Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.344 views

Islamic State Perintahkan Anggotanya Lancarkan Serangan di Turki Setiap Bulan

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Seorang tersangka yang terancam hukuman 15 tahun di balik jeruji besi di Turki karena menjadi anggota Islamic State (IS), hari Rabu (30/9/2020) mengaku bahwa dalang kelompok itu memerintahkan para anggotanya untuk melakukan serangan setiap bulan di Turki.

Tersangka, yang diidentifikasi dengan inisial I.K., mengakui bahwa sang dalang IS biasa mengirim apa yang disebut surat "resmi" yang dicap dengan simbol Islamic State, yang memberi tahu mereka tentang tugas mereka, dan melakukan serangan setiap bulan adalah salah satunya.

I.K. mengatakan dalam kesaksian bahwa perintah ini dikirim ke Mahmut Özden, yang baru-baru ini ditangkap karena bertanggung jawab atas operasi Islamic State di Turki.

“Özden telah mengirimkan surat-surat ini pada bulan April dan Mei 2019, dari direktur organisasi yang tinggal di luar negeri. Sesuai perintah, sudah direncanakan penyerangan terhadap polisi dan hotel-hotel wisata, ”katanya.

Tersangka menambahkan bahwa hotel yang ditargetkan berada di provinsi Adana selatan dan kelompok itu berencana menyandera turis.

I.K. juga mengatakan bahwa kelompok Islamic State tidak dapat melanjutkan rencana tersebut setelah anggotanya ditangkap oleh pasukan keamanan Turki.

"Meskipun anggota Daesh seharusnya tidak pernah memotong jenggot mereka karena kebijakan internal, mereka diizinkan melakukannya secara sembunyi-sembunyi," katanya menyebut akronim Arab untuk Islamic State.

Menurut laporan Anadolu Agency (AA), tersangka bersedia membantu otoritas Turki menangkap tersangka IS lainnya untuk mengambil keuntungan dari undang-undang penyesalan yang efektif.

Tersangka juga mengaku bahwa dia berkomunikasi dan terlibat dengan Islamic State dan aktif dalam kelompok tersebut.

I.K. mengatakan bahwa salah satu temannya dari sekolah menengah mencuci otaknya untuk menjadi anggota IS, dan dia menghubungi anggota Islamic State di Suriah melalui Telegram, aplikasi perpesanan buatan Rusia yang digunakan oleh kelompok jihadis karena fitur-fiturnya yang berorientasi pada privasi.

Tersangka mengatakan dia mulai menghadiri pertemuan Islamic State pada musim panas 2019, dan para anggota IS memberi tahu dia bahwa Özden bertanggung jawab atas operasi Turki mereka sebagai apa yang disebut kelompok itu "amir Turki."

“Saya mengetahui bahwa anggota berpangkat tinggi hanya berhubungan dengan Özden dan tidak dengan orang lain. Saya juga mengetahui bahwa anggota Daesh di Turki mendapat izin langsung dari Özden untuk dapat berhubungan dengan anggota di Suriah. Özden dulu menyediakan tautan Telegram ke anggota grup, dan mereka biasa berbicara melalui sistem enkripsi mereka, ”katanya.

I.K. juga mengatakan bahwa pertemuan tersebut berlangsung di rumah Özden.

Tersangka mengatakan bahwa Özden dan tiga anggota IS lainnya secara pribadi memberikan ceramah kepada anggota baru.

“Organisasi itu dulu mengirim perintah tertulis yang dicap dengan lambang Daesh ke Özden. Perintah ini asli dan termasuk arahan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dipatuhi. Pembelajarannya dilakukan dengan sistem dua kader, satu untuk anggota baru dan satu untuk veteran, ”ujarnya.

I.K. juga mengatakan bahwa kelompok tersebut memberi tahu mereka bahwa merekrut anggota baru untuk Islamic State akan "lebih bermanfaat daripada tindakan lain yang dapat kami lakukan di muka bumi."

“Özden memberi tahu kami bahwa dia mendapat arahan dari Suriah dan organisasinya membutuhkan uang. Organisasi itu biasa mengumpulkan uang dan jumlah itu akan dikirim ke anggota di Suriah melalui Özden. Saya mendengar bahwa sebagian dari uang ini diberikan kepada keluarga anggota Daesh yang tewas dalam pertempuran, ”katanya.

I.K. Lebih lanjut disebutkan bahwa penyerangan bersenjata, penusukan, ancaman dan penyerangan yang dilakukan oleh anggota kelompok tersebut dilakukan dengan senjata milik kelompok itu.

Tindakan yang dilakukan di Adana dilakukan dengan senjata kelompok tersebut. Islamic State memiliki AK-47, Thomsons, pistol, senapan otomatis, seperti yang dibahas oleh anggota kelompok. Senjata-senjata itu berada di bawah kendali Özden, dan hanya putranya Hamzah yang tahu di mana mereka disembunyikan. Selain itu, putranya Hamzah bertanggung jawab merekrut anggota baru untuk kelompok tersebut. Dia biasa membuat rencana perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan grup, dan akan mengirim anggota baru ke R.B., yang berjanji setia kepada ISIS di Suriah, ”pungkasnya.

Sidang I.K. dan tersangka E.M. lainnya akan dimulai dalam beberapa hari mendatang. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X