Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.654 views

Pejuang Islamic State Kuasai 4 Desa di Semenanjung Sinai Mesir

SINAI UTARA, MESIR (voa-islam.com) - Militer Mesir terlibat dalam bentrokan mematikan dengan kelompok pejuang Islamic State (IS) di semenanjung Sinai, dengan sedikitnya tiga tentara tewas dan puluhan warga sipil mengungsi setelah jihadis menduduki empat desa pekan lalu.

Wilayat Sinai, afiliasi IS Mesir, menguasai empat desa di dekat kota Bir Al-Abd di provinsi Sinai Utara.

Bir Al-Abd adalah tempat serangan paling mematikan dalam sejarah negara itu, ketika para anggota Wilayat Sinai pada 2017 menyerbu sebuah masjid Sufi yang menewaskan 311 jemaah.

Serangan itu terjadi tak lama setelah Kairo mengatakan telah menggagalkan serangan "teroris" di dekatnya, menewaskan 18 pejuang

Alat peledak improvisasi (IED) dan ranjau yang ditempatkan di titik strategis di sekitar desa telah menghambat kemampuan militer untuk mengusir para jihadis, Mada Masr melaporkan.

Militer sejak itu telah menggunakan pemboman udara untuk mengatasi para pemberontak, sebuah keputusan yang dapat mengakibatkan sejumlah korban sipil.

Angkatan udara pada hari Senin (27/7/2020) meluncurkan lebih dari 25 serangan yang menargetkan posisi pejuang IS di desa-desa, saksi mata dan sumber suku setempat mengatakan kepada situs berbahasa Arab The New Arab.

Upaya sebelumnya pada serangan darat untuk mengusir para pejuang Wilayat Sinai mengakibatkan sejumlah korban, sumber menambahkan.

Sementara serangan udara belum menghasilkan korban sipil yang dilaporkan, mereka telah menghancurkan sebuah klinik medis dan sejumlah rumah, kata sumber itu.

Di dalam Bir Al-Abd, para jihadis menembak mati seorang perwira militer pada hari Senin, sumber-sumber medis mengatakan kepada situsThe New Arab.

Laporan yang saling bertentangan

Kematian itu bukan korban militer pertama dalam sepekan terakhir.

Sebelum menduduki desa-desa, pejuang Wilayat Sinai melancarkan serangan terhadap sebuah kamp militer di desa Rabaa pada Selasa pekan lalu.

Para jihadis dilaporkan meledakkan dua kendaraan yang terjebak jebakan dan menembakkan peluru anti-tank ke militer yang mengakibatkan bentrokan hebat dan serangan udara pada posisi IS.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, militer mengatakan telah "menggagalkan" serangan terhadap sebuah pos militer di daerah itu dan menewaskan 18 militan.

Dua personel tentara tewas dan empat lainnya cedera dalam serangan itu, kata militer tanpa memberikan perincian tentang korban sipil.

Sumber-sumber lokal telah meragukan angka-angka itu, menunjukkan jumlah kematian militer bisa lebih tinggi dan bahwa sejumlah warga sipil tewas selama bentrokan dan pemboman. Seorang warga sipil terperangkap dalam baku tembak dan terbunuh, kata penduduk setempat.

Wilayat Sinai mengklaim telah membunuh 40 tentara selama serangan itu.

Pengalih perhatian

Serangan pekan lalu terhadap Rabaa mungkin merupakan upaya untuk mengalihkan perhatian militer dan menghabiskan sumber dayanya dalam persiapan untuk pendudukan desa-desa terdekat, pakar Sinai Mohannad Sabry menyatakan dalam tweet pada hari Senin.

Saksi mata mengatakan kepada Mada Masr bahwa pendudukan desa dimulai pada hari Selasa, sekitar waktu yang sama dengan serangan terhadap kamp militer Rabaa.

Setelah memasuki desa, para jihadis mengibarkan bendera hitam IS yang terkenal sebagai ganti bendera Mesir dan menanam alat peledak di pintu masuk desa, kata penduduk setempat.

Para pejuang IS pada awalnya mencoba untuk mendapatkan hati para penduduk dengan membagikan makanan dan permen, kata saksi mata.

Para pejuang Wilayat Sinai mengatakan kepada penduduk desa bahwa pertempuran mereka bukan dengan warga, tetapi dengan militer, dan bahwa mereka harus menjalani kehidupan mereka seperti biasa.

Mereka juga mengatakan kepada sekelompok anak muda di salah satu desa untuk berhenti merokok - sebuah praktik yang dianggap tidak diperbolehkan oleh kelompok itu.

Bagaimanapun segera setelah itu, para pejuang IS mulai mendirikan pos-pos pemeriksaan dan jebakan di seluruh desa, mendorong puluhan warga untuk melarikan diri dari daerah tersebut.

Jihadis telah melancarkan pemberontakan di semenanjung Sinai melawan negara Mesir sejak 2011. Konflik semakin meningkat setelah Presiden Abdel Fattah Al-Sisi merebut kekuasaan dalam kudeta militer 2013, menggulingkan pemerintah Mesir yang dipilih secara demokratis.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh pemerintah melakukan pelanggaran HAM berat, dengan mengatakan bahwa tentara Mesir telah membunuh warga sipil dalam kampanye melawan kelompok yang berafiliasi dengan IS. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X