Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.643 views

Bentrokan Baru Pecah Di Kota Daraa Al-Balad Suriah Setelah Serbuan Pasukan Rezim Teroris Assad

DARAA, SURIAH (voa-islam.com) - Bentrokan baru pecah antara pasukan rezim dan penduduk di Daraa al-Balad di Suriah Selatan pada hari Rabu (28/7/2021), setelah tentara Assad berusaha menyerbu kota untuk hari kedua berturut-turut.

Pasukan rezim menembaki Karak, sebuah lingkungan di Daraa al-Balad, dan saling tembak-menembak dengan penduduk di tempat lain di kota. Sehari sebelumnya juga terjadi pertempuran di pinggiran kota antara penduduk di satu sisi dan pasukan rezim teroris Assad dan milisi Syi'ah sekutu mereka di sisi lain.

Pertempuran hari Selasa mengakibatkan kematian seorang warga dan melukai sedikitnya empat orang, termasuk dua anak kecil. Selain itu, kekerasan menyebabkan sejumlah keluarga yang tidak diketahui melarikan diri dan yang lainnya meminta agar mereka diizinkan mengungsi sebelum pasukan rezim memasuki kota.

Pertempuran terjadi setelah Daraa al-Balad dikepung oleh rezim selama lebih dari sebulan, dengan tentara memblokir listrik, air dan semua jalan ke kota. Pengepungan dimulai setelah Daraa al-Balad menolak untuk menerima hasil pemilihan presiden Suriah pada bulan Mei, yang secara luas dikecam sebagai penipuan oleh masyarakat internasional.

Pengepungan itu menghasilkan krisis kemanusiaan di kota, menghalangi semua barang masuk kecuali beberapa barang yang bisa diselundupkan.

Pengepungan itu akan dicabut pada akhir pekan, setelah kesepakatan dicapai antara komite perunding Daraa dan pasukan rezim pada 24 Juli. Namun, ketidaksepakatan atas implementasinya menyebabkan pasukan rezim teroris Assad memberlakukan kembali pengepungan pada hari Selasa.

Kesepakatan itu menetapkan bahwa penduduk Daraa al-Balad harus menyerahkan sejumlah persenjataan ringan dan mengizinkan rezim untuk mendirikan tiga pos pemeriksaan keamanan di dalam kota. Sebagai imbalannya, rezim akan mengeluarkan pengampunan untuk sejumlah individu lokal, mencabut pengepungan, menarik pasukannya dari kota dan melucuti senjata milisi lokal yang didukung oleh rezim.

Warga menyerahkan sekitar 60 senjata, tetapi rezim mengklaim bahwa senjata itu "rusak" dan tidak cukup untuk memenuhi kesepakatan, Mohammed al-Asaker, seorang aktivis dari Daraa, mengatakan kepada The

Sejumlah besar pasukan rezim kemudian mulai berkumpul di luar Daraa al-Balad, membawa bala bantuan dan kendaraan militer dari kota-kota tetangga, sekali lagi menutup rute masuk dan keluar kota. Pada hari Selasa, pasukan rezim berusaha untuk mendorong ke Daraa al-Balad, tetapi akhirnya dipukul mundur oleh para pejuang di Daraa al-Balad.

"Rezim melanggar kesepakatan," Ahmad Abazeid, seorang aktivis yang bekerja dengan Kampanye Kebebasan untuk Daraa, mengatakan kepada The New Arab. “Rezim meningkatkan jumlah pos pemeriksaan [yang diminta] di dalam kota dari tiga menjadi tujuh, dan kemudian menjadi sepuluh, selain menempatkan pasukan militer dan yang didukung Iran di dalam Daraa,” kata Abazeid.

Telah terjadi lagi-lagi pertempuran antara rezim dan penduduk di seluruh provinsi Daraa sejak rezim merebut kembali provinsi Suriah selatan itu pada Juli 2018.

Pada saat itu, rezim dan "komite perunding pusat," sebuah komite yang terdiri dari para pemimpin lokal di provinsi Daraa, menghasilkan apa yang disebut perjanjian rekonsiliasi, yang merupakan persyaratan awal yang dimaksudkan untuk mengatur masuknya kembali Damaskus ke provinsi di bawah pengawasan Rusia.

Rekonsiliasi sebagian besar tidak berhasil dalam tiga tahun sejak diadopsi di Suriah selatan, karena sejumlah penduduk yang seharusnya "menetapkan status mereka" dan diberi pengampunan dari rezim telah ditangkapi, dibunuh dan disiksa secara sewenang-wenang.

Aktivitas politik oposisi terus berlanjut di Daraa, meskipun dalam bentuk yang berbeda dari sebelum 2018, dan telah terjadi beberapa pertempuran terbuka antara pasukan rezim dan penduduk di seluruh provinsi.

Kondisi keamanan juga menurun di Suriah selatan, dengan pembunuhan dan penculikan tokoh rezim, mantan pasukan oposisi, dan warga sipil sering terjadi.

Beberapa mantan tokoh oposisi, seperti Mustafa al-Kassem, juga telah membentuk milisi mereka sendiri dengan restu rezim dan bertindak dengan impunitas di Daraa. "Dia telah mengebom kota lebih dari sekali, dan dituduh membunuh pemuda dari kota itu," kata Abazeid.

Akibatnya, penduduk Daraa memiliki sedikit kepercayaan pada rezim dan keinginannya untuk menerapkan perjanjian rekonsiliasi yang dimaksudkan untuk memperlancar transisi ketika Damaskus menegaskan kembali kendali di provinsi selatan.

“Secara pribadi, saya menolak untuk menyerahkan senjata saya, kecuali itu menghentikan perang,” Hamza al-Hourani, seorang penduduk dan pejuang dari Dara al-Balad, mengatakan kepada The New Arab. Namun, Hourani menyatakan skeptisisme bahwa rezim akan mematuhi perjanjian apa pun di masa depan, terlepas dari apakah dia menyerahkan senjatanya.

"Jika rezim ingin mengakhiri situasi ini, kami akan menyerahkan senjata kami kemarin," jelasnya.

Sampai semacam penyelesaian tercapai, Hourani memutuskan untuk melawan. Lebih banyak bala bantuan tiba saat dia berbicara, mengintensifkan penumpukan pasukan rezim di luar Daraa al-Balad.

"Kami bukan pendukung perang, tetapi perang telah dipaksakan pada kami. Kami adalah pemilik tanah ini, dan kami akan mengorbankan hidup kami untuk itu." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X