Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.264 views

Dephan AS: Turki Kirim Lebih Dari 3.500 Pejuang Suriah Ke Libya, Rusia 2.500 Tentara Bayaran Asing

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Turki mengirim antara 3.500 hingga 3.800 pejuang bayaran Suriah ke Libya selama tiga bulan pertama tahun ini, inspektur jenderal Departemen Pertahanan AS menyimpulkan dalam sebuah laporan baru, yang pertama yang merinci penyebaran Turki yang membantu mengubah arah perang Libya.

Laporan itu muncul ketika konflik di Libya yang kaya minyak meningkat menjadi perang proksi regional yang dipicu oleh kekuatan asing yang menumpahkan senjata dan tentara bayaran ke negara itu. Militer AS semakin khawatir tentang pengaruh Rusia yang semakin besar di Libya, di mana ratusan tentara bayaran Rusia mendukung kampanye oleh Jenderal Khalifa Haftar, yang mengendalikan Libya timur, untuk merebut ibukota Tripoli, di barat negara itu.

Laporan triwulanan tentang operasi kontraterorisme di Afrika oleh pengawas internal Pentagon, yang diterbitkan Kamis, mengatakan Turki membayar dan menawarkan kewarganegaraan kepada ribuan pejuang yang bertempur bersama milisi yang loyal kepada Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui secara internasional melawan pasukan Haftar.

Meskipun ada beberapa laporan tentang hubungan para pejuang, laporan itu mengatakan militer AS tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa para tentara bayaran itu berafiliasi dengan kelompok jihadis Al-Qaidah atau Islamic State. Dikatakan bahwa mereka "sangat mungkin" dimotivasi oleh paket keuangan yang berlimpah daripada ideologi atau politik.

Laporan tersebut hanya mencakup kuartal pertama tahun ini, sampai akhir Maret - dua bulan sebelum serangkaian kemenangan oleh pasukan GNA yang didukung Turki mendorong pasukan militer Haftar yang bernama "Tentara Nasional Libya" dari pinggiran ibukota, bentengnya di Tarhouna dan pangkalan udara kunci barat Al-Watiya.

Kekalahan untuk Haftar dan pendukung asingnya, termasuk Mesir, Rusia dan Uni Emirat Arab, menyoroti peran Turki yang semakin dalam dalam perang proksi.

Laporan terbaru mengatakan penyebaran Turki kemungkinan meningkat menjelang kemenangan pasukan Tripoli pada akhir Mei. Pernyataan itu mengutip Komando Afrika AS yang mengatakan bahwa 300 pejuang Suriah yang didukung Turki mendarat di Libya pada awal April. Turki juga mengerahkan "jumlah yang tidak diketahui" tentara Turki selama bulan-bulan pertama tahun ini, tambah inspektur jenderal.

Untuk kekhawatiran rival regional dan sekutu NATO seperti Prancis, Turki mempertaruhkan harapannya untuk meningkatkan pengaruh di Mediterania timur pada pemerintah yang didukung AS di Tripoli. Intervensi militer terbuka Ankara berbeda dengan dukungan diam-diam dari para pendukung asing di sisi lain konflik.

Inspektur jenderal telah melaporkan dalam tinjauan kuartalan terakhirnya bahwa Rusia membawa ratusan tentara bayaran untuk mendukung pengepungan Haftar terhadap Tripoli selama berbulan-bulan. Sebuah perusahaan swasta yang terkait dengan Kremlin yang dikenal sebagai Grup Wagner pertama kali memperkenalkan penembak jitu dan drone bersenjata pada musim gugur lalu, yang menimbulkan "korban signifikan" pada pasukan Tripoli yang berjuang untuk menangkis serangan Haftar, kata laporan itu.

Tahun ini, sebagai tanggapan atas pengiriman baru pejuang tangguh Suriah oleh Turki, Wagner juga meningkatkan penempatan para petempur asing, juga termasuk orang Suriah, dengan perkiraan berkisar antara 800 hingga 2.500 tentara bayaran. Rusia dan pemerintah Suriah sepakat untuk mengirim 300 hingga 400 mantan pejuang oposisi dari provinsi Quneitra, Suriah barat daya ke Libya, dengan imbalan gaji $ 1.000 per bulan dan grasi dari Presiden Bashar Al-Assad, tambah laporan itu.

Pada Mei, Pentagon mengatakan Rusia mengirim setidaknya 14 pesawat tempur ke pangkalan udara Libya tengah, yang diklaim dicat ulang di Suriah untuk menyembunyikan asal mereka dari Rusia. Awal pekan ini, Pentagon mengatakan tentara bayaran Rusia menanam ranjau darat dan bahan peledak jebakan lainnya di sekitar Tripoli yang telah menewaskan 52 orang dan melukai 96 orang, termasuk warga sipil dan pekerja pembersihan ranjau, menurut perkiraan AS.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov tidak mau mengakui laporan militer AS Kamis, bersikeras "militer Rusia tidak terlibat dalam proses apa pun di Libya dengan cara apa pun."

Pihak-pihak yang bertikai sedang bergerak sekarang di sekitar tepi Sirte, pintu gerbang strategis ke bulan sabit tengah dan timur Libya, di mana sebagian besar produksi minyak negara itu sebesar 1,2 juta barel per hari mengalir sebelum suku-suku sekutu Haftar pada Januari menyumbat pipa untuk memprotes distribusi pendapatan minyak distribusi yang tidak merata ke wilayah timur yang telah lama terabaikan.

