Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.950 views

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

BENI, DRC (voa-islam.com) - Setidaknya 1.300 narapidana yang ditahan di sebuah penjara di timur laut Republik Demokratik Kongo (DRC) hari Selasa (20/10/2020) dibebaskan dalam serangan yang diklaim oleh Islamic State (IS).

Penyerbuan itu itu dilakukan oleh Allied Democratic Forces (ADF), afiliasi lokal IS di dalam 'Provinsi Afrika Tengah'.

Dalam pernyataan singkatnya yang dirilis melalui Kantor Berita Amaq, kelompok jihadis tersebut mengatakan, “pejuang ISIS pagi ini [20 Oktober 2020] menyerang penjara pusat Kangbayi dan pangkalan militer tentara Kongo di kota Beni di timur laut Kongo. "

Kurangnya detail tambahan biasa terjadi dalam pernyataan yang dirilis melalui Amaq. Rincian tambahan atau bukti visual belum disediakan oleh Islamic State, pada saat penerbitan.

Namun, ADF juga mengklaim serangan tersebut melalui saluran media sosial pribadinya. Dalam pernyataan itu, kelompok itu menyebut dirinya sebagai bagian dari Islamic State Provinsi Afrika Tengah.

Dalam pernyataan singkatnya, ADF mengatakan "saudara laki-laki dan perempuan Muslim Anda dari Provinsi Afrika Tengah menyerang pangkalan militer dan juga membebaskan 1.300 narapidana." Kelompok itu juga mengatakan penjara itu digunakan sebagai fasilitas penyiksaan oleh pemerintah Kongo.

Menurut laporan lokal, militan ADF melancarkan dua serangan simultan yang menargetkan penjara Kangbayi dan pangkalan militer yang berdekatan.

Pelaporan lain menunjukkan serangan ketiga terhadap posisi militer Kongo terjadi di luar Beni segera sebelum penyerangan di penjara dan pangkalan militer.

Hasilnya, setidaknya 1.300 narapidana dibebaskan. Namun tidak jelas, berapa banyak dari narapidana ini yang sebenarnya adalah anggota ADF, milisi lokal, atau penjahat umum.

Pejabat lokal, termasuk Walikota Beni, Modeste Bakwanamaha, dengan cepat menyalahkan ADF. Menurut Bakwanamaha, 20 narapidana yang telah dibebaskan dalam penggerebekan itu kemudian menyerahkan diri dan mengidentifikasi penyerang sebagai ADF.

Pelaporan tambahan oleh Reuters menambahkan bahwa penjara Kangbayi juga menahan beberapa anggota ADF pada saat penyerbuan. Kelompok itu juga dituduh melakukan serangan serupa di penjara yang sama pada 2017.

Serangan penjara kemarin terjadi hanya beberapa hari setelah juru bicara resmi Islamic State, Abu Hamza al-Quraishi, memuji pembobolan penjara pada 2 Agustus oleh kelompok itu di Jalalabad, Afghanistan. Mengacu pada serangan itu, al-Quraishi meminta anggota dan pendukungnya untuk melakukan operasi serupa di seluruh dunia.

Meskipun tidak jelas apakah ADF mengambil perintah langsung dari Islamic State untuk melakukan serangan hari ini, namun, terbukti bahwa ada tren yang sedang berlangsung di mana para pemimpin IS mendesak lebih banyak pembobolan penjara dalam pidato dan pesan yang kemudian berkorelasi dengan serangan terhadap tanah.

Dalam pesan terpisah di salurannya, ADF mengakui pidato baru-baru ini dari al-Quraishi yang mengatakan bahwa “Abu Hamza al-Qurayshi mengatakan Khalifah [mengacu pada emir Negara Islam saat ini, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi] menyarankan semua mujahidin untuk mengarahkan pandangan mereka tentang mendobrak tembok penjara dan membebaskan saudara-saudara kita. "

Pernyataan itu juga menambahkan bahwa "dia [Abu Hamza al-Qurayshi] mengatakan penaklukan atas tanah terjadi setelah penjara dihancurkan dan saudara-saudara dibebaskan untuk bergandengan tangan dalam menghancurkan penindas Tawaghit [tiran] dan benteng mereka."

