Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.290 views

Pengacara: Putra Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi Dibunuh Oleh 'Zat Yang Mematikan'

LONON, INGGRIS (voa-islam.com) - Sebuah tim Inggris yang bertindak sebagai penasihat hukum keluarga mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi mengatakan telah menerima informasi yang dapat dipercaya bahwa putra bungsunya telah dibunuh setahun yang lalu oleh "zat yang mematikan".

Pada 4 September 2019, Abdullah Mursi ditemukan tewas pada usia 25 tahun di sebuah rumah sakit di Giza, selatan ibu kota Mesir, diduga setelah menderita serangan jantung.

Saat itu, pengacaranya di Kairo, Abdelmonem Abdelmaksoud, mengatakan Abdullah mengalami serangan jantung saat mengemudi di mobilnya bersama seorang teman. Teman itu dilaporkan dapat menghentikan mobil dan pergi ke rumah sakit al-Waha, tetapi upaya dokter untuk menyadarkannya tidak berhasil, katanya.

Pemerintah Mesir saat itu membenarkan laporan tersebut.

Namun, pada peringatan pertama kematiannya pada hari Ahad (6/9/2020) tim hukum Mursi di Guernica 37 International Justice Chambers mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh informasi yang memberikan penjelasan baru tentang penyebab kematiannya.

Informasi yang sekarang diungkapkan tampaknya mengkonfirmasi bahwa Abdullah diangkut dengan mobilnya dalam jarak lebih dari 20 km ke rumah sakit setelah dia menghembuskan nafas terakhir karena telah disuntik dengan zat yang mematikan, dan dia tidak dipindahkan ke rumah sakit terdekat, sengaja, sampai dia meninggal, "bunyi pernyataan firma hukum yang berbasis di London itu.

“Sangat jelas bahwa elemen-elemen tertentu dari negara menyadari fakta ini yang baru sekarang terungkap,” tambahnya.

Kematian 'misterius'

Toby Cadman, yang mengepalai tim hukum Guernica 37, mengatakan kepada Middle East Eye pada hari Senin (7/9/2020) bahwa keadaan seputar kematian tetap "misterius".

"Ada sejumlah pertanyaan yang masih belum terjawab, tetapi informasi yang kami miliki membuat kami percaya bahwa dia dibunuh," katanya.

Sebelum kematiannya, Abdullah, kata Cadman, hidup dalam ketakutan akan nyawanya setelah secara terbuka menuduh pejabat pemerintah tertentu membunuh ayahnya, mendiang presiden yang meninggal di ruang sidang pada Juni 2019.

Beberapa hari setelah ayahnya meninggal, Abdullah mengidentifikasi beberapa tokoh, termasuk Menteri Dalam Negeri saat ini Mahmoud Tawfiq, pendahulunya Majdi Abdel Ghaffar, dan Mohamed Shereen Fahmy, hakim yang mengawasi persidangan mantan presiden, sebagai "kaki tangan" dalam "pembunuhan syuhada, Presiden Mursi ".

Muhammad Mursi telah terpilih dalam pemilihan presiden demokratis pertama Mesir pada tahun 2012, setelah pemberontakan populer menggulingkan pemimpin lama Hosni Mubarak.

Setahun dalam pemerintahannya, Mursi digulingkan oleh militer Mesir dalam kudeta yang dipimpin oleh menteri pertahanannya sendiri, Abdel Fattah el-Sisi, yang kemudian menjadi presiden.

Sejak itu, Sisi telah memulai kampanye besar-besaran untuk menindak perbedaan pendapat dan kebebasan berbicara. Dia juga melarang Ikhwanul Muslimin, di mana Mursi adalah anggota seniornya, memasukkannya ke dalam daftar hitam sebagai kelompok teroris.

"Saya telah berbicara dengan Abdullah sebelum kematiannya, dan dia jelas sangat takut akan keselamatannya sendiri," kata Cadman kepada MEE.

Tidak seperti laporan pemerintah bahwa dia meninggal karena serangan jantung di rumah sakit, tim hukum Cadman menyimpulkan bahwa dia dibunuh di luar rumahnya pada 4 September 2019.

