Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.622 views

Pasukan Keamanan Sudan Tembak Mati 15 Demonstran Anti-Kudeta Di Khartoum

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Pasukan keamanan Sudan dilaporkan menembak mati sedikitnya 15 pengunjuk rasa anti-kudeta dan melukai puluhan lainnya di ibu kota, Khartoum, pada hari kekerasan paling berdarah sejak militer merebut kekuasaan pada 25 Oktober.

Orang-orang turun ke jalan untuk memprotes kudeta militer terutama di lingkungan Bahri dan Omdurman di Khartoum pada hari Rabu (17/11/2021) meskipun saluran telepon dan layanan internet telah terganggu sejak militer mengambil alih. Aktivis telah belajar untuk memobilisasi melalui SMS daripada media sosial. Namun sejak Rabu siang, segala bentuk komunikasi seluler dihentikan.

Kelompok-kelompok yang menentang kudeta militer baru-baru ini di Sudan telah menyerukan "pawai jutaan" pada 13 dan 17 November untuk memprotes kudeta dan tindakan keras militer terhadap pengunjuk rasa.

“Rakyat memilih pemerintahan sipil,” dan “Legitimasi datang dari jalan, bukan dari meriam,” teriak para demonstran, juga meneriakkan slogan-slogan menentang penguasa militer Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan.

Para pengunjuk rasa, sebagian besar pria dan wanita muda, bertepuk tangan dan berteriak sebelum adegan berubah menjadi kekerasan. Saat bentrokan pecah, pasukan keamanan menembakkan peluru tajam dan gas air mata untuk mencegah pertemuan, melukai sejumlah pengunjuk rasa, kata saksi mata.

Sebelumnya, di jalan utama di Khartoum, pengunjuk rasa membakar ban dan meneriakkan “Rakyat lebih kuat, dan mundur tidak mungkin.”

Komite Sentral Dokter Sudan (CCSD), sebuah serikat pro-demokrasi, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan keamanan "menggunakan peluru tajam di berbagai wilayah ibu kota" dan ada "puluhan luka tembak, beberapa di antaranya dalam kondisi serius."

CCSD juga mengatakan pasukan keamanan telah menangkap orang-orang yang terluka di dalam rumah sakit Khartoum dan jumlah korban tewas akibat kerusuhan sejak militer merebut kekuasaan telah meningkat menjadi 38 orang. Ratusan lainnya terluka.

Tidak ada komentar segera dari pasukan keamanan. Burhan telah mengklaim sebelumnya bahwa protes damai diperbolehkan dan militer tidak membunuh pengunjuk rasa.

Selama kudeta pada akhir Oktober, Burhan membubarkan kabinet dan dewan kedaulatan militer-sipil yang berkuasa. Dia juga menyatakan keadaan darurat dan menempatkan Perdana Menteri Abdalla Hamdok di bawah tahanan rumah yang efektif, sambil menahan anggota terkemuka lainnya dari pemerintahannya.

Dalam beberapa pekan terakhir, militer telah melakukan tindakan keras terhadap pengunjuk rasa, yang turun ke jalan setelah koalisi oposisi utama Sudan menyerukan pembangkangan sipil dan protes di seluruh negeri beberapa jam setelah kudeta militer. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X