Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.726 views

Layanan Komunikasi Terputus Di Kota Tengara Iran Setelah Pembunuhan Kepala Intelijen IRGC

SISTAN BALOCHISTAN (voa-islam.com) - Layanan komunikasi terputus di kota Zahedan, Iran tenggara, pada Sabtu (1/10/2022), setelah seorang komandan senior Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) tewas dalam bentrokan.

Protes pecah di ibu kota provinsi Sistan dan Balochistan yang berbatasan dengan Pakistan pada hari Jum'at setelah pemerkosaan seorang gadis Baloch berusia 15 tahun, yang diduga dilakukan oleh seorang komandan militer setempat, menyebabkan kemarahan publik.

Ali Mousavi, kepala intelijen IRGC Sistan dan Balochistan, ditembak selama konfrontasi dengan pengunjuk rasa. Kantor Berita Tasnim yang berafiliasi dengan IRGC melaporkan bahwa Mousavi dinyatakan tewas di sebuah rumah sakit.

Pembunuhan Mousavi diklaim oleh kelompok militan Jaish Al-Adl, yang mengatakan mereka berjuang untuk kemerdekaan Sistan dan Balochistan dan hak-hak yang lebih besar bagi orang-orang Baloch, yang merupakan kelompok etnis utama di provinsi tersebut.

Rekaman yang muncul dari Zahedan menunjukkan orang-orang membawa pengunjuk rasa yang tewas dan terluka di tengah tembakan senjata berat. Pemerintah provinsi mengatakan 19 orang tewas dalam bentrokan tersebut. Kantor berita lokal Haal-e Vash melaporkan jumlah kematian setidaknya 36, ​​dengan puluhan lainnya terluka.

Internet telah diblokir dan jaringan seluler sebagian besar ditutup di kota dan daerah sekitarnya sejak Jum'at - data dari pengawas Netblocks menunjukkan - dengan penduduk kota-kota tetangga mengatakan mereka tidak dapat menghubungi kerabat mereka.

Mohammad Zia, seorang penjaga toko di Taftan, sebuah kota di perbatasan Iran dengan Pakistan sekitar 90 kilometer dari Zahedan, mengatakan kepada Arab News bahwa ada kemungkinan untuk menemukan sinyal seluler yang “lemah” di beberapa bagian Taftan.

“Namun layanan internet masih dihentikan di seluruh wilayah Sistan dan Balochistan,” katanya.

Kematian kepala intelijen IRGC provinsi merupakan eskalasi besar dalam demonstrasi anti-pemerintah yang dimulai pada pertengahan September, dipicu oleh kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun saat dia ditahan oleh polisi moral Iran.

Demonstrasi nasional telah menjadi manifestasi terbesar dari perbedaan pendapat terhadap pemerintah Iran dalam lebih dari satu dekade. Ribuan demonstran dan aktivis sipil telah ditangkap.

Pada hari Jum'at, setidaknya 83 pengunjuk rasa telah dibunuh oleh pasukan keamanan, terutama di provinsi Mazandaran, Gilan, Azerbaijan Barat, Kermanshah, Kurdistan, Alborz, dan ibukota Teheran, menurut organisasi Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Norwegia. Jumlah itu belum termasuk mereka yang tewas dalam unjuk rasa di Zahedan. (AN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X

Rabu, 30/11/2022 16:56

Urgensi Literasi di Era Ghazwul Fikri