ADF dan Islamic State

Awalnya didedikasikan untuk menggulingkan pemerintah Uganda, ADF melarikan diri ke Kongo timur pada pertengahan 1990-an dan mulai menyelaraskan diri dengan kelompok lain yang beroperasi di daerah tersebut dan menjalin hubungan dengan komunitas lokal.

Seiring waktu, dan terutama setelah pergantian kepemimpinan sekitar 2014-2015, ADF semakin meradikalisasi, secara dramatis meningkatkan serangan terhadap warga sipil Kongo. Segera menjadi jelas bahwa radikalisasi ini dibarengi dengan upaya kelompok tersebut untuk menyesuaikan diri dengan Islamic State.

Pada 2016, ADF mulai merilis serangkaian video sebagai upaya nyata untuk menyatakan ideologi radikalnya secara terbuka. Banyak dari video tersebut menunjukkan pesan jihadis yang jelas, termasuk slogan membangun kekhalifahan, seruan untuk melakukan serangan terhadap "kafir," dan deklarasi niat mereka untuk menerapkan Syariah Islam di DRC dan Uganda.

Tahun berikutnya, ADF menerima pendanaan dari Waleed Ahmed Zein, seorang jihadis yang berbasis di Afrika Timur yang kemudian diberi sanksi oleh Departemen Keuangan AS atas perannya dalam IS. Departemen Keuangan mencatat bahwa jaringannya dapat memindahkan uang ke pejuang Islamic State di "Suriah, Libya, dan Afrika Tengah".

Mitra Zein, Halima Adan Ali, juga diberi sanksi oleh Departemen Keuangan AS karena memberikan dukungan kepada IS. Dalam siaran persnya, Departemen Keuangan menegaskan kembali bahwa Ali dan Zein memindahkan uang untuk Islamic State ke para pejuang di Afrika Tengah.

Pada Februari 2018, pasukan Kongo menemukan materi dan buku Islamic State selama penggerebekan di kamp ADF dekat Beni. Salah satu buku ini diterbitkan oleh Maktabah al Himma dari IS, sayap penting kelompok yang pernah menghasilkan risalah teologis dan ideologis.

Tautan ini tampaknya telah berkembang sedemikian rupa sehingga, pada bulan April 2019, IS mengklaim serangan pertamanya di DRC dengan nama "Provinsi Afrika Tengah". Dalam media produksi lokal, kelompok tersebut juga menyebut dirinya sebagai Islamic State.

Sejak itu, kelompok tersebut telah mengklaim lebih dari 71 operasi di Kongo menurut data. Sebagian besar dari ini dapat dikaitkan dengan serangan ADF yang diverifikasi berdasarkan pelaporan oleh Kivu Security Tracker (sebuah proyek yang memetakan kekerasan di Kongo timur) dan oleh media lokal. (TLWJ)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Lonjakan Covid meningkat tajam, Indonesia menempati nomor 1 di dunia dalam kasus harian dan kematian. Para penyintas Corona yang jalani isolasi butuh uluran tangan. Mari berbagi makanan siap...

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Latest News
Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-4)

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-4)

Kamis, 29 Jul 2021 11:14

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-3)

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-3)

Kamis, 29 Jul 2021 11:11

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayorandi Surabaya (Bagian-2)

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayorandi Surabaya (Bagian-2)

Kamis, 29 Jul 2021 11:02

Kritik ''Cuitan'' Komunikasi Publik Mahfud MD

Kritik ''Cuitan'' Komunikasi Publik Mahfud MD

Kamis, 29 Jul 2021 11:02

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-1)

Napak Tilas Perjuangan ke Penjara Kalisosok dan Masjid Kemayoran di Surabaya (Bagian-1)

