah terbunuh, kebanyakan dari mereka digambarkan sebagai pejuang Muslim Rohingya.

Kasus Pengadilan Pidana Internasional?

Ada banyak laporan terperinci oleh para jurnalis dan peneliti, berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan pengungsi, yang membuatnya sulit untuk membantah bahwa pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan telsh terjadi di tangan pasukan keamanan.

Tapi banyak laporan ini berfokus pada kasus terburuk; Ada beberapa laporan media tentang pembantaian di satu desa bernama Tula Toli.

Beberapa Rohingya yang saya wawancarai mengatakan bahwa mereka telah melarikan diri karena takut akan kekerasan, namun sebenarnya tidak mengalaminya.

Angka yang diteliti dengan baik oleh MSF ini menunjukkan bahwa operasi yang dilakukan oleh militer cukup brutal untuk meningkatkan kemungkinan mengajukan kasus ke Pengadilan Pidana Internasional (ICC) atas kejahatan terhadap kemanusiaan.

Masalahnya adalah bahwa Myanmar belum meratifikasi Statuta Roma ICC dan tidak terikat untuk bekerja sama dengannya.

Membawa sebuah kasus memerlukan persetujuan kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, dan Cina sampai sekarang memberikan dukungan penuhnya kepada pemerintah Myanmar dalam menangani krisis tersebut.

'Tindakan keras militer dimulai pada 25 Agustus setelah pejuang Rohingya Arsa menyerang lebih dari 30 pos polisi.

Setelah penyelidikan internal, tentara Myanmar pada November membebaskan diri dari segala kesalahan mengenai krisis tersebut.

Mereka membantah membunuh warga sipil, membakar desa mereka, memperkosa wanita dan anak perempuan, dan mencuri harta benda Muslim Rohingya.

Sebagian besar minoritas Muslim ditolak kewarganegaraannya oleh Myanmar, di mana mereka dilihat sebagai imigran dari Bangladesh.

Pemerintah tidak menggunakan istilah Rohingya namun menyebut mereka Muslim Bengali.

Pernyataan pemerintah bertentangan dengan bukti yang dilihat oleh koresponden BBC.

Kepala hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa ini seperti "contoh buku teks tentang pembersihan etnis".

"Apa yang kami temukan sangat mengejutkan, baik dari segi jumlah orang yang melaporkan seorang anggota keluarga yang tewas akibat kekerasan, dan cara mengerikan yang mereka katakan menyebabkan mereka terbunuh atau terluka parah," kata Direktur Medis MSF Sidney Wong.

Menurut MSF: 69% kematian terkait kekerasan disebabkan oleh tembakan senjata 9% karena dibakar sampai mati di rumah mereka 5% dipukuli sampai mati.

Di antara anak-anak yang meninggal di bawah usia lima tahun, MSF mengatakan lebih dari 59% dilaporkan tertembak, 15% terbakar sampai mati, 7% dipukul sampai mati dan 2% terbunuh oleh ledakan ranjau darat.

Banyak pengungsi telah mengalami kekerasan yang brutal.

"Jumlah kematian kemungkinan akan diremehkan karena kami belum mensurvei semua pemukiman pengungsi di Bangladesh dan karena survei tersebut tidak memperhitungkan keluarga yang tidak pernah berhasil keluar dari Myanmar," kata Wong.

Pada bulan November, Bangladesh menandatangani kesepakatan dengan Myanmar untuk mengembalikan ratusan ribu pengungsi.

MSF mengatakan bahwa kesepakatan tersebut "terlalu dini" menunjukkan bahwa "saat ini orang masih melarikan diri" dan laporan tentang kekerasan telah terjadi bahkan dalam beberapa pekan terakhir.

Kelompok tersebut juga memperingatkan bahwa masih ada akses yang sangat terbatas untuk kelompok bantuan ke negara bagian Rakhine.

Rohingya adalah minoritas Muslim tanpa kewarganegaraan yang telah lama mengalami penganiayaan di Myanmar, juga dikenal sebagai Burma. (st/wb) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X