Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.831 views

Azerbaijan Umumkan 71 Tentaranya Tewas Dalam Pertempuran Terbaru Dengan Armenia Di Perbatasan

BAKU, AZERBAIJAN (voa-islam.com) - Azerbaijan mengatakan pada hari Kamis (15/9/2022) bahwa 71 tentaranya tewas dalam bentrokan perbatasan dengan Armenia selama dua hari terakhir, meningkatkan korban sebelumnya 50 tewas dalam pertempuran terburuk sejak 2020.

Yerevan mengatakan gencatan senjata diadakan Kamis di perbatasan Armenia-Azerbaijan, tanpa kekerasan baru yang dilaporkan semalam.

Pada hari Kamis, kementerian pertahanan Azerbaijan menerbitkan daftar 71 prajurit tewas dalam bentrokan minggu ini antara saingan bersejarah.

Armenia mengatakan 105 tentaranya tewas.

Bentrokan meletus pada Selasa tetapi berakhir "berkat keterlibatan internasional" pada Kamis malam, kata dewan keamanan Armenia, setelah upaya sebelumnya gagal dari Rusia untuk menengahi gencatan senjata.

Baku dan Yerevan telah bertukar tuduhan memulai kekerasan di sepanjang perbatasan bersama mereka, yang juga menyebabkan ratusan warga sipil Armenia meninggalkan rumah mereka di dekat perbatasan.

Peningkatan itu terjadi ketika sekutu terdekat Yerevan, Moskow, terganggu oleh invasi hampir tujuh bulan ke Ukraina.

Sebuah delegasi dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) - sebuah kelompok yang dipimpin Moskow dari beberapa bekas republik Soviet - akan tiba di Yerevan Kamis malam, kata kementerian luar negeri Armenia.

Armenia adalah anggota CSTO tetapi Azerbaijan tidak.

Pada hari Selasa, dewan keamanan Armenia meminta bantuan militer dari Moskow, yang diwajibkan berdasarkan perjanjian untuk membela Armenia jika terjadi invasi asing.

Di Yerevan, pendukung oposisi menggelar protes anti-pemerintah semalam, menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Nikol Pashinyan, setelah desas-desus dia berencana untuk menyetujui konsesi dalam sengketa wilayah selama beberapa dekade dengan Azerbaijan.

Tetangga Kaukasus itu berperang dua kali - pada 1990-an dan 2020 - atas wilayah Nagorno-Karabakh yang diperebutkan, daerah kantong Azerbaijan yang diduduki Armenia.

Pertempuran enam minggu pada tahun 2020 merenggut nyawa lebih dari 6.500 tentara dari kedua belah pihak dan berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia.

Di bawah kesepakatan itu, Armenia menyerahkan sebagian besar wilayah yang telah didudukinya selama beberapa dekade, dan Moskow mengerahkan sekitar 2.000 penjaga perdamaian Rusia untuk mengawasi gencatan senjata yang rapuh.

Konflik Ukraina telah mengubah keseimbangan kekuatan di kawasan itu, seperti yang dihadapi Rusia dan meningkatnya isolasi internasional.

Uni Eropa sejak itu memimpin proses normalisasi Armenia-Azerbaijan, yang melibatkan pembicaraan damai, delimitasi perbatasan dan pembukaan kembali jaringan transportasi.

Selama pembicaraan yang dimediasi Uni Eropa di Brussel pada Mei dan April, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan pemimpin Armenia Pashinyan setuju untuk "memajukan diskusi" tentang perjanjian damai di masa depan.

Mereka terakhir bertemu di Brussel pada 31 Agustus, untuk pembicaraan yang dimediasi oleh Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Analis mengatakan eskalasi terbaru sebagian besar telah membatalkan upaya Brussel untuk membawa Baku dan Yerevan lebih dekat ke kesepakatan damai.

Separatis etnis Armenia di Nagorno-Karabakh memproklamirkan pemisahan diri dari Azerbaijan ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991. Konflik berikutnya merenggut sekitar 30.000 nyawa. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 21/05/2024 11:53

Cowok Pakai Skincare, Menggelikan?