Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.101 views

Pejuang Oposisi Dukungan Turki Tolak Serahkan Senjata Mereka Mengikuti Perjanjian Idlib

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang oposisi Suriah yang didukung Turki telah menolak meletakkan senjata mereka atau menyerahkan wilayah yang berada di bawah kendali mereka di Provinsi Idlib Suriah setelah Rusia dan Turki mengatakan mereka telah sepakat untuk membentuk zona penyangga di wilayah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Sabtu (22/9/2018) malam, yang Front Pembebasan Nasional (NLF), sebuah aliansi faksi oposisi yang didukung oleh Ankara, mengatakan akan bekerja sama dengan Turki di Idlib, tetapi mengesampingkan perlucutan senjata.

"Kami tidak akan meninggalkan senjata kami, tanah kami atau revolusi kami" melawan pasukan pemerintah Suriah, kata kelompok itu.

Awal bulan ini, Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan dan timpalannya dari Rusia, Vladimir Putin, bertemu di resor Laut Hitam Sochi dan mengumumkan kesepakatan tentang Idlib yang merupakan benteng pertahanan oposisi terbesar terakhir di Suriah.

Setelah pertemuan itu, Putin mengatakan pada konferensi pers bersama dengan Erdogan bahwa mereka telah sepakat untuk membuat zona demiliterisasi 15-20 kilometer di Idlib sepanjang garis kontak antara oposisi bersenjata dan pasukan pemerintah pada 15 Oktober.

Perjanjian itu melibatkan penarikan "militan yang berpikiran radikal", termasuk Jabhat Al-Nusrah, dari kawasan itu, tambahnya.

Erdogan mengatakan baik Turki dan Rusia akan melakukan patroli militer terkoordinasi di perbatasan zona penyangga dalam upaya untuk mendeteksi dan mencegah "provokasi oleh pihak ketiga dan pelanggaran perjanjian."

Pada hari Jum'at, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengumumkan bahwa Moskow dan Ankara telah sepakat tentang perbatasan zona demiliterisasi di sekitar Idlib.

Bagaimanapun, kelompok-kelompok pejuang oposisi yang masih setia dengan rovolusi melawan Assad menolak kesepakatan zona penyangga Idlib, termasuk Hurasa Diin yang berafiliasi dengan Al-Qaidah.

Kelompok itu  juga menyarankan anggotanya "dalam fase yang menentukan dan berbahaya ini ... (untuk) memulai operasi militer melawan musuh ... untuk menggagalkan rencana mereka."

Sementara itu, Hay'at Tahrir al-Sham (HTS), kelompok oposisi yang paling kuat di wilayah itu, juga menyatakan penolakan mereka atas perjanjian Idlib.

Idlib adalah tempat bagi beberapa kelompok oposisi yang berasal dari seluruh penjuru negeri Suriah yang sebelumnya terusir dari wilayah mereka.

Dalam beberapa pekan terakhir, tentara Suriah telah melancarkan serangan ke Idlib, dengan dukungan dari Iran dan Rusia. Didukung oleh serangan udara Rusia, mereka telah berkali-kali berupaya namun gagal untuk masuk dari berbagai titik di perbatasan Idlib menyusul perlawanan sengit dari pasukan oposisi. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X