Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.864 views

Ribuan Warga Rusia Melarikan Diri Ke Luar Negeri Setelah Seruan Putin Untuk Perang Di Ukraina

YEREVAN, ARMENIA (voa-islam.com) - Ribuan orang telah melarikan diri dari Rusia untuk menghindari wajib militer  menyusul seruan presiden Vladimir Putin agar warga negaranya ikut andil dalam perang melawan Ukraina.

"Saya tidak ingin pergi berperang," kata Dmitri kepada AFP, yang terbang ke Armenia hanya dengan satu tas kecil, meninggalkan istri dan anak-anaknya. "Saya tidak ingin mati dalam perang yang tidak masuk akal ini. Ini adalah perang saudara."

Keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin minggu ini untuk memobilisasi beberapa ratus ribu tentara cadangan telah mendorong eksodus baru melintasi perbatasan negara itu.

"Situasi di Rusia akan membuat siapa pun ingin pergi," kata pendatang baru lainnya, Sergei, 44 tahun, yang datang bersama putranya yang masih remaja.

Tampak tersesat dan kelelahan di bandara Armenia, dia membenarkan bahwa mereka telah melarikan diri "karena mobilisasi", tetapi menolak untuk memberikan nama lengkapnya.

"Kami memilih untuk tidak menunggu dipanggil," kata putranya, Nikolai, 17 tahun. "Saya tidak panik, tetapi saya merasakan ketidakpastian ini," tambahnya.

Itu adalah sentimen yang dimiliki oleh orang Rusia lainnya yang tiba dari penerbangan yang sama ke Yerevan.

“Adalah salah untuk berperang di abad ke-21,” Alexei, 39, secara halus mengatakan kepada AFP.

Dia tidak yakin apakah dia bisa kembali ke Rusia, tambahnya. "Semua tergantung pada situasinya."

Pria usia militer merupakan mayoritas dari mereka yang tiba dari penerbangan terakhir dari Moskow. Banyak yang enggan berbicara.

Yerevan telah menjadi tujuan utama bagi orang Rusia yang melarikan diri sejak perang dimulai pada 24 Februari.

Sejak itu, Armenia mengatakan setidaknya 40.000 orang Rusia telah tiba di negara kecil Kaukasus itu, yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

Hampir 50.000 orang Rusia telah melarikan diri ke negara tetangga Georgia, statistik nasional dari bulan Juni menunjukkan.

Kremlin pada hari Kamis menepis laporan tersebut, menyebutnya "palsu" bahwa orang-orang Rusia yang memenuhi syarat untuk dimobilisasi bergegas untuk keluar.

"Banyak informasi palsu telah muncul tentang ini," klaim juru bicara Dmitry Peskov.

Tetapi penerbangan dari Rusia hampir sepenuhnya dipesan untuk minggu depan ke kota-kota di negara-negara bekas Soviet terdekat seperti Armenia, Azerbaijan, Georgia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan.

Dan perintah mobilisasi Putin tidak hanya memprovokasi untuk keluar -- ada juga protes.

Polisi menangkap lebih dari 1.300 orang pada hari Rabu di demonstrasi menentang mobilisasi di seluruh Rusia, menurut satu kelompok pemantau protes, OVD-Info.

Di jejaring sosial, ada kekhawatiran Rusia akan menutup perbatasannya.

Namun Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser mengatakan pada Kamis bahwa para pembelot Rusia dapat "mendapatkan perlindungan internasional" di negaranya.

'Hampir tidak ada yang mendukung perang'

Otoritas perbatasan Finlandia mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah melihat peningkatan lalu lintas dari Rusia setelah pengumuman Putin. Tetapi mereka menekankan bahwa arus masuk masih pada tingkat yang relatif rendah.

Di perlintasan perbatasan Vaalimaa di Finlandia, terlihat antrean mobil sepanjang sekitar 150 meter yang terlihat pada Kamis sore.

"Sibuk di pagi dan malam hari, tapi sekarang mulai tenang," kata Elias Laine, seorang penjaga perbatasan di sana kepada AFP.

Seorang manajer proyek berusia 23 tahun dari Moskow mengatakan kepada AFP bahwa mobilisasi telah mendorong rencananya untuk meninggalkan Rusia pada Oktober.

"Saya memenuhi syarat untuk dipanggil," jelasnya.

“Beberapa orang melakukan protes karena mereka tidak akan rugi. Yang lain mencari undang-undang dan berbicara dengan pengacara untuk mengetahui apakah mereka dapat wajib militer,” katanya.

Dan di Yerevan, seorang warga Rusia lainnya yang berhasil keluar mengatakan dia "terkejut" dengan pengumuman mobilisasi Putin.

"Hampir tidak ada yang mendukung perang," katanya. "Ini semua sangat menyakitkan. Aku ingin semua ini segera berakhir."

Dia menolak memberikan nama depan atau belakangnya, dengan alasan masalah keamanan. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X