Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.496 views

Peringati 3 Tahun Kudeta yang Gagal, Erdogan Nyatakan 15 Juli Sebagai Libur Nasional

ANKARA (voa-islam.com) - Tidak ada jaringan pengkhianat atau organisasi teroris yang dapat mengganggu persatuan, solidaritas dan persaudaraan di Turki, ujar Presiden Recep Tayyip Erdogan Senin kemarin, pada peringatan ketiga tahun kudeta 15 Juli yang gagal.

Berbicara kepada publik di Bandara Ataturk Istanbul, Erdogan mengatakan Turki tidak akan pernah ditempati oleh orang-orang yang menjual jiwa mereka kepada iblis.

"Pada malam 15 Juli, mereka ingin mengubur Turki dalam kegelapan tetapi gagal. Allah menghancurkan perangkap mereka," katanya.

"Saya salut kepada setiap anggota negara kita yang heroik yang menentang pesawat, tank, dan peluru untuk melindungi kemerdekaan negara kita dan masa depan negara kita pada 15 Juli."

Dalam pidatonya, Erdogan memuji para prajurit dan staf Angkatan Bersenjata Turki.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas nama saya dan bangsa saya kepada media, organisasi non-pemerintah, dan intelektual kami yang telah memberikan contoh kepada dunia," kata Erdogan.

"Kami mengumumkan tanggal ini sebagai hari libur nasional, menyebutnya Demokrasi dan Hari Persatuan Nasional untuk generasi mendatang untuk mengingat para syuhada 15 Juli.

"Hari ini, jika kita dapat berbicara dengan bebas, mengambil napas dan terus bekerja, kita berhutang kepada para syuhada, veteran, dan semua pahlawan kita," katanya.

Erdogan juga menekankan bahwa mereka yang mendukung pihak yang berlawanan pada masalah-masalah mengenai Mediterania Timur, Siprus dan Aegean sedang dibodohi.

Dia mengecam mereka yang melihat perjuangan Turki di bidang diplomatik, ekonomi dan militer "hanya sebagai pertengkaran politik".

Mengenai masalah sistem pertahanan udara S-400 Rusia, Erdogan mengatakan delapan rudal telah tiba di Turki dan ada banyak lagi yang akan datang.

"Semua rudal pertahanan S-400 akan dikerahkan pada April 2020," katanya.

Erdogan mengatakan ini adalah investasi bersama dengan Rusia dan bahwa S-400 adalah sistem pertahanan yang paling kuat.

Presiden juga menghadiri upacara pembukaan Museum Peringatan 15 Juli di bekas Jembatan Bogazici (Bosphorus), yang sekarang disebut Jembatan Martir 15 Juli.

Dia menekankan pentingnya mewariskan sejarah kepada generasi mendatang secara akurat.

"Sejarah bukan hanya masa lalu suatu negara tetapi juga kompas masa depan," kata Erdogan.

"Ketika kita melihat masa lalu kita, kita tidak hanya mengambil pelajaran, kita juga mengambil kekuatan, kita mendapatkan keberanian dan inspirasi."

Erdogan juga menekankan pentingnya menjadi sadar akan sejarah dan mengatakan pemerintah telah mengimplementasikan proyek-proyek semacam itu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang masa lalu.

Turki menandai 15 Juli sebagai Hari Demokrasi dan Persatuan Nasional. Hari ini diperingati dengan acara-acara untuk menghormati mereka yang kehilangan nyawanya saat mengalahkan para putschist dan untuk mengingat keberanian bangsa.

Organisasi Teroris Fetullah (FETO) dan pemimpinnya yang berbasis di AS Fetullah Gulen mengatur kudeta yang dikalahkan yang menyebabkan 251 orang syahid dan hampir 2.200 terluka.

Ankara menuduh FETO berada di balik kampanye jangka panjang untuk menggulingkan aparatur negara yang sah melalui infiltrasi institusi Turki, khususnya militer, polisi dan pengadilan.[fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X