Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.599 views

27 Orang Tewas Akibat Gempa di Turki dan Yunani

IZMIR, TURKI (voa-islam.com) - Tim penyelamat pada hari Sabtu (31/10/2020) menerobos blok-blok beton dan puing-puing delapan bangunan yang runtuh untuk mencari orang yang selamat dari gempa bumi dahsyat yang melanda pantai Aegean Turki dan utara pulau Yunani Samos, menewaskan sedikitnya 27 orang. Lebih dari 800 orang lainnya terluka.

Gempa itu melanda Jum'at sore, merobohkan bangunan-bangunan di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki, dan memicu tsunami kecil di distrik Seferihisar dan di Samos. Gempa tersebut diikuti oleh ratusan gempa susulan.

Pada Sabtu pagi, para penonton bersorak ketika remaja Inci Okan yang diselamatkan diangkat keluar dari puing-puing blok apartemen berlantai delapan yang hancur. Teman dan kerabat menunggu di luar gedung untuk berita tentang orang-orang tersayang yang masih terperangkap di dalam, termasuk karyawan bagian bedah gigi yang terletak di lantai dasar.

Dua wanita lainnya, berusia 53 dan 35 tahun, diselamatkan dari reruntuhan gedung berlantai dua.

Setidaknya 24 orang tewas di Izmir, termasuk seorang wanita tua yang tenggelam, menurut Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat Turki, atau AFAD.

Dua remaja tewas di Samos setelah tertimpa tembok yang runtuh. Sedikitnya 19 orang terluka di pulau itu, dengan dua, termasuk seorang anak berusia 14 tahun, diterbangkan ke Athena dan tujuh dirawat di rumah sakit di pulau itu, kata otoritas kesehatan.

Tsunami kecil yang melanda pantai Turki juga memengaruhi Samos, dengan air laut membanjiri jalan-jalan di kota pelabuhan utama Vathi. Pihak berwenang memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari pantai dan dari bangunan yang berpotensi rusak.

Gempa, yang menurut Kandilli Institute berkekuatan 6,9 skala Richter, melanda pada pukul 14:51. waktu setempat di Turki dan berpusat di timur laut Aegea dari Samos. AFAD mengatakan mereka mengukur 6,6.

Itu terasa di seluruh pulau Yunani timur dan sejauh Athena dan di Bulgaria. Di Turki, itu mengguncang wilayah Aegean dan Marmara, termasuk Istanbul. Gubernur Istanbul mengatakan tidak ada laporan kerusakan di kota itu, yang terbesar di Turki.

Pihak berwenang memperingatkan warga di Izmir untuk tidak kembali ke bangunan yang rusak, dengan mengatakan mereka bisa runtuh dalam gempa susulan yang kuat.

Lebih dari 3.000 personel penyelamat dikirim ke Izmir, serta persediaan bantuan. Bulan Sabit Merah Turki mendirikan dapur.

Dalam unjuk rasa solidaritas yang jarang terjadi dalam beberapa bulan terakhir karena ketegangan hubungan bilateral, pejabat pemerintah Yunani dan Turki mengeluarkan pesan solidaritas timbal balik saat presiden Yunani dan Turki mengadakan percakapan telepon.

Hubungan antara Turki dan Yunani sangat tegang, dengan kapal perang dari keduanya berhadapan di Mediterania timur dalam perselisihan mengenai batas-batas maritim dan hak eksplorasi energi.

Ketegangan yang sedang berlangsung telah menimbulkan kekhawatiran akan konflik terbuka antara kedua tetangga dan sekutu NATO itu. (Aby)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X