Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.564 views

Rusia Minta AS Tutup Kamp Pengungsi Rukhban di Suriah Selatan Sesegera Mungkin

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov telah meminta AS untuk menutup kamp al-Rukban di Suriah selatan "sesegera mungkin" dan mengecam "pendudukan de facto" oleh pasukan Amerika yang ditempatkan di dekatnya.

Hampir 50.000 warga Suriah hidup dalam kondisi mengerikan di kamp perbatasan dekat dengan pangkalan al-Tanf, yang telah digunakan oleh AS dan pejuang oposisi untuk memerangi gerilyawan kelompok Islamic State.

"Menurut pengamat PBB yang mengunjungi kamp, ​​sebagian besar pengungsi di sana ingin pulang, termasuk ke wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah," klaim Lavrov.

"Perlu untuk menghentikan upaya mencegah kebebasan mereka. Saya bisa mengatakan ini karena mereka tidak merasa bebas di kamp ini."

Rusia telah putus asa untuk membersihkan kamp, ​​yang telah dikepung rezim de-facto. Terlepas dari situasi yang mengerikan di kamp, ​​penduduk menolak untuk kembali ke rumah mereka di daerah rezim, takut ditangkap, meninggal atau disiksa oleh pasukan keamanan.

PBB mengatakan tidak ada warga sipil meninggalkan Rukban ketika rezim dan Rusia membuka koridor keluar dari kamp, ​​menyerukan warga untuk pergi.

Banyak penduduk yang bertahan hidup hanya dengan satu kali makan sederhana sehari, seringkali roti dan minyak zaitun atau yoghurt, menurut seorang penduduk.

Lavrov mengatakan Moskow siap untuk membahas "semua langkah yang diperlukan" untuk membantu orang meninggalkan Rukban.

"Solusi paling sederhana dan efektif adalah mengakhiri pendudukan Amerika," katanya.

Dia mengklaim AS "secara sepihak mengumumkan semacam zona keamanan di wilayah itu" dan "menolak membahas penutupan kamp".

"Mereka berpendapat bahwa konvoi kemanusiaan harus dikirim ke kamp dari daerah pemerintah," katanya. "Tapi itu hanya berarti bahwa mereka ingin membuat situasi ini permanen."

Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada bulan Desember bahwa ia akan menarik pasukan Amerika dari Suriah tetapi penasihat keamanan nasional John Bolton mengatakan bulan berikutnya bahwa beberapa pasukan dapat tetap berada di pangkalan al-Tanf.

Dia mengatakan mereka adalah bagian dari upaya untuk melawan kehadiran Syi'ah Iran, pendukung utama rezim Suriah lainnya, dengan gerilyawan yang terkait dengan Teheran hadir di daerah itu.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi, Minggu, menyerukan pertemuan antara para pejabat Amerika, Rusia, dan Yordania untuk menyelesaikan "masalah kemanusiaan utama" Rukban.

"Tidak ada solusi di Suriah kecuali melalui perjanjian Amerika-Rusia yang didukung oleh komunitas internasional," katanya.

Perang saudara Suriah telah menewaskan sekitar setengah juta orang dan membuat jutaan orang terlantar sejak dimulai dengan penindasan brutal terhadap protes anti-rezim pada tahun 2011. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X