Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.591 views

Pemerintah Afghan Akan Bangun Bandara Senilai 2 Miliar USD di Wilayah Yang Didominasi Taliban

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pemerintah Afghanistan berencana untuk membuka bandara internasional baru di provinsi timur yang didominasi Taliban untuk mengubah wilayah tersebut menjadi pusat perjalanan udara, regulator penerbangan negara itu mengatakan pada hari Jum'at (11/2/2021).

Proyek tersebut, yang diperkirakan menelan biaya $ 2 miliar, sudah direncanakan pada tahun 1970-an oleh Presiden Mohammad Daud Khan, yang pembunuhannya dalam kudeta pada tahun 1978 menandai dimulainya perang saudara dan invasi asing di Afghanistan yang akibatnya menghancurkan infrastruktur negara.

Akan dibangun di provinsi Logar, sekitar 45 km selatan Kabul, bandara diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2024, juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan Mohammad Naeem Salehi mengatakan kepada Arab News pada hari Jum'at.

"Bandara akan mengubah zona tengah Afghanistan menjadi salah satu hub udara utama Afghanistan dan akan menghubungkannya ke pasar regional dan dunia," katanya, seraya menambahkan bahwa penilaian kelayakan proyek baru-baru ini diselesaikan oleh sebuah perusahaan Italia.

Bandara baru ini akan menjadi alternatif dari pelabuhan internasional utama di jantung Kabul, yang dibangun pada tahun 1970-an dan tidak dapat diperluas.

"Total biaya bandara akan mencapai $ 2 miliar dan akan ditanggung oleh pemerintah Afghanistan," kata Salehi, menambahkan: "Ini akan menjadi bandara standar internasional, digunakan setiap tahun oleh 10 juta penumpang dengan kapasitas 100.000 ton muatan."

Bandara itu akan dibangun di padang pasir distrik Mohammad Agha di Logar, dekat tambang Tembaga Ainak, daerah di mana Taliban telah lama berada dan di mana pasukan pemerintah secara rutin diserang.

Provinsi ini juga merupakan kampung halaman Presiden Ashraf Ghani.

"Kami memiliki cukup pasukan keamanan di lapangan di daerah itu untuk melindungi proyek dan selain itu masyarakat lokal bekerja sama dalam hal ini," klaim ketua dewan provinsi Logar Hassibullah Stanekzai kepada Arab News.

“Ini adalah proyek nasional di tingkat Afghanistan dan Taliban tidak akan pernah menghalanginya,” katanya.

Meski Taliban tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar, para analis melihat tantangan agar proyek tersebut terwujud.

"Pembangunan bandara di Logar adalah proyek yang patut dipuji, tetapi kami harus mencatat bahwa Logar adalah provinsi yang sangat mudah berubah," kata analis Tameem Bahiss kepada Arab News.

“Dengan situasi keamanan yang memburuk di Logar dan korupsi di Kabul, proyek ini akan menjadi sangat menantang,” katanya.

Mantan penasihat pemerintah Torek Farhadi memuji proyek tersebut, tetapi mengatakan itu seharusnya tidak menjadi prioritas Kabul karena "mengamankan akses dan mengamankan perimeter bandara akan menjadi kunci untuk meyakinkan maskapai penerbangan internasional untuk mendarat di sana."

Ia menambahkan: “Dalam jangka panjang, kami berharap perdamaian di Afghanistan dapat diselesaikan sebagai hub internasional. Keamanan sekarang tidak memungkinkan untuk itu."

Farhadi mengatakan, pejabat tinggi pemerintah pun tidak dapat bepergian dengan mobil ke Logar karena situasi keamanan yang sangat memprihatinkan. (AN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X