Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.975 views

Harian Turki Ungkap 15 Nama dan Foto Tersangka Diduga Terlibat Pembunuhan Khashoggi

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Sebuah koran Turki telah menerbitkan nama dan foto 15 warga Saudi, termasuk beberapa pejabat, yang diduga telah membunuh Jamal Khashoggi, seorang wartawan Saudi kritikus kerajaan, di konsulat Riyadh di Istanbul sebelum meninggalkan tanah Turki.

Daily Sabah pada Selasa (9/10/2018) merilis identitas para operator Saudi, yang, menurut laporan itu, tiba dari Riyadh ke Istanbul dengan dua jet pribadi dan memasuki misi Saudi pada 2 Oktober ketika Khashoggi memasuki gedung itu.

Para warga Saudi itu melakukan check in di dua hotel internasional dekat dengan konsulat sebelum menuju ke konsulat. Mereka meninggalkan Turki pada malam yang sama.

Para tersangka semuanya dicari oleh otoritas Turki untuk ditanyai sehubungan dengan hilangnya Khashoggi.

Sebuah sumber yang dekat dengan penyelidikan atas kasus itu mengatakan kepada portal berita Middle East Eye bahwa tiga dari tersangka adalah anggota elit unit perlindungan khusus Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman.

Salah satu orang Saudi itu, tambahnya, adalah kepala departemen forensik di Keamanan Umum Saudi.

Pasukan Saudi 'menunggu Khashoggi' di konsulat

Sementara itu, The Washington Post melaporkan bahwa tim Saudi yang beranggotakan 15 orang itu telah menunggu di Khashoggi pada hari dia memasuki konsulat.

Harian Amerika itu memperoleh foto yang diambil dari kamera CCTV di luar kediaman konsul jenderal Saudi, Mohammed al-Otaibi, yang berjarak kurang dari 500 meter dari konsulat.

Ini menunjukkan mobil van Mercedes Vito dengan jendela gelap, yang diyakini telah membawa beberapa tersangka Saudi dari konsulat ke kediaman Otaibi sekitar dua jam setelah Khashoggi memasuki misi diplomatik.

Menurut catatan pelacakan penerbangan dan orang-orang yang akrab dengan penyelidikan, pasukan Saudi tersebut telah berangkat dari Istanbul pada pesawat yang menuju Kairo dan Dubai dan kemudian ke Riyadh.

Arab Saudi mengklaim bahwa Khashoggi telah meninggalkan konsulat setelah menyelesaikan dokumen untuk pernikahannya dengan calon istrinya, Hatice Cengiz, tetapi Ankara mengatakan Riyadh harus membuktikan klaim tersebut.

Sebuah kamera CCTV merekam saat Khashoggi memasuki konsulat tetapi tidak pernah keluar.

Pada hari Selasa, gambar diam muncul dari Khashoggi melangkah ke arah misi. Sebuah mobil hitam yang diduga digunakan untuk menyelundupkannya atau tubuhnya pergi juga terlihat diparkir di sebelah pintu depan konsulat.

CCTV menghilang dari konsulat

Sementara itu, The Guardian melaporkan bahwa rekaman kamera keamanan telah dihilangkan dari konsulat Saudi di Istanbul, dan staf Turki secara tiba-tiba diberitahu untuk libur pada hari Khashoggi lenyap.

Para penyelidik Turki percaya bahwa rekaman CCTV dari dalam konsulat ada di atas dua jet perusahaan yang membawa tersangka pasukan Saudi kembali ke Riyadh.

Seorang wartawan dengan harian Yeni Safak mengatakan pada hari Rabu bahwa Dinas Keamanan Nasional Turki memiliki rekaman yang menunjukkan pintu masuk Khashoggi ke konsulat Saudi dan pembunuhannya.

Rekaman-rekaman ini, tambahnya, akan dirilis oleh kantor berita Anadolu.

Tunangan Khashoggi mendesak rilis rekaman CCTV

Dalam sebuah opini yang dipublikasikan di The Washington Post, di mana Khashoggi adalah kontributornya, Cengiz meminta Arab Saudi untuk merilis rekaman CCTV dari konsulat.

Tunangan Khashoggi itu juga menyatakan keyakinannya pada “kemampuan para pejabat pemerintah Turki” dan meminta Presiden AS Donald Trump untuk membantu mengungkap apa yang telah terjadi pada kritikus Riyadh yang dia katakan “telah berjuang untuk prinsip-prinsipnya.”

"Saya juga mendesak Arab Saudi, terutama Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, untuk menunjukkan tingkat sensitivitas yang sama dan merilis rekaman CCTV dari konsulat," tulisnya.

Meskipun Khashoggi tahu bahwa pendapatnya telah membuat marah orang-orang tertentu, dia memasuki konsulat “tanpa ragu bahwa dia akan aman di sana,” tambah Cengiz, mencatat bahwa setelah tiga jam menunggu di luar misi, “ketakutan dan kekhawatiran” mengalahkannya.

“Namun, dia semakin khawatir tentang gelombang penangkapan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negaranya. Namun Jamal tidak berpikir Saudi dapat memaksanya untuk tinggal di konsulat di Turki, bahkan jika mereka ingin menangkapnya, ”tambahnya. "Meskipun harapanku perlahan memudar setiap hari, aku tetap yakin bahwa Jamal masih hidup."

Inggris menuntut "jawaban mendesak"

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt memanggil duta besar Saudi dan menuntut “jawaban mendesak” tentang hilangnya sang jurnalis.

"Baru saja bertemu duta besar Saudi untuk mencari jawaban mendesak atas Jamal Khashoggi. Kekerasan terhadap jurnalis di seluruh dunia sedang naik dan merupakan ancaman besar bagi kebebasan berekspresi. Jika laporan media terbukti benar, kami akan memperlakukan insiden itu dengan serius - persahabatan bergantung pada nilai yang dibagikan", tweet Jeremy Hunt.

Belakangan, Hunt menelepon Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir, untuk memperingatkan rezim Riyadh atas hilangnya sang jurnalis.

Khashoggi, mantan penasehat pemerintah Saudi, telah meninggalkan Arab Saudi September lalu dan tinggal di pengasingan di Amerika Serikat, di mana dia mengajukan permohonan kewarganegaraan.

Dia telah kritis terhadap Mohammed bin Salman, menuduh pewaris tahta Saudi itu memperkenalkan era baru "ketakutan, intimidasi, penangkapan dan mempermalukan publik." (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X