Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.337 views

Kapal Angkatan Laut Turki Cegat Kapal Israel di Perairan Siprus

SIPRUS (voa-islam.com) - Kapal-kapal angkatan laut Turki telah mencegat sebuah kapal penelitian Israel di perairan Siprus, di mana Ankara mengklaim yurisdiksi, memaksanya untuk meninggalkan daerah itu dalam suatu langkah yang dapat berdampak negatif pada proyek ambisius Israel untuk menyalurkan gas alam ke Eropa.

Mengutip pejabat senior Israel yang tidak disebutkan namanya, berita saluran 13 Israel melaporkan Sabtu (14/12/2019) bahwa insiden langka itu terjadi dua pekan lalu ketika kapal-kapal Turki mendekati Bat Galim.

Perwira angkatan laut Turki mengirimkan radio ke kapal Israel dan menuntut untuk mengetahui keperluan mereka di daerah tersebut, dan kemudian memerintahkannya untuk pergi. Kapal Israel tidak punya pilihan selain mematuhi dan pergi, kata laporan itu.

Menurut laporan itu, kapal Israel sedang melakukan penelitian dalam koordinasi dengan para pejabat Siprus dan pemerintah Siprus.

Selama setahun terakhir, Turki telah mengirim kapal militer serta kapal pengeboran untuk mencari minyak mentah di perairan tersebut.

Baru-baru ini, ketegangan meningkat antara Turki, Yunani, dan Siprus mengenai ladang gas yang ditemukan di Mediterania timur.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada bulan September, Presiden Turki Tayyip Erdogan menuduh Siprus Yunani berusaha merampas hak Siprus Utara.

Anggota Uni Eropa Siprus dan Turki telah berdebat selama bertahun-tahun mengenai kepemilikan bahan bakar fosil di Mediterania timur, di mana Ankara mengatakan warga Turki Siprus berhak mendapat bagian dari sumber daya.

Ketegangan meningkat lagi bulan lalu ketika Turki menandatangani perjanjian dengan Libya tentang batas-batas laut dan kerja sama militer di Mediterania.

Erdogan mengatakan kesepakatan maritim dengan Libya - yang memetakan batas antara kedua negara di Mediterania timur yang kaya energi dekat dengan pulau Kreta Yunani - itu sejalan dengan hukum internasional.

Saluran 13 Israel mengatakan ketegangan dapat berdampak negatif pada proyek Israel untuk menyalurkan gas alam ke Eropa. Pipa diatur untuk melewati perairan teritorial Siprus dan Yunani.

Menurut laporan itu, seorang pejabat kedutaan besar Israel di Ankara dipanggil pekan lalu untuk diperingatkan bahwa pipa akan membutuhkan persetujuan Turki karena harus melewati perairan ekonomi Turki.

"Orang-orang Turki berusaha memantapkan diri sebagai yang menjalankan pertunjukan, dan itu sangat mengkhawatirkan," kata seorang pejabat Israel kepada Channel 13.

Turki, yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Siprus Yunani, telah berjanji untuk mencegah apa yang dilihatnya sebagai langkah sepihak oleh Siprus Yunani untuk mengklaim sumber daya lepas pantai. Dikatakan beberapa wilayah zona maritim lepas pantai Siprus jatuh di bawah apa yang disebut Ankara sebagai wilayah Siprus Turki.

Pulau itu telah dibagi menjadi wilayah utara yang dikuasai Siprus Turki dan Siprus selatan yang dikuasai Siprus Yunani sejak perang singkat pada 1974, yang membuat Turki melakukan intervensi militer dalam menanggapi kudeta militer yang didukung Yunani di pulau itu untuk mencaplok Siprus ke Yunani.

Siprus Yunani menjalankan pemerintahan pulau di selatan, sementara Siprus Turki memiliki negara yang memisahkan diri di utara dan mengatakan sumber daya lepas pantai milik mereka juga.

Israel telah menandatangani kesepakatan multilateral untuk Proyek Pipa Mediterania Timur dengan Yunani, Italia dan Siprus. Uni Eropa juga mendukung proyek ini.

Israel sudah terkunci dalam perselisihan sengit dengan Libanon karena memanfaatkan sumber daya energi Mediterania.

Februari lalu, Israel menggambarkan sebagai "sangat provokatif" tender Libanon untuk proyek-proyek di dua dari 10 blok lepas pantai negara Arab di Laut Mediterania.

Israel sendiri telah lama mengembangkan sejumlah simpanan gas lepas pantai yang disengketakan di Laut Mediterania, dengan ladang gas Tamar dengan cadangan terbukti 200 miliar meter kubik sudah menghasilkan gas, sementara ladang Leviathan yang lebih besar diharapkan akan beroperasi dalam beberapa bulan mendatang. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X