Menyusul mundurnya Haftar dari Tripoli, para pendukungnya bergegas mendorong gencatan senjata dan mengusulkan penyelesaian politik. Tetapi Turki menolak untuk mundur. Pemerintah Tripoli, yang ingin mendapatkan kembali akses ke ladang minyak yang diblokade Haftar, telah berjanji untuk merebut kembali kota pesisir itu, tempat diktator lama Muammar Khadafi lahir dan terbunuh setelah revolusi Libya 2011.

Mesir, saingan sengit Turki yang berbagi perbatasan gurun pasir dengan Libya, telah mengancam akan melakukan intervensi militer jika pasukan GNA mencoba merebut Sirte. Pada hari Kamis, Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi menjamu puluhan pemimpin suku yang setia kepada Haftar di Kairo, di mana ia mengulangi bahwa Mesir "tidak akan berpangku tangan dalam menghadapi langkah-langkah yang menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan."

Pada hari Jum'at, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membalas, mengkritik dukungan Mesir dan Uni Emirat Arab untuk Haftar. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Latest News
Mengganti Shalat Tarawih dengan Tahajjud, Bolehkah?

Mengganti Shalat Tarawih dengan Tahajjud, Bolehkah?

Senin, 19 Apr 2021 17:12

Kerumunan Maulid Nabi Muhammad Bukan Tindak Pidana

Kerumunan Maulid Nabi Muhammad Bukan Tindak Pidana

Senin, 19 Apr 2021 15:36

TLP Bebaskan 11 Polisi Yang Mereka Sandera Selama Protes Anti-Prancis Di Lahore

TLP Bebaskan 11 Polisi Yang Mereka Sandera Selama Protes Anti-Prancis Di Lahore

Senin, 19 Apr 2021 13:35

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Senin, 19 Apr 2021 13:00

Syaikh Bin Bazz: Qunut Witir Boleh Setiap Malam

Syaikh Bin Bazz: Qunut Witir Boleh Setiap Malam

Senin, 19 Apr 2021 11:17

Mencintai Allah

Mencintai Allah

Ahad, 18 Apr 2021 23:07

Jazuli Juwaini Minta Aparat Segera Tangkap Joseph Paul Zhang

Jazuli Juwaini Minta Aparat Segera Tangkap Joseph Paul Zhang

Ahad, 18 Apr 2021 22:37

Reshuffle Kabinet Tak Berguna

Reshuffle Kabinet Tak Berguna

Ahad, 18 Apr 2021 22:30

Hari-hari yang Diharamkan Berpuasa dan Rukun Puasa

Hari-hari yang Diharamkan Berpuasa dan Rukun Puasa

Ahad, 18 Apr 2021 22:24

Dewan Da'wah Bantu Warga Terdampak Banjir Bima

Dewan Da'wah Bantu Warga Terdampak Banjir Bima

Ahad, 18 Apr 2021 22:20

Kelompok Sayap Kanan Denmark Instruksikan Pengungsi Untuk 'Pulang Ke Suriah Yang Cerah'

Kelompok Sayap Kanan Denmark Instruksikan Pengungsi Untuk 'Pulang Ke Suriah Yang Cerah'

Ahad, 18 Apr 2021 22:05

Rumah Zakat Salurkan Bantuan untuk Jurnalis Depok

Rumah Zakat Salurkan Bantuan untuk Jurnalis Depok

Ahad, 18 Apr 2021 22:03

Bom Pinggir Jalan Di Somalia Tewaskan Komandan Militer Tertinggi Shabelle Tengah

Bom Pinggir Jalan Di Somalia Tewaskan Komandan Militer Tertinggi Shabelle Tengah

Ahad, 18 Apr 2021 21:45

Josep Paul Zhang Nistakan Islam, Persis Minta Polisi Bertindak Tegas

Josep Paul Zhang Nistakan Islam, Persis Minta Polisi Bertindak Tegas

Ahad, 18 Apr 2021 21:17

Rezim Assad Gunakan 82.000 Bom Barel Dalam 9 Tahun Serangan Terhadap Warga Sipil Suriah

Rezim Assad Gunakan 82.000 Bom Barel Dalam 9 Tahun Serangan Terhadap Warga Sipil Suriah

Ahad, 18 Apr 2021 21:12

Panggilan Jihad

Panggilan Jihad

Ahad, 18 Apr 2021 15:14

Fraksi PKS: Listrik Indonesia Sudah Mahal, Jangan Dinaikan Lagi!

Fraksi PKS: Listrik Indonesia Sudah Mahal, Jangan Dinaikan Lagi!

Ahad, 18 Apr 2021 13:53

Legislator: Penamaan Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed Kurang Tepat

Legislator: Penamaan Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed Kurang Tepat

Ahad, 18 Apr 2021 12:55

Apa Sebab Jurubicara Prabowo Melecehkan Habib Rizieq

Apa Sebab Jurubicara Prabowo Melecehkan Habib Rizieq

Ahad, 18 Apr 2021 11:54

Shalat Tarawih

Shalat Tarawih

Ahad, 18 Apr 2021 11:40


MUI

Must Read!
X