Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.617 views

Yunani Jatuhi Hukuman 15 Bulan Penjara Pejabat Muslim Minoritas Turki Di Trakia Barat

TRAKIA BARAT, YUNANI (voa-islam.com) - Seorang pejabat Muslim terpilih di Trakia Barat Yunani telah dijatuhi hukuman 15 bulan penjara oleh pengadilan Yunani pada hari Kamis (17/6/2021), dalam apa yang dikatakan banyak orang sebagai upaya untuk menekan etnis minoritas Turki di negara itu.

Ahmet Mete, ulama atau 'mufti' Muslim Xanthi, didakwa "mengganggu ketertiban umum dengan menabur perselisihan publik" oleh pengadilan pidana di Thessaloniki.

Dia menerima penangguhan hukuman tiga tahun, yang mungkin membuatnya dipenjara jika dia didakwa dengan kejahatan lain selama periode tiga tahun.

Mete akan mengajukan banding atas putusan tersebut, kata pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor mufti Xanthi.

Turki mengecam hukuman itu, menyebutnya sebagai "manifestasi lain dari tekanan hukum dan kebijakan intimidasi oleh Yunani terhadap Mufti terpilih Minoritas Turki Trakia Barat atas kehendak mereka sendiri".

Proses hukum dilakukan atas "tuduhan tak berdasar" terhadap sang mufti, yang bertujuan untuk "mencegah orang-orang yang disebutkan di atas dari menjalankan tugas keagamaan dan sosial mereka secara bebas", sebuah pernyataan oleh kementerian luar negeri Turki mengatakan, mengutip komentar yang dibuat oleh Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa di Athena dan pelanggaran lanjutannya terhadap pejabat Muslim di Yunani.

Xanthi, sebuah kota di wilayah Trakia Barat, timur laut Yunani, memiliki populasi besar Muslim berbahasa Turki yang berasal dari periode Daulah Utsmaniyah atau yang dikenal juga sebagai Ottoman.

Komunitas di sana telah memilih mufti mereka sendiri sejak awal abad ke-20, di bawah pakta Yunani-Utsmaniyah yang dikenal sebagai Perjanjian Athena 1913.

Pada tahun 1991, Yunani membatalkan undang-undang tersebut dan mulai menunjuk mufti sendiri. Ulama Muslim yang ditunjuk oleh negara merampas hukum Islam tentang masalah keluarga dan warisan. Selanjutnya, mayoritas Muslim Turki di daerah itu menolak yurisdiksi mufti yang ditunjuk oleh negara Yunani dan malah memilih mereka sendiri.

Pihak berwenang Yunani telah menolak untuk mengakui mufti terpilih dan pihak berwenang telah mengadili para ulama.

Kelompok hak asasi internasional mengecam sikap pemerintah Yunani terhadap minoritas Turki, dengan mengatakan Athena memandang mereka sebagai "ancaman luar yang harus diminimalkan atau diisolasi". (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X