Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.474 views

GCRL Desak Saudi Hentikan Penangkapan Warga Palestina dan Yordania di Negara Itu

JENEWA, SWISS (voa-islam.com) - Dewan Jenewa untuk Hak dan Kebebasan (GCRL) mengecam keras berlanjutnya penahanan dan penuntutan terhadap tokoh-tokoh Palestina dan Yordania di Arab Saudi atas dugaan dukungan mereka untuk gerakan perlawanan Palestina, menyerukan Riyadh untuk segera membebaskan mereka.

Dewan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mayoritas dari para tahanan ini ditolak kunjungannya, ditahan dalam kondisi yang memalukan, terkena penyiksaan selama penyelidikan, dan tidak diberi perawatan medis.

GCRL menekankan bahwa narapidana, yang telah ditahan selama berbulan-bulan atas tuduhan aktivitas politik, menghadapi pengadilan yang tidak adil yang tidak memenuhi standar keadilan internasional.

GCRL menggambarkan persidangan sebagai "rahasia dan tanpa masa hukum normal" dan mengatakan terdakwa tidak diberi hak untuk membela diri dan tidak diizinkan untuk menunjuk pengacara.

GCRL juga mendesak PBB untuk segera bertindak menghentikan pelanggaran hak asasi manusia yang mencolok di Arab Saudi, terutama penahanan sewenang-wenang, penghilangan paksa, dan pengadilan atas tuduhan terkait kebebasan berpendapat. Ia juga meminta komunitas internasional untuk mengakhiri pelanggaran ini dan memastikan mereka yang bertanggung jawab dimintai pertanggungjawaban.

“GCRL menyatakan kembali seruannya untuk menghentikan persidangan ini, membebaskan para tahanan, memastikan perlindungan mereka, memberikan perawatan medis yang tepat untuk pasien, serta kompensasi yang memadai untuk lamanya masa penahanan yang mereka alami,” bunyi pernyataan itu.

Di bagian lain dalam pernyataan itu, dewan juga mengecam sesi persidangan baru-baru ini, yang diadakan di Pengadilan Kriminal Khusus (SCC) pada awal Oktober.

Pejabat senior Hamas Muhammad al-Khudari dan putranya Hani, yang ditangkap April lalu, termasuk di antara mereka yang diadili. Itu adalah bagian dari persidangan massal terhadap 68 orang atas tuduhan palsu di bawah apa yang disebut undang-undang kontra-teror.

"Sesi kedua untuk al-Khudari dan putranya ini datang sehari setelah sesi pengadilan serupa diadakan untuk enam tahanan Yordania dan Palestina, di bawah undang-undang anti-terorisme, dan tidak satupun dari mereka memiliki perwakilan hukum," kata GCRL.

"Para tahanan ini adalah bagian dari 68 warga Palestina dan Yordania yang ditangkap oleh otoritas Saudi pada Februari 2019, tanpa dasar hukum, dan mereka telah menjadi sasaran penghilangan paksa selama berbulan-bulan, kondisi penahanan yang tidak tepat, penyiksaan, dan penganiayaan," kata kelompok hak asasi manusia itu.

Al-Khudari mewakili Hamas di Arab Saudi antara pertengahan 1990-an dan 2003. Dia juga memegang posisi penting lainnya dalam gerakan perlawanan Palestina. Dia mengundurkan diri dari posisi ini bertahun-tahun yang lalu karena penyakitnya dan usia tuanya.

Otoritas Saudi awal tahun ini meluncurkan kampanye baru penangkapan "sewenang-wenang" terhadap ekspatriat Palestina dengan tuduhan mendukung Hamas.

The Prisoners of Conscience, sebuah organisasi non-pemerintah yang mengadvokasi hak asasi manusia di Arab Saudi, mengumumkan pada 12 Februari bahwa kerajaan telah menahan sejumlah warga Palestina, termasuk kerabat atau anak-anak dari mereka yang dipenjara April lalu karena alasan yang sama.

Selama dua tahun terakhir, otoritas Saudi telah mendeportasi lebih dari 100 warga Palestina dari kerajaan, sebagian besar dengan tuduhan "mendukung Hamas secara finansial, politik, atau melalui situs jejaring sosial."

Beberapa hari yang lalu, Human Rights Watch (HRW) mendesak negara-negara dunia untuk memberikan suara menentang tawaran Arab Saudi untuk duduk di Dewan Hak Asasi Manusia PBB, menyatakan bahwa kerajaan itu telah melakukan "pelanggaran hak besar-besaran" baik di dalam maupun luar negeri.

Kelompok yang berbasis di New York memperingatkan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis bahwa Arab Saudi terus menargetkan aktivis hak asasi manusia dan pembangkang politik, termasuk aktivis hak-hak perempuan, dan lainnya yang telah ditahan dan dituntut secara sewenang-wenang.

Hubungan antara Palestina dan kerajaan Teluk Persia telah menurun selama bertahun-tahun ketika Arab Saudi telah mulai mengalihkan wacana publik tentang Israel di tengah kesepakatan baru-baru ini antara Israel dan dua negara Teluk Persia Arab di UEA dan Bahrain. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X