Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.152 views

14 Mantan Wartawan BBC Di Kabul Sebut Perusahaan Abaikan Permohohan Bantuan Mereka Untuk Dievakuasi

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Empat belas presenter, reporter, dan produser senior Afghanistan yang bekerja untuk BBC di Afghanistan mengatakan permohonan bantuan mereka diabaikan oleh perusahaan dan kedutaan Inggris di Kabul.

The Guardian melaporkan bahwa BBC telah mengklaim mereka membantu 171 staf dan keluarga mereka tetapi tidak dapat membantu mantan pekerja atau keluarga besar staf BBC karena kapasitas terbatas.

Salah satu mantan anggota staf mewawancarai anggota senior Taliban dan yang lain menyajikan acara bincang-bincang BBC yang didukung kedutaan.

Salah satunya dituduh oleh Taliban bekerja untuk pemerintah Inggris dan mendukung "invasi kafir" ke Afghanistan.

"Sayangnya, kami telah ditinggalkan oleh BBC," katanya. "Saya di bawah ancaman, saya dan keluarga saya. BBC memiliki tanggung jawab moral kepada kami, kami dalam bahaya karena kami bekerja untuk BBC."

Ke-14 mantan anggota staf itu juga meminta pemerintah menyelamatkan nyawa mereka.

Awal Agustus lalu, Persatuan Jurnalis Nasional (NUJ) meminta pemerintah memberikan bantuan kepada pekerja media di Afghanistan yang diklaim diancam Taliban.

Serikat pekerja, bersama dengan beberapa surat kabar, penyiar dan organisasi media, menandatangani surat kepada perdana menteri dan menteri luar negeri yang menyoroti bahwa pelaporan berita di Inggris sangat bergantung pada jurnalis, penerjemah, dan staf pendukung Afghanistan lainnya. "Situasi di Afghanistan memburuk dengan cepat dan sudah waktunya bagi pihak berwenang di sini untuk meningkatkan dan menawarkan dukungan dan bantuan kepada mereka yang terancam."

"Jika tertinggal, para jurnalis dan karyawan media Afghanistan yang telah memainkan peran penting dalam menginformasikan publik Inggris dengan bekerja untuk media Inggris akan menghadapi risiko penganiayaan, penganiayaan fisik, penahanan, penyiksaan atau kematian."

Setidaknya 11 jurnalis Afghanistan tewas pada tahun 2020, menurut Human Rights Watch. Dua wartawan tewas dalam waktu kurang dari sepekan, termasuk Elyas Dayee dari Radio Free Afghanistan, dan Yama Siawash, yang tewas setelah bom dipasang di kendaraan mereka.

Lima wartawan tewas tahun ini termasuk empat wanita. Pada bulan Juli, koresponden Reuters Dannish Siddiqui terbunuh saat ia meliput pecahnya kekerasan antara pasukan keamanan Afghanistan dan pejuang Taliban.

Komite Perlindungan Jurnalis mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah mendaftarkan hampir 400 jurnalis yang membutuhkan evakuasi sementara ribuan permintaan lainnya masih harus ditinjau. (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X