Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.507 views

Polisi Inggris Selidiki Upaya Sayap Kanan Bangkitkan Sentimen Anti-Muslim di Tengah Wabah Corona

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Polisi anti-terorisme Inggris sedang menyelidiki laporan tentang kelompok-kelompok sayap kanan yang berusaha untuk membangkitkan sentimen anti-Muslim atas kekhawatiran akan krisis virus Corona.

Bulan lalu, The New Arab melaporkan bahwa video sedang diedarkan secara online dari akun media sosial yang mengklaim bahwa Muslim Inggris membahayakan keselamatan publik dengan hadir di masjid sepanjang pandemi virus Corona.

"Kami menjadi sadar bahwa ini digunakan sebagai peluang oleh kelompok-kelompok sayap kanan untuk menunjuk kesalahan pada beberapa kelompok etnis," David Jamieson, polisi dan komisioner kejahatan untuk Midlands Barat, dikutip oleh The Guardian mengatakan.

"Tidak perlu banyak hal untuk memecah dan ketegangan muncul di komunitas ini. Ini adalah sesuatu yang kami pantau sangat dekat," kata Jamieson. Polisi anti-terorisme sedang mencari laporan, tambahnya.

Bulan lalu, sebuah klip video yang memperlihatkan pria Muslim yang shalat di luar Masjid di London dibagikan secara online oleh kelompok sayap kanan, yang dengan salah mengklaim bahwa mereka melanggar perintah karantina virus Corona.

Video itu, yang direkam sebelum wabah virus Corona terjadi, memperlihatkan sekelompok pria Muslim shalat di luar Masjid Pusat Wembley dalam jarak yang berdekatan satu sama lain. Lagi-lagi, laporan-laporan palsu mengklaim film itu diambil selama epidemi.

Meskipun diambil di luar konteks, klip itu masih membangkitkan kemarahan di Twitter. Seorang pengguna secara keliru mengklaim bahwa umat Islam telah berkumpul di jalan setelah masjid mereka ditutup karena epidemi. "Lihatlah kesombongan mereka!" dia menambahkan

Yang lain mengatakan bahwa jamaah tidak diizinkan dan polisi gagal membubarkan mereka, sementara yang ketiga mengulangi tuduhan rasis dan menyerukan "deportasi massal".

Klip itu kemudian dilaporkan ke Twitter, yang menghapus tweet dan membatasi akun tersebut.

Video serupa telah dibagikan oleh tokoh sayap kanan Inggris terkemuka.

Tommy Robinson, pendiri kelompok sayap kanan Liga Pertahanan Inggris, membagikan video pada aplikasi Telegram yang konon menunjukkan Muslim Inggris keluar dari "masjid rahasia" di Inggris tengah. Polisi West Midlands telah membantah klaim tersebut, menurut The Guardian.

Komentator sayap kanan Katie Hopkins dan mantan pemimpin Partai Kemerdekaan Inggris (UKIP) Gerard Batten juga membagikan konten serupa dalam beberapa pekan terakhir.

Batten, yang pernah menggambarkan Islam sebagai "kultus kematian", menyatakan bahwa pemerintah Inggris "terlalu takut" untuk menutup masjid dalam tweet yang menjadi viral.

Masjid-masjid di Inggris tetap ditutup sejak pemerintah memerintahkan tempat-tempat ibadah untuk menutup pintu mereka pada tanggal 23 Maret. Beberapa hari sebelum perintah ini, banyak masjid telah ditutup sesuai dengan panduan dari Dewan Muslim Inggris. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X