Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.665 views

Demonstran di Iran Kecam Kebohongan Pemerintah Terkait Jatuhnya Pesawat Ukraina

TEHERAN, IRAN (voa-islam.com) - Para pengunjuk rasa berkumpul untuk hari kedua di Iran pada hari Ahad (12/1/2020) meneriakkan slogan-slogan menentang pihak berwenang menyusul pengakuan Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) bahwa mereka menembak jatuh sebuah pesawat penumpang karena kesalahan setelah berhari-hari menyangkal mereka yang harus disalahkan, postingan media sosial menunjukkan.

Posting di Twitter tidak dapat segera diverifikasi oleh Reuters. Namun media yang berafiliasi dengan negara melaporkan protes pada Sabtu malam tak lama setelah militer Iran mengatakan telah menjatuhkan pesawat Ukraina pada hari Rabu dan meminta maaf.

"Mereka berbohong bahwa musuh kita adalah Amerika, musuh kita ada di sini," pengunjuk rasa yang berkumpul di jalan di luar sebuah universitas di Teheran meneriakkan. Mereka juga berkumpul di kota-kota lain.

Pihak berwenang sebelumnya mengerahkan polisi anti huru hara di ibukota pada hari Ahad memperkirakan lebih banyak protes, lapor The Associated Press.

Polisi anti huru hara dan polisi berpakaian preman terlihat terlihat berkumpul di Vali-e Asr Square di Teheran. Sebuah spanduk hitam besar yang terbuka di alun-alun bertuliskan nama-nama mereka yang tewas dalam kecelakaan pesawat.

Kecelakaan pesawat Rabu pagi menewaskan semua 176 orang di dalamnya, sebagian besar warga Iran dan Iran-Kanada. Setelah awalnya menyalahkan kegagalan teknis, pihak berwenang akhirnya mengakui secara tidak sengaja menembak jatuh di hadapan meningkatnya bukti dan tuduhan oleh para pemimpin Barat.

Iran menjatuhkan pesawat penumpang Ukraina ketika bersiap untuk pembalasan setelah menembakkan rudal balistik di dua pangkalan di Irak yang menampung pasukan AS. Serangan rudal balistik tersebut, yang tidak menimbulkan korban, merupakan respons terhadap pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani, jenderal top Iran, dalam serangan udara AS di Baghdad.

Rakyat Iran telah menyatakan kemarahannya atas jatuhnya pesawat dan penjelasan yang menyesatkan dari para pejabat senior setelah tragedi itu.

Upacara cahaya lilin Sabtu malam di Teheran berubah menjadi protes, dengan ratusan orang meneriaki para pemimpin negara itu - termasuk pemimpin tertinggi Syi'ah Iran Ali Kamenei - dan polisi membubarkan mereka dengan tembakan dan gas air mata. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X