Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.547 views

Dunia Islam Mengutuk Pembantaian Muslim di Selandia Baru

PAKISTAN (voa-islam.com) - Para pemimpin politik dan Islam menyatakan rasa marah mereka pada insiden penembakan mematikan di dua masjid di Selandia Baru pada hari Jumat ini, dengan beberapa mengutip "Islamofobia" yang meningkat sebagai yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Ketika pemerintah di Asia dan Timur Tengah berebut untuk mencari tahu berapa banyak warganya yang terperangkap dalam pertumpahan darah di kota Christchurch, ada juga kemarahan bahwa para penyerang menargetkan para jamaah pada waktu shalat Jumat.

"Saya menyalahkan serangan teror yang meningkat pada Islamofobia saat ini pasca 11/9 (di mana) 1,3 miliar Muslim secara kolektif disalahkan atas tindakan teror apa pun," ungkap Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dalam postingannya di media sosial.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan serangan itu adalah tindakan sengaja untuk memburukkan perjuangan politik Muslim.

"Tidak hanya para pelakunya, tetapi juga para politisi & media yang menyulut Islamofobia yang sudah meningkat dan kebencian di Barat, sama-sama bertanggung jawab atas serangan keji ini," tulisnya di Twitter.

Dalam sebuah pernyataan, Universitas Al-Azhar, tempat belajar Islam Sunni yang berusia 1.000 tahun di Mesir, mengatakan serangan itu melanggar kesucian rumah-rumah Tuhan.

"Kami memperingatkan serangan tersebut merupakan indikator berbahaya dari konsekuensi mengerikan dari meningkatnya pidato kebencian, xenofobia, dan penyebaran Islamofobia," kata Al-Azhar dalam pernyataannya.

Banyak yang harus dilakukan untuk mempromosikan keberadaan bersama berbagai agama dan budaya, kata Al-Azhar, lansir Reuters.

Polisi Selandia Baru sendiri mengatakan 49 orang tewas. Tiga pria dan satu wanita ditahan serta satu pria telah didakwa dengan tuduhan pembunuhan.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan beberapa korban mungkin adalah imigran baru dan pengungsi.

“Mereka adalah kita. Orang yang telah melanggengkan kekerasan terhadap mereka ini tidak bisa terima. Mereka tidak punya tempat di Selandia Baru,” tegasnya.

Sebuah kota berpenduduk sekitar 400.000 orang, Christchurch memiliki komunitas Islam yang signifikan, termasuk pelajar dari luar negeri.

Duta Besar Afghanistan untuk Australia, Selandia Baru dan Fiji, Wahidullah Waissi, mengatakan di Twitter bahwa tiga warga Afghanistan ikut terluka dalam insiden itu.

Dua warga Malaysia juga terluka dalam serangan tersebut, kata kementerian luar negerinya.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Bangladesh Shahriar Alam mengatakan mereka sangat beruntung karena tim kriket negaranya tidak ada yang menjadi korban. Tim Kriket Bangladesh sedang ada di kota itu untuk memainkan pertandingan melawan tim nasional Selandia Baru dan mereka berada di masjid untuk shalat Jumat ketika penembakan terjadi.

"Saya bahkan tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika mereka ada di sana lima menit sebelumnya," katanya di media sosial.[fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X