Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.112 views

Turki Akan Kirim Dukungan Militer ke Azerbaijan Jika Diminta

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki akan mendukung Azerbaijan dalam konflik yang kembali memanas dengan Armenia jika Baku meminta bantuan, Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan pada hari Rabu (30/9/2020).

Ankara akan melakukan "apa yang diperlukan" jika Azerbaijan meminta dukungan di tengah gejolak kekerasan antara sekutu Turki Azerbaijan dan saingannya Armenia pekan ini, kata Cavusoglu seperti dikutip oleh Reuters.

Turki telah menolak tuduhan bahwa mereka telah terlibat dalam konflik Nagorno-Karabakh ketika saingan tetangganya memperbarui perebutan sebidang tanah yang disengketakan.

Outlet media internasional termasuk Reuters dan The Guardian telah melaporkan bahwa ratusan pejuang Suriah yang didukung Turki telah diterbangkan ke Azerbaijan untuk membantu dalam konflik tersebut. Ankara dengan keras membantah laporan tersebut, yang mencerminkan pengiriman tentara Suriah untuk berperang di Libya.

Secara terpisah, Armenia menuduh militer Turki menembak jatuh salah satu jetnya, yang mengakibatkan kematian seorang pilot. Baik Azerbaijan maupun Turki membantah tuduhan tersebut.

Jika Turki memberikan dukungan militer kepada Azerbaijan, konflik Nagorno-Karabakh akan menjadi konflik militer keempat yang melibatkan Ankara. Pasukan Turki saat ini dikerahkan di Suriah dan Libya, serta dalam operasi melawan pemberontak Komunis Kurdi di Turki dan Irak.

Pertempuran antara pasukan Azerbaijan dan Armenia memasuki hari keempat pada Rabu, hampir dua dekade setelah perselisihan Nagorno-Karabakh pertama kali meletus menjadi perang skala penuh.

Konflik dimulai setelah penduduk etnis Armenia dari oblast Nagorno-Karabakh yang saat itu otonom menuntutnya menjadi bagian dari wilayah yang saat itu disebut Armenia Soviet.

Sejak 1988, Republik independen Artsakh secara de facto telah memerintah Nagorno-Karabakh dan sekitarnya; wilayah tersebut secara internasional dianggap sebagai bagian dari Azerbaijan.

Petempur etnis Armenia telah dituduh melakukan pelanggaran hak dan kejahatan perang, termasuk insiden dugaan pembersihan etnis.

Bentrokan meletus pada Ahad, dengan lebih dari 80 pejuang dipastikan tewas oleh kementerian pertahanan Artsakh yang dipimpin Armenia. Azerbaijan telah melaporkan sedikitnya 11 warga sipil tewas, tanpa menyebutkan korban militer.

Rincian yang jelas dan jumlah korban sulit dipastikan di tengah pertempuran saat ini, dengan kedua belah pihak membantah laporan dan tuduhan pihak lain.

Menteri luar negeri Turki mengatakan pada Rabu, Ankara akan "berdiri di samping" Azerbaijan apa pun yang terjadi.

"Diplomasi tidak berhasil selama 30 tahun terakhir," kata Cavusoglu kepada kantor berita negara Anadolu.

"Jika Armenia tidak menikmati dukungan hari ini dari negara lain, dari Barat, Rusia, itu tidak akan bisa mengumpulkan keberanian ini," tambahnya, mengutuk komunitas internasional karena tidak meminta pasukan Armenia untuk menghentikan "pendudukan mereka" terhadap wilayah Azerbaijan.

Secara khusus, Cavusoglu menyebut Prancis, mengatakan bahwa solidaritasnya dengan Armenia sama saja dengan dukungan pendudukan.

Prancis, bersama Rusia, Jerman, dan Amerika Serikat, telah menyerukan gencatan senjata segera terhadap permusuhan di wilayah tersebut. Kedua belah pihak telah menolak seruan untuk negosiasi.

Turki adalah sekutu utama Azerbaijan karena hubungan budaya dan bahasa negara yang erat tetapi tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Armenia. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X