Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.869 views

Helikopter Militer Myanmar Tembaki Muslim Rohingya di Rakhine, 5 Tewas Lusinan Terluka

RAKHINE, MYANMAR (voa-islam.com) - Setidaknya lima orang telah tewas dan lebih dari selusin lainnya terluka setelah sebuah helikopter militer Myanmar menyerang sekelompok Muslim Rohingya yang mengumpulkan bambu di negara bagian Rakhine yang bermasalah di Myanmar.

Zaw Kir Ahmed, seorang pemimpin masyarakat, mengatakan kepada media pada hari Kamis (4/4/2019) bahwa serangan udara terjadi di sebuah lembah di kota Buthidaung dekat sebuah desa yang merupakan rumah bagi keluarga Muslim Rohingya.

"Serangan udara militer menewaskan lima orang, termasuk salah satu penduduk desa kami, sekitar jam 4 sore kemarin," kata Ahmed dari desa Kin Taung. "Orang-orang di desa tidak berani keluar dan ketakutan."

Maung Kyaw Zan, seorang anggota parlemen setempat, mengatakan beberapa yang terluka dibawa ke kota Buthidaung tetapi beberapa meninggal sebelum mereka mencapai rumah sakit, dan menambahkan lima mayat telah ditemukan.

"Ketika saya berbicara dengan orang-orang yang terluka mereka mengatakan penembakan itu berasal dari udara, tidak ada bentrokan di tanah," kata anggota parlemen itu.

Rashid Ahmed, seorang buruh, mengatakan bahwa kakak lelakinya, paman dan keponakannya telah ditembak ketika mereka bekerja di lembah Sai Din. "Sebuah helikopter menyerang mereka ketika mereka sedang bekerja di sana, memotong dan mengumpulkan bambu."

Dua warga desa lainnya juga mengatakan sebuah helikopter telah menyerang kelompok itu.

Stephan Sakalian, kepala delegasi di Myanmar di Komite Internasional Palang Merah, membenarkan bahwa tim dari organisasi tersebut telah mengunjungi Rumah Sakit Buthidaung di mana 13 orang dirawat karena luka, beberapa di antaranya “sangat membutuhkan pembedahan”.

Seorang juru bicara militer menolak mengomentari insiden mematikan terbaru, tetapi Mayor Jenderal Tun Tun Nyi, wakil ketua komite informasi militer Myanmar, mengatakan tentara akan merilis "berita nyata" tentang insiden itu tepat waktu.

Negara bagian Rakhine barat Myanmar menjadi perhatian global pada tahun 2017, ketika tentara mengusir ribuan etnis Rohingya melintasi perbatasan menuju Bangladesh. Myanmar menghadapi tuntutan internasional yang semakin besar untuk pertanggungjawaban atas pembantaian umat Muslim di Rakhine.

Tahun lalu, sebuah misi pencarian fakta PBB, mengatakan kampanye melawan Rohingya dirancang dengan "niat genosidal." Ia mendesak mendakwa panglima militer dan lima jenderal lainnya dengan "kejahatan paling buruk di bawah hukum internasional." Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) telah membuka pemeriksaan pendahuluan atas kekerasan tersebut.

Militer mengklaim bulan lalu sebuah pengadilan militer di Myanmar akan menyelidiki perilaku militer selama penumpasan itu. Investigasi militer sebelumnya telah membebaskan pasukan keamanan dari kejahatan apa pun.

Sekitar 800.000 Muslim Rohingya tinggal di kamp-kamp di Bangladesh setelah mereka diusir dari Rakhine selama kampanye mematikan di 2017, yang oleh PBB disebut sebagai pembersihan etnis.

Rakhine telah menjadi tempat kekerasan komunal sejak 2012. Banyak Muslim telah terbunuh sementara puluhan ribu terpaksa mengungsi akibat serangan oleh umat Budha. Para pengungsi sebagian besar tinggal di kamp-kamp dalam kondisi yang mengerikan.

Rohingya telah menghuni Rakhine selama berabad-abad, tetapi kebanyakan orang di Myanmar yang mayoritas beragama Budha melihat mereka sebagai imigran yang tidak diinginkan dari Bangladesh dan negara tidak mau mengakui mereka sebagai warga negara. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X