Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.510 views

PBB Tunda Rencana Pemindahan Pengungsi Rohingya ke Pulau Terisolir Bashan Char

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - PBB menunda rencana untuk memindahkan 100.000 pengungsi Rohingya ke tempat yang aman, menurut laporan regional.

Pihak berwenang Bangladesh "menyelesaikan semua persyaratan" untuk transfer yang direncanakan para pengungsi ke sebuah pulau di Teluk Bengal, lapor Arab News, Rabu (6/11/2019).

Permukiman tenda saat ini yang menampung para pengungsi di kota-kota perbatasan tenggara Dhaka semakin tidak bisa bertahan dan terlalu ramai, sehingga pemukiman kembali bertujuan untuk meringankan kondisi yang keras.

Bangladesh mengatakan ribuan keluarga Rohingya secara sukarela pindah, dengan sekitar 3.500 minoritas Muslim akan dipindahkan antara pertengahan November hingga Februari saat laut tenang.

Namun rencana itu diragukan karena PBB belum mendukung relokasi tersebut sejauh ini, menteri manajemen bencana dan bantuan kemanusiaan Bangladesh Enamur Rahman mengatakan kepada AFP.

"Ini menjadi tidak pasti," kata Rahman tentang relokasi ke pulau itu, yang membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk dicapai dengan perahu.

"Mereka (badan-badan PBB) masih belum menyetujui rencana relokasi."

Badan-badan bantuan termasuk badan pengungsi PBB UNHCR, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan Program Pangan Dunia (WFP), yang mengadakan pertemuan dengan pemerintah, mengatakan kepadanya bahwa pulau itu "terisolasi" dan "rawan banjir".

Badan-badan tersebut menetapkan daftar kondisi yang harus dipenuhi, termasuk layanan pengiriman reguler antara pulau kecil di Teluk Benggala dan daratan, Rahman menambahkan.

Organisasi-organisasi itu memberikan bantuan kemanusiaan kepada 740.000 Rohingya yang melarikan diri dari penumpasan militer di Myanmar pada Agustus 2017.

Juru bicara UNHCR Louise Donovan mengatakan kepada AFP, Ahad bahwa agensinya menawarkan "untuk terlibat secara konstruktif" dengan Bangladesh tetapi mengatakan relokasi itu harus "sukarela".

"Untuk mengevaluasi keselamatan dan keberlanjutan kehidupan di Bhashan Char, PBB juga menekankan bahwa akan sangat penting untuk melakukan penilaian teknis yang independen dan menyeluruh sebelum relokasi dilakukan," kata Donovan dalam email.

Dia menambahkan bahwa penilaian akan melihat risiko bencana alam, pasokan air yang memadai dan akses ke layanan dasar - seperti kesehatan dan pendidikan - dan "kemampuan mereka untuk bergerak dalam Bhashan Char dan ke dan dari daratan".

Dhaka akan mengadakan putaran pembicaraan dengan agensi pada hari Rabu, kata Rahman, menambahkan bahwa "kami tidak akan melakukan apa pun dengan paksa".

Kelompok aktivis global Fortify Rights mengatakan bulan lalu bahwa pihaknya mewawancarai 14 Rohingya di tiga kamp, ​​termasuk beberapa yang muncul dalam daftar pengungsi yang diduga ingin pergi, dan mendapati tidak ada yang diajak berkonsultasi "dan semuanya menentangnya".

Kelompok-kelompok lain juga menyatakan was-was tentang memindahkan orang ke pulau itu, yang secara teratur dilanda topan yang menghancurkan. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X