Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.554 views

Korban Tewas AKibat Ledakan di Pelabuhan Beirut Tetap Meningkat, Puluhan Lainnya Masih Hilang

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Korban tewas akibat ledakan besar pekan lalu di ibu kota Libanon telah meningkat menjadi hampir 180 orang, dengan sekitar 6.000 orang terluka dan sedikitnya 30 orang hilang, kata PBB, Jum'at (15/8/2020).

Ledakan itu telah mempengaruhi operasi di enam rumah sakit, naik dari tiga rumah sakit pada awalnya, dan merusak lebih dari 20 klinik di bagian Beirut yang paling parah terkena ledakan itu, kata badan urusan kemanusiaan PBB dalam laporannya.

"Pengkajian cepat awal dalam radius 15 kilometer dari ledakan telah mengungkapkan bahwa, dari 55 fasilitas medis, hanya setengah yang beroperasi penuh dan sekitar 40% menderita kerusakan sedang hingga serius dan membutuhkan rehabilitasi," kata laporan itu.

Masih belum diketahui apa yang menyebabkan kebakaran 4 Agustus yang menyulut hampir 3.000 ton amonium nitrat yang disimpan di pelabuhan Beirut. Tetapi dokumen telah muncul setelah ledakan yang menunjukkan pimpinan tertinggi negara dan pejabat keamanan mengetahui bahan kimia yang disimpan di pelabuhan kota.

Pakar hak asasi manusia PBB pada hari Kamis menuntut penyelidikan cepat dan independen terhadap ledakan dahsyat Beirut, mengutip keprihatinan yang mendalam tentang tidak bertanggung jawab dan impunitas di Libanon.

Kelompok itu juga menyerukan debat khusus yang relatif jarang terjadi di Dewan Hak Asasi Manusia PBB September ini. Pakar PBB tidak berbicara untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa tetapi melaporkan temuan mereka kepadanya. Presiden Libanon telah menolak penyelidikan internasional atas ledakan pelabuhan di Beirut, seperti yang diminta oleh pengunjuk rasa.

"Kami mendukung seruan untuk penyelidikan yang cepat, tidak memihak, kredibel dan independen berdasarkan prinsip-prinsip hak asasi manusia, untuk memeriksa semua klaim, kekhawatiran dan kebutuhan sehubungan dengan ledakan serta kegagalan hak asasi manusia yang mendasarinya," kata sekitar 38 pakar PBB dalam sebuah pernyataan bersama.

Ledakan itu mengubah wajah ibu kota dan memaksa pemerintah mundur. Parlemen Libanon pada Kamis menyetujui keadaan darurat di Beirut dalam sesi pertamanya sejak ledakan tragis pekan lalu, memberikan kekuatan militer yang luas di tengah meningkatnya kemarahan rakyat dan ketidakpastian politik.

Sekitar 120 sekolah yang digunakan oleh 50.000 siswa rusak. Lebih dari 1.000 dari hampir 50.000 unit tempat tinggal rusak parah, kata laporan PBB itu.

Setidaknya 13 pengungsi, termasuk setidaknya dua warga Palestina, termasuk di antara mereka yang tewas dan lebih dari 170.000 apartemen warga rusak, menurut laporan PBB.

Meskipun ada kerusakan pada silo di pelabuhan Beirut, Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB mengatakan kekurangan makanan diperkirakan tidak terjadi.

Ledakan itu melanda Beirut di tengah krisis keuangan dan ekonomi yang melumpuhkan, dan PBB memperkirakan orang mungkin akan kesulitan memulihkan atau memperbaiki rumah mereka. Tetapi setidaknya 55% bangunan yang dinilai disewakan, yang memungkinkan orang pindah ke tempat lain, kata PBB.

Menurut badan dunia itu, pelabuhan Beirut beroperasi dengan kapasitas 30% dan pelabuhan Tripoli di utara negara itu, dengan 70%. Itu memungkinkan makanan dan barang terus mengalir. Program Pangan Dunia (WFP) menyediakan pasokan tepung terigu dan gandum untuk tiga bulan.

Badan itu mengatakan, bagaimanapun, mereka prihatin dengan lonjakan kasus virus Corona, terutama karena jarak sosial dikendurkan selama relawan yang meluas untuk membantu mereka yang terkena dampak ledakan dan protes terhadap pemerintah dan elit politik.

Pemerintah mengundurkan diri pada 10 Agustus, dan Kabinet tetap dalam kapasitas sebagai pengurus. Para pengunjuk rasa menuntut pejabat bertanggung jawab atas ledakan itu. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X