Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.839 views

Militer AS Sebut Tentara Bayaran Rusia Tanam Ranjau Tanpa Pandang Bulu di Tripoli Libya

BERLIN, JERMAN (voa-islam.com) - Militer Amerika Serikat pada hari Rabu (15/7/2020) mengatakan tentara bayaran Rusia yang bertempur di sisi pasukan Libya timur menanam ranjau darat dan alat peledak improvisasi di dalam dan di sekitar ibukota Libya, Tripoli.

Komando Afrika AS., atau AFRICOM, mengatakan bukti foto yang diverifikasi menunjukkan "jebakan dan ranjau yang ditempatkan tanpa pandang bulu" di sekitar pinggiran Tripoli dan sepanjang jalan ke timur menuju kota pantai strategis Sirte sejak pertengahan Juni.

Tidak ada komentar segera dari Rusia atau Grup Wagner, sebuah perusahaan keamanan swasta yang didukung Kremlin yang telah terlibat dalam konflik di negara Afrika Utara tersebut.

Moskow telah berulang kali tidak mau mengakui memainkan peran apa pun di medan perang Libya.

AFRICOM mengatakan pihaknya menilai bahwa perusahaan yang didukung Kremlin memperkenalkan senjata ke Libya.

Mereka memposting foto-foto alat peledak improvisasi dan ranjau anti-personil tersembunyi, yang diduga ditemukan di daerah perumahan di Tripoli.

“Penilaian citra dan intelijen menunjukkan bagaimana Rusia terus mencampuri urusan Libya.

Penggunaan ranjau darat yang sembrono dari Wagner Group dan jebakan membahayakan warga sipil yang tidak bersalah, ”kata Laksamana Muda Heidi Berg, direktur intelijen AFRICOM.

Libya jatuh ke dalam kekacauan ketika pemberontakan yang didukung NATO pada tahun 2011 menggulingkan diktator lama Muammar Khadafi yang kemudian dibunuh.

Negara itu sekarang terpecah antara pemerintah di timur, bersekutu dengan komandan militer Khalifa Haftar, dan satu di Tripoli, di barat, didukung oleh PBB.

Pasukan gadungan Haftar melancarkan serangan untuk menangkap Tripoli tahun lalu, bentrok dengan milisi yang secara longgar bersekutu dengan pemerintah di sana.

Haftar didukung oleh Uni Emirat Arab, Mesir dan Rusia, sementara pasukan Tripoli dibantu oleh Turki, Qatar dan Italia.

Dalam tiga bulan terakhir, pasukan Haftar telah kehilangan hampir semua wilayah yang diambil dalam serangan di Tripoli ketika Turki meningkatkan dukungan militer untuk saingannya dan membawa para petempur asal Suriah, untuk berperang di Libya.

Bulan lalu, militer AS mengatakan Moskow mengerahkan 14 pesawat tempur Mig-29 ke Libya untuk mendukung tentara bayaran Rusia yang membantu pasukan Haftar. Rusia menyebut klaim itu "disinformasi."

"Taktik Wagner Group yang tidak bertanggung jawab memperpanjang konflik dan bertanggung jawab atas penderitaan yang tidak perlu dan kematian warga sipil tak berdosa," kata Mayor Jenderal Angkatan Laut Bradford Gering, direktur operasi di Komando Afrika AS.

Pakar AS mengatakan bahwa Grup Wagner menyediakan antara 800-1.200 tentara bayaran untuk mendukung serangan Haftar di Tripoli, membayar sejumlah pejuang hingga $ 1.500 sebulan.

Kedua belah pihak dalam perang saudara Libya telah memobilisasi selama berminggu-minggu untuk pertempuran untuk kota Sirte.

Pasukan Haftar merebut Sirte, tempat kelahiran Khadafi dan bekas kubu kelompok Islamic State, pada Januari.

Mengembalikan Sirte akan memberi pasukan Tripoli kesempatan untuk menguasai ladang minyak dan fasilitas di selatan yang sebelumnya direbut Haftar.

Tetapi Mesir, sekutu Haftar, memperingatkan bulan lalu bahwa serangan terhadap Sirte akan memicu intervensi militer Mesir, yang diduga melindungi perbatasan barat Mesir.

Parlemen yang berbasis di timur Libya telah meminta Mesir untuk mengirim pasukan jika Sirte diserang. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X