Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.177 views

Hamas: Orang Palestina Tidak Akan Pernah Maafkan Mereka yang Menerima Rencana Perdamaian AS

KOTA GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Ismail Haniyeh, kepala biro politik Hamas, telah meminta para kepala negara-negara Muslim dan Arab untuk "secara tegas menolak" skema Timur Tengah Presiden AS Donald Trump.

Dalam sebuah surat kepada para kepala negara-negara Islam, Haniyeh memperingatkan bahwa orang-orang Palestina "tidak akan pernah memaafkan segala bentuk partisipasi atau dukungan" untuk "Kesepakatan Abad Ini" Trump.

Surat itu dikirim ke Ketua Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, kepala Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Yusuf bin Ahmed al-Uthaymeen dan kepala Komisi Uni Afrika Moussa Faki Mahamat.

Pemimpin Palestina itu mengkhawatirkan “bahaya keringanan hukuman dalam mendukung kesepakatan yang naas seperti itu, atau berpartisipasi dalam implementasinya”.

Dia mengatakan setiap dukungan untuk rencana Trump akan dianggap sebagai "noda yang tidak dapat diatasi dan memang bisa berarti melakukan dosa historis terhadap bangsa Palestina".

Haniyeh juga menekankan penolakan total atau ketidakabsahan dari semua ketentuan perjanjian tersebut, yang mengurangi hak historis dan sah rakyat Palestina dan konstanta nasional.

Dia menekankan kebutuhan "untuk mengambil sikap tegas terhadap bias skandal yang dipraktikkan oleh pemerintah AS dalam mendukung pemukim Zionis dan skema pendudukan terhadap tanah dan tempat-tempat suci".

Secara terpisah, Haniyeh mengatakan dia telah menghubungi Presiden Palestina Mahmoud Abbas "untuk menyatukan jajaran Palestina dalam menghadapi kesepakatan agresif ini."

"Kami berdiskusi dengannya tentang kesepakatan aksi bersama untuk mengatasi pengumuman bencana ini," katanya.

"Semua opsi telah menjadi sah bagi rakyat Palestina dan pasukan mereka dalam menghadapi keputusan kesepakatan agresif dan tidak adil ini yang menargetkan kehadiran, tanah, orang, sejarah dan identitas Palestina," tambah Haniyeh.

Trump merilis kesepakatan yang diusulkannya dalam sebuah acara di Gedung Putih bersama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Washington pada hari Selasa.

Apa yang disebut 'Visi untuk Perdamaian' - yang ditolak oleh semua kelompok Palestina dengan suara bulat - akan, di antara istilah-istilah yang kontroversial, mengabadikan Al-Quds Yerusalem sebagai "ibukota Israel yang tidak terbagi" dan memungkinkan rezim untuk mencaplok permukiman di Tepi Barat yang diduduki dan Lembah Jordan.

Hanya dalam beberapa jam sejak diluncurkan, kesepakatan yang diajukan Trump telah menimbulkan badai kemarahan dan oposisi di antara orang-orang dan politisi Timur Tengah serta organisasi internasional.

Rencana tersebut telah digambarkan seperti pengkhianatan abad ini antara lain, mimpi buruk, konspirasi, bencana, Deklarasi Balfour baru, rencana aneksasi, perjanjian lahir mati, buku pegangan untuk lebih banyak penderitaan, dan kesepakatan untuk tong sampah sejarah.

Bertolak belakang dengan klaim Trump yang berusaha menjual proposalnya sebagai peluang menang-menang bagi kedua belah pihak, para pemimpin politik dan aktivis melihatnya sebagai sangat condong mendukung Israel.

Rencana tersebut benar-benar mengabaikan hak dan tuntutan hingga 15 juta warga Palestina di seluruh dunia, meninggalkan mereka dari proses yang diharapkan untuk menentukan nasib dan masa depan mereka.

Lawan berpendapat bahwa skema yang sangat pro-Israel tidak menawarkan resep untuk perdamaian karena secara terang-terangan melanggar hukum internasional.

Ini melucuti Palestina dari hak-hak dasar mereka pada sejumlah masalah sensitif, termasuk negara Al-Quds Yerusalem, perbatasan masa depan negara Palestina yang berdaulat, kembalinya pengungsi Palestina yang diusir dari tanah air mereka, tanggung jawab keamanan, serta permukiman Israel yang dibangun di atas tanah yang diduduki.

Amnesty International telah mengkritik proposal tersebut menyebutnya sebagai "buku pegangan untuk lebih banyak penderitaan dan pelanggaran" di wilayah pendudukan, mendesak komunitas global untuk menolak langkah-langkah yang ditetapkan dalam kesepakatan yang bertentangan dengan hukum internasional.

Philip Luther, direktur penelitian dan advokasi Amnesty International Timur Tengah dan Afrika Utara, telah mengatakan bahwa skema AS berusaha untuk merusak keadilan internasional setelah keputusan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) bulan lalu untuk meluncurkan penyelidikan penuh terhadap kejahatan perang di wilayah Palestina. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X