Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.827 views

Laporan: Turki Rencanakan Operasi Militer Di Timur Laut Suriah Setelah Penarikan Tentara Rusia

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Penarikan beberapa pasukan Rusia dari Suriah adalah salah satu faktor penentu rencana operasi militer Turki ke negara itu, sumber militer Turki mengungkapkan.

Menurut organisasi berita Middle East Eye yang berbasis di London, sumber anonim di militer Turki yang mengetahui situasi tersebut mengakui bahwa waktu serangan yang direncanakan ke timur laut Suriah sebagian karena penarikan pasukan dan tentara bayaran Rusia dari beberapa pangkalan di negara itu untuk memindahkan mereka ke serangan Moskow yang sedang berlangsung di Ukraina.

Salah satu sumber menegaskan kepada surat kabar itu bahwa itu bukan satu-satunya atau alasan utama untuk perencanaan operasi, bagaimanapun, mengatakan bahwa "Ini bukan semata-mata tentang Rusia yang terjebak di Ukraina. Ada kekhawatiran dan intelijen Ankara sendiri tentang kegiatan PKK. di Suriah." Perhatian utama Turki yang "memicu tanggapan," katanya, adalah "kegiatan PKK baru-baru ini untuk mentransfer pasukan baru dan amunisi ke Irak dari Suriah."

Sumber itu menyebutkan kegiatan PKK (Partai Pekerja Kurdistan), kelompok separatis Kurdi yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Turki dan negara-negara Barat, mengacu pada milisi Kurdi di Suriah – Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF) – yang diklaim Ankara berafiliasi dengan PKK.

Selain penarikan sebagian Rusia untuk invasinya ke Ukraina dan kebutuhan untuk menghentikan aktivitas milisi Kurdi di Suriah agar tidak menyebar ke Irak, alasan utama lain untuk serangan militer yang direncanakan Turki adalah untuk membersihkan daerah sedalam 30 kilometer ke dalam timur laut Suriah yang bertujuan untuk berubah menjadi 'zona aman' untuk memukimkan kembali setidaknya satu juta pengungsi Suriah. "Dua operasi ini harus dilanjutkan secara bersamaan," kata sumber tersebut.

Prospek intervensi militer Turki baru di Suriah

Ketika presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan operasi yang direncanakan bulan lalu, dia menyatakan bahwa "Kami akan membersihkan Tal Rifaat dan Manbij," dua kota utama Suriah utara yang saat ini dipegang oleh (Tentara Demokratik Suriah) SDF.

Menurut sumber militer, Tal Rifaat adalah tujuan strategis utama Turki karena "menampung 60 persen air bersih di wilayah tersebut". Itu lebih lanjut akan memungkinkan pemukiman kembali para pengungsi Suriah, katanya, yang menyatakan bahwa "Kembalinya penduduk lokal yang terlantar dan pengelolaan sumber daya air adalah fundamental. Ini akan menghidupkan kembali pertanian dan mendorong pengembalian."

Berkurangnya kehadiran pasukan Rusia di Tal Rifaat – yang merupakan kehadiran militer terbesar kedua di wilayah tersebut – membuat rencana Turki lebih mudah, sumber tersebut mengakui. "Rusia merasa sulit untuk memasok pasukannya di Tal Rifaat dan telah meninggalkan beberapa pangkalannya di dekat Aleppo kepada Iran."

Di tengah penarikan itu, milisi Syi'ah Iran di daerah itu akan menjadi ancaman utama karena mereka "tidak ingin pasukan pemberontak Suriah [yang didukung Turki] hadir di dekat Aleppo". Adapun pasukan militer Suriah yang berperang di bawah rezim Bashar al-Assad, sumber tersebut mengatakan bahwa Ankara tidak mengharapkan mereka untuk menimbulkan ancaman atau upaya untuk mengusir serangan Turki.

Komentar oleh sumber militer Turki tampaknya mengkonfirmasi apa yang diprediksi banyak analis selama beberapa bulan terakhir sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina dan mulai menarik beberapa pasukan dari operasinya di Libya dan Suriah – bahwa pijakan dan pengaruh Moskow di Suriah dapat diganti oleh Teheran dan menggeser dinamika kekuatan di dalam negeri. (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X