Tim tersebut mengatakan bahwa Jaksa Penuntut Umum Mesir telah mengajukan dakwaan pembunuhan berencana terhadap seorang wanita berusia 36 tahun bernama Randa Ali Shaker Ali Asran, seorang warga negara Mesir yang tinggal di Bab el-Shaaria di Kairo.

Sidang rahasia

Asran telah dituntut dalam persidangan rahasia, menurut pengacara Mursi, dan hasil laporan forensik kematiannya dirahasiakan.

Para pengacara mengatakan Asran belum menghadapi penyelidikan yang transparan. Selain itu, dia tidak sendirian pada saat kematian Abdullah, melainkan telah ditemani seorang pria yang dikenal sebagai "Micho". Ini bertentangan dengan laporan awal pemerintah bahwa Asran adalah satu-satunya yang hadir ketika Abdullah Mursi meninggal.

Orang bernama Micho telah mengkomunikasikan kepada tim hukum bahwa Abdullah meninggal setelah disuntik dengan zat mematikan oleh Asran, setelah itu dia diangkut dengan mobilnya ke rumah sakit Giza. Sebuah video yang bocor ke tim hukum menunjukkan almarhum Abdullah dibawa oleh Asran dan Micho ke rumah sakit.

"Sangat disayangkan bahwa penuntut tidak memanggil atau mencari terdakwa [Micho], yang menyerahkan kunci mobil ke resepsionis rumah sakit dan kemudian menghilang, dan yang mengemudikan mobil dan mengantar terdakwa ke rumah sakit sebelum menghilang," pengacara tersebut mengatakan.

“Dalam video ini terlihat jelas mobil Abdullah, dan Abdullah muncul di atas tandu. Terdakwa Asran juga muncul, bersama dengan orang tak dikenal yang dikenal sebagai Micho. "

Tidak segera jelas apakah Asran atau Micho saat ini ditahan.

Sementara para pengacara mengatakan "unsur-unsur tertentu dari negara" mengetahui fakta bahwa Abdullah sengaja dibunuh, mereka juga mengatakan bahwa dinas keamanan "tidak puas" dengan apa yang terjadi padanya.

"Dia adalah putra seorang mantan presiden Mesir yang seharusnya tunduk pada perlindungan tingkat tertinggi dari Pengawal Republik, seperti halnya anak-anak dari semua mantan kepala negara," katanya.

"Daripada memberikan perlindungan tingkat tertinggi di bawah hukum, keluarga terus-menerus mengalami bahaya, ancaman, dan gangguan dalam kehidupan pribadi mereka."

Para pengacara meminta penyelidikan independen atas dugaan pembunuhan tersebut. Mereka juga menyerukan pembebasan segera dan tanpa syarat Usamah Mursi, putra lain sang mantan presiden, yang telah ditahan selama hampir empat tahun. (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
Laporan: Hampir Setengah Dari Seluruh Pengungsi Afghanistan Di AS Anak-anak

Laporan: Hampir Setengah Dari Seluruh Pengungsi Afghanistan Di AS Anak-anak

Jum'at, 22 Oct 2021 16:45

Pihak Berwenang Filipina Klaim Tangkap Anggota Abu Sayyaf Yang Terlibat Penculikan 2 Warga Kanada

Pihak Berwenang Filipina Klaim Tangkap Anggota Abu Sayyaf Yang Terlibat Penculikan 2 Warga Kanada

Jum'at, 22 Oct 2021 15:45

DDII: Hari Santri Momentum Kebangkitan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Terbaik

DDII: Hari Santri Momentum Kebangkitan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Terbaik

Jum'at, 22 Oct 2021 15:34

Laporan: Apple Akan Mulai Paksa Karyawan Yang Tidak Divaksin Untuk Tes COVID-19 Setiap Masuk Kantor

Laporan: Apple Akan Mulai Paksa Karyawan Yang Tidak Divaksin Untuk Tes COVID-19 Setiap Masuk Kantor

