Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.137 views

Laporan: Pembantu Dekat Mohammed Bin Salman Arahkan Pembunuhan Khashoggi Lewat Skyape

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Seorang pembantu utama Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) mengarahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, Reuters melaporkan pada hari Senin (22/10/2018, mengutip para pejabat Saudi, Turki dan Arab.

Sumber Arab tingkat tinggi dengan akses ke intelijen dan tautan ke para anggota pengadilan kerajaan Arab Saudi mengatakan kepada kantor berita bahwa Saud al-Qahtani, penasihat lama untuk Mohammed bin Salman, mengarahkan ke sebuah ruangan di konsulat Saudi melalui Skype.

Dia mulai melontarkan penghinaan ke Khashoggi melalui telepon, lapor Reuters.

Menurut sumber-sumber Arab dan Turki, Khashoggi menjawab sendiri penghinaan Qahtani.

Sumber intelijen Turki juga menyampaikan bahwa pada satu titik Qahtani mengatakan kepada anak buahnya untuk membuang Khashoggi, lapor Reuters.

"Bawakan saya kepala anjing itu," kata sumber Turki itu, Qahtani menginstruksikan.

Pada hari Sabtu, media pemerintah Saudi mengatakan Raja Salman telah memecat Saud Al-Qahtani dan empat pejabat lainnya atas pembunuhan Khashoggi, yang diyakini para pejabat keamanan Turki dilakukan oleh 15 orang, tim pembunuh Saudi.

Ketika krisis telah berkembang selama tiga pekan terakhir, Arab Saudi telah mengubah ceritanya tentang apa yang terjadi pada Khashoggi, orang dalam Saudi yang berubah menjadi kritikus yang menulis untuk Washington Post. Para pejabat Saudi pertama membantah keras bahwa Khashoggi telah mati, lalu mereka mengatakan dia meninggal dalam suatu perkeliahan di konsulat, dan sekarang mereka menghubungkan kematiannya dengan tercekik.

Seorang pejabat senior Saudi mengatakan kepada Reuters bahwa para pembunuhnya telah berusaha menutupi apa yang terjadi, dengan mengatakan bahwa kebenaran baru saja muncul. Namun para pejabat Turki menolak versi cerita itu, mengatakan mereka memiliki rekaman audio tentang apa yang terjadi.

Untuk membendung kejatuhan dari pembunuhan Khashoggi, putra mahkota mengizinkan Qahtani untuk mengambil kejatuhan tersebut, sebuah sumber yang dekat dengan istana kerajaan Saudi kepada Reuters.

MBS tidak memiliki pengetahuan tentang operasi yang menyebabkan kematian Khashoggi dan "tentu saja tidak memerintahkan penculikan atau pembunuhan siapa pun," klaim seorang pejabat Saudi pada hari Sabtu.

Pengaruh kuat dalam rombongan MBS

Tetapi pengaruh Qahtani di rombongan putra mahkota telah sangat luas, sumber-sumber yang memiliki hubungan dengan istana kerajaan mengatakan kepada Reuters, dan kritikus Riyadh mengatakan adalah tidak mungkin bahwa keputusan untuk membunuh atau menculik Khashoggi dilakukan tanpa keterlibatan Mohammed bin Salman.

Qahtani sendiri pernah berkata bahwa dia tidak akan pernah melakukan apapun tanpa persetujuan atasannya.

"Apakah Anda pikir saya memarahi (orang lain) atas kemauan saya sendiri tanpa arah? Saya adalah seorang pegawai dan seorang pelaksana yang setia atas perintah tuanku, raja, dan tuanku, putra mahkota putra mahkota," Qahtani men-tweet musim panas lalu.

Pada Februari 2012, dalam saling balas Twitter dengan Khashoggi tentang nasib seorang pria Saudi yang dituduh melakukan penghujatan yang diekstradisi dari Malaysia, Qahtani menulis: "Adalah penjaga (Dua Masjid Suci (Raja) yang memutuskan untuk menangkap dan menghukumnya dan membawanya dari ujung bumi. Ketika penguasa memerintah, argumen berakhir. "

Tidak jelas apa yang dikatakan Khashoggi sebelum menerima tanggapan ini;  (balasan) tweet sang wartawan tidak tersedia.

