Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.407 views

Bangladesh Berupaya Pulangkan 3.000 Rohingya ke Myanmar

DHAKA, BANGLADESH (voa-islam.com) - Bangladesh akan bekerja dengan badan pengungsi PBB untuk memastikan apakah lebih dari 3.000 pengungsi Rohingya akan menerima tawaran Myanmar untuk pulang, kata para pejabat, hampir dua tahun setelah tindakan keras militer memicu eksodus mereka.

Lebih dari 730.000 Rohingya melarikan diri dari negara bagian Rakhine ke kamp-kamp di Bangladesh setelah serangan pimpinan militer pada Agustus 2017 - bergabung dengan 200.000 yang sudah ada di sana - tetapi hampir tidak ada yang secara sukarela kembali meskipun negara-negara menandatangani kesepakatan pemulangan tahun lalu.

"Ini akan menjadi latihan bersama yang dipimpin oleh UNHCR," Abul Kalam, komisioner Pengungsi dan Pemulihan Bangladesh, mengatakan kepada kantor berita Reuters, Senin (19/8/2019).

Dewan Keamanan PBB akan membahas rencana pemulangan terbaru di balik pintu tertutup pada hari Rabu atas permintaan Prancis, Inggris, Amerika Serikat, Jerman dan Belgia, kata para diplomat.

Myanmar telah membebaskan 3.450 orang untuk melakukan perjalanan pulang dari daftar lebih dari 22.000 pengungsi yang disediakan oleh Bangladesh, juru bicara pemerintah Zaw Htay mengatakan pada konferensi pers di ibukota Naypyitaw pada hari Jum'at.

"Kami telah bernegosiasi dengan Bangladesh untuk menerima 3.450 orang ini pada 22 Agustus," katanya, seraya menambahkan mereka akan dibagi menjadi tujuh kelompok untuk dipulangkan.

Menurut Kalam, pejabat Bangladesh dan Myanmar berencana untuk memulangkan 300 Rohingya setiap hari.

Kalam mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa semua persiapan telah dilakukan dan ia "optimis" tentang proses pemulangan yang dijadwalkan akan dimulai pada hari Kamis.

"Tidak ada yang akan dipaksa untuk kembali kecuali mereka sukarela," klaimnya setelah pertemuan dengan pejabat Myanmar di Cox's Bazar di Bangladesh tenggara, tempat para pengungsi tinggal di kamp-kamp yang luas.

Perhatian pada keamanan

Upaya sebelumnya untuk membujuk Rohingya untuk kembali ke Rakhine telah gagal karena ditentang oleh para pengungsi, takut akan penganiayaan saat kembali.

Upaya terakhir pada bulan November 2018 untuk mengembalikan 2.260 Rohingya gagal setelah protes, karena para pengungsi menolak untuk meninggalkan kamp tanpa jaminan keselamatan mereka.

Bangladesh dan Mynamar menandatangani kesepakatan repatriasi pada November 2017, dengan rencana untuk mengembalikan para pengungsi dalam waktu dua tahun.
Investigator PBB menyerukan pendekatan yang lebih keras terhadap pelanggaran Myanmar

Dorongan baru itu menyusul kunjungan bulan lalu ke kamp-kamp oleh pejabat tinggi dari Myanmar yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Permanen Myint Thu.

Zaw Htay mengatakan para pejabat telah memeriksa daftar itu untuk menentukan apakah para pengungsi itu tinggal di Myanmar dan apakah mereka terlibat dalam serangan terhadap militer.

Kalam mengatakan Myanmar dan para pejabat PBB akan bertemu dengan pengungsi yang dipilih pada hari Selasa untuk mendorong mereka kembali ke negara bagian Rakhine.

Sebuah kelompok advokasi Rohingya yang berbasis di Belanda menyatakan keprihatinan mendalam atas "pemulangan prematur"tersebut.

"Myanmar sejauh ini gagal menyajikan kepada masyarakat Rohingya sebuah rencana pemulangan yang jelas, transparan, strategis dan tulus dari hampir satu juta orang Rohingya [yang] selamat dari genosida Myanmar," kata Dewan Rohingya Eropa dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

"Pemulangan tidak mungkin dilakukan sementara masih ada penganiayaan genosida terhadap Rohingya di negara bagian Rakhine seperti pembatasan pergerakan, mata pencaharian dan pendidikan. Ratusan Rohingya masih dikurung di kamp-kamp pengungsi internal."

Hari Ahad akan menandai ulang tahun kedua penumpasan yang memicu eksodus massal ke kamp-kamp Bangladesh.

PBB telah menyebut serangan itu sebagai "contoh buku teks tentang pembersihan etnis" dengan tentara dituduh melakukan pemerkosaan, pembunuhan dan pembakaran desa-desa Rohingya.

Rohingya, minoritas Muslim terutama yang tinggal terutama di negara bagian Rakhine, tidak diakui sebagai kelompok etnis di Myanmar, meskipun telah tinggal di sana selama beberapa generasi. Mereka telah ditolak kewarganegaraannya dan dianggap tidak memiliki kewarganegaraan. (st/AJE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X