Jum'at, 22 Oct 2021 14:50

Murid Kiai Ahmad Dahlan Jelaskan Bahwa Maulid Nabi Adalah Hal yang Baik

Murid Kiai Ahmad Dahlan Jelaskan Bahwa Maulid Nabi Adalah Hal yang Baik

Kamis, 21 Oct 2021 16:35

2 Mantan Tentara Jerman Ditangkap Karena Berusaha Bentuk Unit Paramiliter Untuk Bertempur Di Yaman

2 Mantan Tentara Jerman Ditangkap Karena Berusaha Bentuk Unit Paramiliter Untuk Bertempur Di Yaman

Kamis, 21 Oct 2021 15:12

Mulianya Nabi Hinanya Kita

Mulianya Nabi Hinanya Kita

Kamis, 21 Oct 2021 14:14

Maraknya Pinjaman Online Ilegal, Waketum PERSIS: Dampak Krisis Ekonomi dan Perilaku Konsumtif

Maraknya Pinjaman Online Ilegal, Waketum PERSIS: Dampak Krisis Ekonomi dan Perilaku Konsumtif

Kamis, 21 Oct 2021 13:14

Ketua Bidgar Ekonomi PP PERSIS: Semua Pihak Harus Bersatu Berantas Pinjol Ilegal

Ketua Bidgar Ekonomi PP PERSIS: Semua Pihak Harus Bersatu Berantas Pinjol Ilegal

Kamis, 21 Oct 2021 13:02

Hanya Satu: Islam

Hanya Satu: Islam

Kamis, 21 Oct 2021 12:55

Rizal Ramli: Kereta Cepat dan Ibu Kota Baru Bukan Prioritas

Rizal Ramli: Kereta Cepat dan Ibu Kota Baru Bukan Prioritas

Kamis, 21 Oct 2021 09:27

HNW Dukung Perkuat Hubungan Indonesia-Turki tapi Tolak  Attaturk Dijadikan Nama Jalan di Jakarta

HNW Dukung Perkuat Hubungan Indonesia-Turki tapi Tolak Attaturk Dijadikan Nama Jalan di Jakarta

Rabu, 20 Oct 2021 22:58

Mungkinkah, Nama Jalan Mustafa Kemal Atuturk Diganti dengan Osman Bey?

Mungkinkah, Nama Jalan Mustafa Kemal Atuturk Diganti dengan Osman Bey?

Rabu, 20 Oct 2021 22:05

Laporan: Facebook Berencana Ubah Nama Untuk Fokus Pada Metaverse

Laporan: Facebook Berencana Ubah Nama Untuk Fokus Pada Metaverse

Rabu, 20 Oct 2021 21:30

Rezim Teroris Assad Bombardir Pasar di Kota Ariha Idlib, 11 Warga Sipil Tewas 35 Lainnya Terluka

Rezim Teroris Assad Bombardir Pasar di Kota Ariha Idlib, 11 Warga Sipil Tewas 35 Lainnya Terluka

Rabu, 20 Oct 2021 21:20

Menkes: Vaksinasi di Indonesia Capai 171,9 Juta Dosis

Menkes: Vaksinasi di Indonesia Capai 171,9 Juta Dosis

Rabu, 20 Oct 2021 21:07

Dewan Da'wah Hadiri Peletakan Batu Pertama Pesantren Cendekia Banyumas

Dewan Da'wah Hadiri Peletakan Batu Pertama Pesantren Cendekia Banyumas

Rabu, 20 Oct 2021 20:17

Keren! Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Lolos KSN Nasional

Keren! Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Lolos KSN Nasional

Rabu, 20 Oct 2021 19:59

Wakil Menkeu AS: Taliban Tidak Akan Diizinkan Mengakses Cadangan Devisa Bank Sentral Afghanistan

Wakil Menkeu AS: Taliban Tidak Akan Diizinkan Mengakses Cadangan Devisa Bank Sentral Afghanistan

Rabu, 20 Oct 2021 19:50

Adara Lipatgandakan Kontribusi untuk Palestina dan Indonesia Selama 2021

Adara Lipatgandakan Kontribusi untuk Palestina dan Indonesia Selama 2021

Rabu, 20 Oct 2021 19:28


MUI

Must Read!
X