Kamis, 29 Jul 2021 10:54

Pemuda Muhammadiyah Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19

Pemuda Muhammadiyah Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kamis, 29 Jul 2021 06:58

Ketua FPKS: Isoman Anggota Tak Perlu di Hotel, Cukup Manfaatkan Fasilitas Milik DPR

Ketua FPKS: Isoman Anggota Tak Perlu di Hotel, Cukup Manfaatkan Fasilitas Milik DPR

Rabu, 28 Jul 2021 23:56

Alumni IPB Kumpulkan Donasi 1,3 M untuk Pengadaan Tabung Oksigen Medis

Alumni IPB Kumpulkan Donasi 1,3 M untuk Pengadaan Tabung Oksigen Medis

Rabu, 28 Jul 2021 22:45

Peningkatan Kompetensi SDM Bank Syariah Harus Menjadi Perhatian

Peningkatan Kompetensi SDM Bank Syariah Harus Menjadi Perhatian

Rabu, 28 Jul 2021 22:27

Indonesia Juara Angka Kematian Covid, Anggota DPR: Pantau Pasien Isoman!

Indonesia Juara Angka Kematian Covid, Anggota DPR: Pantau Pasien Isoman!

Rabu, 28 Jul 2021 22:09

Bertemu Menlu Cina, Delegasi Taliban Bahas Proses Perdamaian Dan Masalah Keamanan Di Afghanistan

Bertemu Menlu Cina, Delegasi Taliban Bahas Proses Perdamaian Dan Masalah Keamanan Di Afghanistan

Rabu, 28 Jul 2021 22:00

Ketua MUI Labura Wafat Dibunuh, MUI Percayakan kepada Aparat Hukum

Ketua MUI Labura Wafat Dibunuh, MUI Percayakan kepada Aparat Hukum

Rabu, 28 Jul 2021 21:47

Optimis Takwa dan Dakwah di Tengah Wabah

Optimis Takwa dan Dakwah di Tengah Wabah

Rabu, 28 Jul 2021 21:36

Kais Saied Pecat Lebih Banyak Pejabat Senior Tunisia Beberapa Hari Setelah Lakukan 'Kudeta'

Kais Saied Pecat Lebih Banyak Pejabat Senior Tunisia Beberapa Hari Setelah Lakukan 'Kudeta'

Rabu, 28 Jul 2021 21:19

Saudi Akan Larang Warganya Bepergian Ke Luar Negeri Selama 3 Tahun Jika Kunjungi Negara Terlarang

Saudi Akan Larang Warganya Bepergian Ke Luar Negeri Selama 3 Tahun Jika Kunjungi Negara Terlarang

Rabu, 28 Jul 2021 18:00

160 Akademisi Dari 21 Negara Desak Komisi Eropa Untuk Stop Danai Universitas Israel

160 Akademisi Dari 21 Negara Desak Komisi Eropa Untuk Stop Danai Universitas Israel

Rabu, 28 Jul 2021 17:17

Kemenag Akan Alihkan Bantuan Masjid ke Penanggulangan Covid-19

Kemenag Akan Alihkan Bantuan Masjid ke Penanggulangan Covid-19

Rabu, 28 Jul 2021 09:58

Benarkah Indonesia Merdeka?

Benarkah Indonesia Merdeka?

Rabu, 28 Jul 2021 08:31

Calon Jemaah Umrah Indonesia Wajib Karantina di Negara Ketiga, Bukhori: Cambuk bagi Pemerintah

Calon Jemaah Umrah Indonesia Wajib Karantina di Negara Ketiga, Bukhori: Cambuk bagi Pemerintah

Rabu, 28 Jul 2021 08:06

Risiko Ekonomi Saat Pelaksanaan PPKM Darurat

Risiko Ekonomi Saat Pelaksanaan PPKM Darurat

Rabu, 28 Jul 2021 07:19


MUI

Must Read!
X