Qahtani tidak menanggapi pertanyaan dari Reuters.

Biografinya di Twitter berubah dalam beberapa hari terakhir dari penasehat kerajaan menjadi Federasi Saudi untuk Cybersecurity, Programming, dan Drones, peran yang pernah ia pegang sebelumnya, sebagai ketua federasi itu.

'Operasi bobrok dan gagal'

Khashoggi, jurnalis Saudi yang berbasis di AS sering mengecam Arab Saudi dan kepemimpinannya, berjalan ke konsulat Istanbul sekitar pukul 1 siang pada 2 Oktober, untuk mengambil beberapa dokumen yang akan memungkinkan dia untuk menikah.

Sumber-sumber keamanan Turki mengatakan dia segera ditangkap di dalam konsulat oleh 15 agen intelijen Saudi yang telah diterbangkan dengan dua jet hanya beberapa jam sebelumnya.

Tidak jelas apakah Qahtani menyaksikan keseluruhan proses tersebut melalui Skype. Sumber Arab tingkat tinggi mengatakan kepada Reuters bahwa peristiwa itu adalah "operasi ceroboh dan gagal".

Sumber Arab dan sumber intelijen Turki mengatakan kepada kantor berita bahwa audio dari panggilan Skype sekarang berada di tangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sumber itu mengatakan dia menolak untuk melepaskannya ke pejabat AS, Reuters melaporkan.

Qahtani berbicara kepada Khashoggi tentang kembali ke Arab Saudi: Reuters

Qahtani, 40, telah mendapatkan reputasi di rumah baik sebagai pemaksa keinginan pangeran dengan cara kekerasan dan sebagai nasionalis keras. Di blog dan di media sosial, beberapa jurnalis dan aktivis Saudi yang liberal menjulukinya Steve Bannon Saudi karena manipulasi agresifnya terhadap media berita dan di balik layar strategis.

Setidaknya tiga teman dari Khashoggi mengatakan kepada Reuters bahwa dalam beberapa bulan setelah sang jurnalis pindah ke Washington setahun yang lalu, ia menerima beberapa panggilan telepon dari tangan kanan MBS itu yang mendesaknya untuk kembali ke Arab Saudi. Khashoggi telah menolak, kata mereka, takut akan pembalasan atas kolom-kolom Washington Post-nya dan pandangan-pandangannya yang blak-blakan.

Qahtani telah mencoba untuk meyakinkan mantan editor surat kabar tersebut bahwa dia masih dihormati dan telah menawarkan pekerjaan sebagai konsultan di istana, kata teman-temannya.

Khashoggi mengatakan bahwa sementara dia mendapati Saud Al-Qahtani lembut dan sopan selama percakapan itu, dia tidak mempercayainya, seorang teman dekat mengatakan kepada Reuters. "Jamal memberitahuku setelah itu, 'dia pikir aku akan kembali sehingga dia bisa melemparkanku ke penjara?'"

Pejabat senior Saudi yang kedua menegaskan bahwa Qahtani telah berbicara dengan Khashoggi tentang pulang ke rumah.

Pejabat Saudi yang berbicara pada hari Sabtu mengatakan perintah yang ada memberikan otorisasi untuk "bernegosiasi" dengan para pembangkang untuk kembali ke rumah tanpa membutuhkan persetujuan, tetapi bahwa tim yang terlibat dengan Khashoggi melebihi otorisasi itu.

Seorang pejabat Saudi lainnya yang dekat dengan penyelidikan mengatakan bahwa Qahtani memutuskan sendiri untuk mengatur penculikan Khashoggi dan bahwa dia meminta Wakil Kepala Intelijen Jenderal Ahmed al-Asiri untuk mengumpulkan tim, tetapi rencana mereka salah. (st/MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X