Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.841 views

Boko Haram Ambil Alih Pangkalan Militer Nigeria di Kota Rann

BORNO, NIGERIA (voa-islam.com) - Pejuang Boko Haram menyerang sebuah pangkalan militer di timur laut Nigeria yang terpencil, sumber militer dan kemanusiaan mengatakan kepada AFP pada Selasa (15/1/2019).

Serangan di Rann, sekitar 175 km  timur laut dari ibukota negara bagian Borno, Maiduguri, dimulai pada Senin sore dan memaksa warga sipil untuk melarikan diri.

Ini mengikuti pola oleh faksi Boko Haram dari Islamic State Provinsi Afrika Barat (ISWAP) yang telah mempertanyakan klaim pemerintah bahwa kelompok itu hampir dikalahkan.

Upaya serupa dilakukan untuk mengambil alih pangkalan militer di Magumeri, 50 km barat laut Maiduguri, pada hari Ahad, kata seorang tokoh masyarakat setempat.

Sumber militer di ibukota negara bagian Borno, Maiduguri, mengatakan serangan itu dimulai sekitar pukul 16:20 pada hari Senin.

"Para teroris mengambil alih posisi militer di Rann setelah pertempuran sengit," katanya tanpa menyebut nama.

Pasukan pemerintah Nigeria melarikan diri selama serangan itu, Reuters melaporkan mengutip sumber-sumber keamanan mengatakan.

Menurut sumber-sumber Reuters, penduduk kota juga melarikan diri dan para pejuang Boko Haram membakar bangunan.

Visibilitas yang buruk karena angin Harmattan musiman menghambat penyebaran jet angkatan udara, dan pasukan terpaksa mengundurkan diri, tambahnya.

Rann telah berulang kali diserang dalam konflik sembilan tahun. Kota ini saat ini menampung sekitar 35.000 orang yang dipindahkan secara internal, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi.

Pada 6 Desember, para pejuang Boko Haram menyerang sebuah pangkalan militer di Rann, tetapi tidak jelas faksi mana yang melakukan. Setelah pertempuran selama satu jam, para anggota Boko Haram diusir dengan dukungan udara, satu sumber keamanan mengatakan kepada AFP.

Kamp dibakar

“Para teroris pergi membakar kamp dan tempat penampungan pengungsi. Sebagian besar orang telah meninggalkan kota ke hutan, tetapi saat ini kami tidak memiliki rincian korban. ”

Seorang pekerja bantuan di Maiduguri menambahkan: “Kami telah menghubungi beberapa pekerja bantuan di Rann, yang mengatakan kota itu telah diambil oleh ISWAP dan kamp-kamp dibakar.

“Mereka harus melarikan diri ke arah Bulale di sisi perbatasan Kamerun. Detailnya tidak jelas. ”

Perpecahan dalam Boko Haram

Boko Haram terpecah menjadi dua faksi pada pertengahan 2016 karena perbedaan ideologis. Satu dipimpin oleh Abu Mus'ab Al-Barnawi dan sebagian besar berfokus pada serangan militer dan target pemerintah, sementara yang lain, dipimpin oleh Abubakar Shekau, terkenal karena pemboman jibaku dan pembunuhan tanpa pandang bulu.

Shekau telah berjanji setia kepada pemimpin IS Abu Bakar Al-Baghdadi, tetapi Islamic State pusat memberikan dukungan formal kepada faksi Barnawi, yang dikenal sebagai Islamic State Provinsi Afrika Barat.

ISWAP belakangan ini mengintensifkan kampanye bersenjatanya, meluncurkan sejumlah serangan besar terhadap sasaran militer di Borno dan negara bagian Yobe yang berdekatan di tengah tanda-tanda pengambilalihan oleh para pemimpin garis keras.

Ada lusinan serangan di pangkalan militer sejak Juli, yang sebagian besar disalahkan pada ISWAP, atau diklaim oleh Islamic State sebagai serangan ISWA.

Tentara Nigeria kembali ke Baga

Pada 10 Januari, pasukan Nigeria kembali ke kota strategis Baga di tepi Danau Chad, setelah serangan Boko Haram memaksa puluhan ribu orang melarikan diri.

Pejuang dari Islamic State Provinsi Afrika Barat menyerang tiga pangkalan militer di dan sekitar Baga akhir bulan lalu.

PBB mengatakan lebih dari 30.000 orang telah mengungsi di kota garnisun Monguno dan ibukota negara bagian Borno, Maiduguri, ketika militer bersiap untuk melakukan operasi di daerah itu.

Beberapa bangunan, termasuk rumah para politisi lokal, kepala suku dan tokoh masyarakat, dibakar di Baga dan Doron Baga.

Brigadir Jenderal Sani Kukasheka Usman, Direktur Hubungan Masyarakat Angkatan Darat kemudian mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di Facebook bahwa pasukan khusus telah memulai operasi pembersihan pada 28 Desember.

"[Pasukan Khusus] kehilangan satu perwira dan seorang prajurit, sementara 5 tentara lainnya menderita luka-luka," di Baga, kata Usman.

Dia mengatakan bahwa pasukan "mengkonsolidasikan dan membersihkan sisa-sisa teroris" di negara bagian Borno, dengan "penekanan khusus pada wilayah Danau Chad."

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengatakan pada Desember 2015 bahwa Boko Haram "secara teknis dikalahkan" setelah pemberontakan yang berkelanjutan.

Namun pada 9 Januari ia mengakui kemunduran dalam balas dendam, termasuk "kelelahan bertempur" di antara para prajurit akibat dari gelombang taktik gerilya dan pemboman jibaku.  (st/tds)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X