Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.365 views

Palestina Kecam Rencana Brazil Pindahkan Kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Seorang pejabat senior Palestina pada hari Jum'at (2/11/20180 mengecam pengumuman Jair Bolsonaro, presiden sayap kanan terpilih dari Brasil, bahwa ia akan memindahkan kedutaan negaranya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Ini adalah langkah-langkah provokatif dan ilegal yang hanya akan mengganggu keamanan dan stabilitas di kawasan itu," kata Hanan Ashrawi, seorang anggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina, kepada AFP.

Amerika Serikat memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem pada bulan Mei, memicu kemarahan di antara orang-orang Palestina, yang menganggap bagian timur kota yang dikuasai Zionis Israel itu sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

"Sangat disayangkan bahwa Brasil telah bergabung dengan aliansi negatif ini melawan hukum internasional," kata Ashrawi.

Pada hari Kamis Bolsonaro men-tweet bahwa "seperti yang dinyatakan sebelumnya selama kampanye kami, kami bermaksud untuk memindahkan kedutaan Brasil dari Tel Aviv ke Yerusalem."

"Israel adalah negara berdaulat dan kami akan menghormati itu," katanya.

Perdana Menteri Israel Binyamin Netanyahu memuji langkah itu menyebutnya sebagai "bersejarah".

Hanya Amerika Serikat dan Guatemala saat ini memiliki kedutaan besar mereka di Yerusalem, sementara negara-negara lain memilikinya di Tel Aviv.

Israel menduduki Jerusalem Timur Arab dalam Perang Enam Hari 1967 dan kemudian mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional. Negara Zionis Yahudi itu melihat seluruh kota sebagai ibukotanya. Selama beberapa dekade komunitas internasional menyatakan bahwa status kota harus dinegosiasikan antara Israel dan Palestina.

Pada bulan Desember, Presiden Donald Trump membalik kebijakan lama AS dan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, mendorong Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk memboikot pemerintahannya.

Kedutaan AS secara resmi dipindahkan pada 14 Mei, dengan Guatemala dan Paraguay menyusul, meskipun yang terakhir mengumumkan bulan lalu akan mengembalikan kedutaannya ke Tel Aviv.

Bolsonaro, 63, yang memenangkan pemilihan putaran kedua pada hari Ahad, telah membuat marah banyak orang dengan retorika rasisnya yang bersifat misoginis, homofobia dan rasis.

Menyusul kemenangannya, Netanyahu mengatakan kepada Bolsonaro bahwa dia yakin pemilihannya "akan mengarah pada persahabatan besar antara rakyat kita dan pengetatan hubungan antara Brasil dan Israel".

Seorang pejabat di kantor Netanyahu mengatakan kepada AFP bahwa perdana menteri Israel "sangat mungkin" untuk menghadiri upacara pelantikan Bolsonaro pada bulan Januari. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X