Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.756 views

Jadi Presiden AS Ke-46, Joe Biden Janjikan 'Hari Baru' Untuk Amerika Serikat

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Joe Biden pada hari Rabu (20/1/2021) resmi menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat, menjanjikan "hari baru" untuk Amerika Serikat setelah empat tahun keributan di bawah Donald Trump yang dalam tindakan terakhir yang luar biasa menolak pelantikan tersebut.

Dua minggu setelah pendukung Trump mengamuk di Capitol AS untuk membatalkan hasil pemilu, Biden mengambil sumpah pada langkah yang sama bersama Kamala Harris, yang dilantik beberapa saat sebelumnya sebagai wakil presiden wanita pertama.

Biden mengulangi sumpah presiden setelah Ketua Mahkamah Agung John Roberts - bahwa dia akan "melestarikan, melindungi dan membela Konstitusi Amerika Serikat."

"Ini hari baru di Amerika," tulis Biden di Twitter sebelum pelantikan, sebagai tanda desakannya untuk persatuan, ia berdoa bersama para pemimpin kongres di sebuah gereja Katolik Roma.

Biden, yang pada usia 78 adalah presiden tertua dalam sejarah AS dan penganut Katolik kedua, menjabat di tengah tantangan besar dengan pandemi COVID-19 yang masih merajalela yang telah merenggut 400.000 nyawa di Amerika Serikat.

Washington D.C mengambil tampilan distopia dari sebuah kamp bersenjata, dilindungi oleh sekitar 25.000 pasukan Garda Nasional yang ditugaskan untuk mencegah terulangnya serangan 6 Januari yang menewaskan lima orang. Mahkamah Agung melaporkan ancaman bom Rabu pagi.

Harris, putri imigran India dan Jamaika, menjadi wanita dengan peringkat tertinggi dalam sejarah AS dan orang kulit berwarna pertama sebagai orang nomor dua bangsa.

Dia dan suaminya Doug Emhoff - "pria kedua" pertama di Amerika - dikawal ke pelantikan oleh Eugene Goodman, seorang petugas polisi kulit hitam di Capitol yang memikat massa yang sebagian besar kulit putih menjauh dari ruang Senat dalam sebuah video yang viral.

Atmosfer yang belum pernah terjadi sebelumnya

Dengan masyarakat umum yang pada dasarnya dilarang hadir karena pandemi, penonton Biden di National Mall malah 200.000 bendera yang dipasang untuk mewakili kerumunan yang absen.

"Ini adalah hari dimana banyak dari kami telah mencoba untuk memvisualisasikan untuk waktu yang lama. Kami tidak dapat menduga bahwa visualnya akan seperti ini," kata Pete Buttigieg, mantan calon presiden yang ditunjuk oleh Biden sebagai menteri transportasi, kepada wartawan..

Biden, yang merupakan wakil presiden di bawah Barack Obama dan pertama kali mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1987, berencana untuk memulai masa jabatannya dengan 17 perintah untuk membalik halaman tentang pemerintahan Trump yang memecah belah.

Para pejabat mengatakan Biden akan segera bergabung kembali dengan kesepakatan iklim Paris dan menghentikan keluarnya AS dari Organisasi Kesehatan Dunia dan menetapkan jalur baru tentang imigrasi, lingkungan, Covid-19, dan ekonomi.

Dia juga akan mengakhiri larangan Trump terhadap pengunjung dari beberapa negara mayoritas Muslim dan menghentikan pembangunan tembok yang diperintahkan Trump di perbatasan AS-Meksiko untuk membendung imigrasi ilegal, kata para pembantunya.

Banyak pemimpin luar negeri menghela nafas lega di akhir kepresidenan Trump yang hawkish dan berjalan sendiri, dengan tim Biden menjanjikan kerja sama yang lebih besar dengan seluruh dunia.

Ursula von der Leyen, presiden Komisi Eropa, menyebut pelantikan Biden sebagai "demonstrasi ketahanan demokrasi Amerika," serta "bukti kuat bahwa, sekali lagi, setelah empat tahun yang panjang, Eropa punya teman di Gedung Putih." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa