Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.422 views

Saudi Akan Tingkatkan Ekspor Minyak ke Level Rekor di Tengah Perang Harga dengan Rusia

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi pada hari Senin (30/3/2020) mengatakan akan meningkatkan ekspor minyaknya ke level rekor 10,6 juta barel per hari mulai Mei meskipun pasokan global melimpah, meningkatkan perang harga dengan Rusia.

Harga minyak merana di posisi terendah 17-tahun karena pandemi virus Corona mengancam resesi global yang menyakitkan yang selanjutnya bisa menekan permintaan.

Arab Saudi, pengekspor minyak utama dunia yang sudah mengumumkan peningkatan produksi yang tajam untuk bulan April, mengatakan akan menambah pasokan tambahan ke pasar global, memperdalam persedian yang sudah melimpah.

"Kerajaan itu berencana untuk meningkatkan ekspor minyaknya sebesar 600.000 barel per hari mulai Mei, sehingga total ekspor akan meningkat menjadi 10,6 juta barel per hari," kata seorang pejabat di kementerian energi, yang dikutip oleh Saudi Press Agency yang dikelola pemerintah.

Pengumuman itu dikeluarkan ketika Presiden AS Donald Trump, sekutu dekat putra mahkota Saudi, berbicara dengan mitranya dari Rusia Vladimir Putin pada hari Senin tentang penurunan harga minyak dan dampaknya pada produsen AS.

Kedua pemimpin sepakat untuk mengadakan "konsultasi" AS-Rusia tentang harga melalui menteri energi mereka, kata Kremlin.

Arab Saudi telah mengekspor sekitar 7,0 juta barel per hari di bawah perjanjian pengurangan output di antara aliansi produsen 24-anggota yang dikenal sebagai OPEC + yang termasuk Rusia.

Tetangganya di Teluk, Uni Emirat Arab, juga telah berjanji untuk memompa setidaknya satu juta bph lebih banyak dari bulan depan.

Riyadh mengatakan awal bulan ini bahwa pihaknya meningkatkan ekspor setelah kesepakatan pemangkasan produksi di antara produsen-produsen top gagal pada awal Maret.

OPEC + gagal mencapai kesepakatan mengenai pengurangan produksi lebih lanjut untuk menopang harga yang melorot saat virus Corona memukul ekonomi global dengan keras.

Dalam upaya untuk merebut pangsa pasar, Arab Saudi segera mengumumkan peningkatan besar dalam produksinya menjadi 12,3 juta barel per hari dan ekspor menjadi 10 juta barel per hari pada awal April.

Kementerian energi mengatakan akan mengamankan peningkatan dari dua sumber, dengan menggunakan gas alam di pasar domestik untuk membebaskan minyak untuk ekspor dan juga ketika konsumsi domestik turun karena virus Corona.

Meskipun kehancuran minyak menumpuk tekanan pada ekonomi Saudi, analis mengatakan langkah terbaru adalah bagian dari strategi jangka panjang yang disengaja untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar dengan menekan saingan berbiaya tinggi termasuk produsen serpih AS.

"Kerajaan secara teoritis bisa menjadi orang terakhir yang bertahan, mengingat cadangan keuangannya dan kemampuan untuk meminjam uang jika perlu," kata kelompok riset JBC Energy.

"Untuk hampir semua orang di industri ini, termasuk perusahaan serpih AS dan pasir minyak Kanada, ini akan menjadi ancaman yang lebih eksistensial, dengan berbulan-bulan produksi lebih rendah dengan harga mendekati nol."

'Lebih sulit untuk energi terbarukan'

Arab Saudi telah mengabaikan kritik bahwa strategi agresifnya dapat membuat saingan penghasil minyaknya bangkrut, mengindikasikan bahwa negara itu tidak lagi bersedia memainkan peran sebagai "produsen ayunan" yang menanggung beban menstabilkan pasar.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman "telah memulai kebijakan untuk merebut pangsa pasar daripada mencoba menetapkan harga," kata Bernard Haykel, seorang ahli Saudi di Universitas Princeton.

"Dengan menjaga harga tertekan, kebijakan Saudi tidak hanya akan mendorong bentuk produksi minyak yang lebih mahal keluar dari pasar; itu juga akan mempersulit energi terbarukan untuk bersaing dengan bahan bakar fosil - setidaknya dalam waktu dekat."

Harga minyak mencapai level terendah dalam lebih dari 17 tahun pada hari Senin, dengan minyak mentah Brent North Sea anjlok ke $ 22,58 per barel pada satu titik.

Ada peringatan bahwa minyak bisa tenggelam lebih jauh saat tangki penyimpanan di seluruh dunia memenuhi kapasitas.

Dalam sepucuk surat pekan lalu kepada Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, sekelompok senator AS menuduh Arab Saudi dan Rusia melakukan "perang ekonomi melawan Amerika Serikat".

"Selama masa pandemi dan krisis ekonomi global ini, kerajaan Arab Saudi telah memilih untuk menyelesaikan masalah di pasar minyak," tulis para senator dalam surat itu.

"Motivasi Riyadh mungkin multi-segi - untuk menghukum Rusia, untuk merebut pangsa pasar jangka pendek, untuk mengacaukan investasi jangka panjang dalam energi Amerika." (TNA)

shale

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X