Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.095 views

Tukar Tahanan, Rusia Bebaskan Pebasket AS Brittany Griner Sebagai Ganti Pedagang Senjata Victor Bout

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) -  Rusia hari Kamis (8/12/2022) melakukan pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat melalui perantara Uni Emirat Arab. Pedagang senjata Rusia Viktor Bout, dikenal luas di luar negeri sebagai "Pedagang Maut" yang memicu beberapa konflik terburuk di dunia, ditukar dengan bintang WNBA Brittney Griner.

Namun, di Rusia, Bout dipandang sebagai pengusaha petualang yang dipenjara secara tidak adil setelah operasi penyerangan AS yang terlalu agresif.

Film Nicolas Cage tahun 2005 "Lord of War" secara longgar didasarkan pada Bout, seorang mantan perwira angkatan udara Soviet yang konon mendapatkan ketenaran dengan memasok senjata untuk perang saudara di Amerika Selatan, Timur Tengah, dan Afrika. Kliennya dikatakan termasuk Charles Taylor dari Liberia, pemimpin lama Libya Muammar Khadafi dan kedua belah pihak dalam perang saudara Angola.

Pada hari Kamis, AS dan Rusia mengumumkan bahwa Griner telah ditukar dengan Bout, dan dia akan pulang.

Rusia telah mendesak pembebasan Bout selama bertahun-tahun dan ketika spekulasi tumbuh tentang kesepakatan semacam itu, majelis tinggi parlemen membuka pajangan lukisan yang dia buat di penjara – yang subjeknya berkisar dari diktator Soviet Josef Stalin hingga anak kucing.

Pertunjukan seninya menggarisbawahi kompleksitas Bout. Meskipun dalam bisnis berdarah, pria berusia 55 tahun itu adalah seorang vegetarian dan penggemar musik klasik yang konon berbicara dalam enam bahasa.

Bahkan mantan hakim federal yang menghukumnya pada tahun 2011 menganggap 11 tahun di balik jeruji besi adalah hukuman yang memadai.

"Dia telah melakukan cukup waktu untuk apa yang dia lakukan dalam kasus ini," kata Shira A. Scheindlin kepada The Associated Press pada bulan Juli karena prospek pembebasannya tampaknya meningkat.

Griner, yang ditangkap di Bandara Sheremetyevo Moskow pada Februari setelah tabung vape berisi minyak ganja ditemukan di kopernya, dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara pada Agustus. Washington memprotes hukumannya sebagai tidak proporsional, dan beberapa pengamat menyatakan bahwa menukar pedagang senjata dengan seseorang yang dipenjara karena sejumlah kecil narkoba akan menjadi kesepakatan yang buruk.

Bout dihukum pada tahun 2011 atas tuduhan terorisme. Jaksa mengatakan dia siap menjual hingga $20 juta senjata, termasuk rudal darat-ke-udara untuk menembak jatuh helikopter AS. Ketika mereka mengajukan tuntutan pada hukumannya tahun 2012, Bout berteriak: "Itu bohong!"

Bout dengan tegas menyatakan tidak bersalah, menggambarkan dirinya sebagai pengusaha sah yang tidak menjual senjata.

Sanksi PBB terhadap Bout sejak 2001

Kasus Bout sangat cocok dengan narasi Moskow bahwa Washington berusaha menjebak dan menindas orang Rusia yang tidak bersalah dengan alasan yang lemah.

“Dari kasus Bout yang bergema, 'perburuan' nyata oleh orang Amerika untuk warga Rusia di seluruh dunia telah terungkap,” tulis surat kabar pemerintah Rossiiskaya Gazeta tahun lalu.

Rusia semakin mengutip kasusnya sebagai masalah hak asasi manusia. Istri dan pengacaranya mengklaim kesehatannya memburuk di lingkungan penjara yang keras di mana orang asing tidak selalu berhak mendapatkan istirahat yang mungkin diterima orang Amerika.

Bout dijadwalkan untuk dibebaskan hingga tahun 2029. Dia ditahan di fasilitas keamanan menengah di Marion, Illinois.

"Dia mendapat kesepakatan yang sulit," kata Scheindlin, pensiunan hakim, mencatat operasi penyengat AS "memasukkan kata-kata ke mulutnya" sehingga dia mengatakan dia sadar orang Amerika bisa mati karena senjata yang dia jual untuk memerlukan peningkatan terorisme itu akan memaksakan hukuman penjara yang lama, jika bukan hukuman seumur hidup.

Scheindlin memberi Bout hukuman minimal 25 tahun wajib tetapi mengatakan dia melakukannya hanya karena itu diperlukan.

Pada saat itu, pengacaranya mengklaim bahwa AS menargetkan Bout secara balas dendam karena merasa malu karena perusahaannya membantu mengirimkan barang ke kontraktor militer Amerika yang terlibat dalam perang di Irak.

Pengiriman terjadi meskipun sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa diberlakukan terhadap Bout sejak 2001 karena reputasinya sebagai pedagang senjata ilegal yang terkenal kejam.

Jaksa mendesak Scheindlin untuk menjatuhkan hukuman seumur hidup, mengatakan bahwa jika Bout benar menyebut dirinya tidak lebih dari seorang pengusaha, "dia adalah seorang pengusaha dari tatanan paling berbahaya."

 

Bisnis Bout diperkirakan bernilai sekitar $6 miliar pada Maret 2008 ketika dia ditangkap di Bangkok, Thailand. Otoritas AS menipunya untuk meninggalkan Rusia untuk apa yang dia pikir adalah pertemuan tentang kesepakatan bisnis untuk mengirimkan apa yang digambarkan oleh jaksa penuntut sebagai "gudang senjata yang menakjubkan - termasuk ratusan rudal permukaan-ke-udara, senapan mesin, dan senapan sniper - 10 juta butir amunisi dan lima ton bahan peledak plastik.”

Dia ditahan di sebuah hotel mewah di Bangkok setelah percakapan dengan informan operasi penyengat Drug Enforcement Administration (DEA) yang berperan sebagai pejabat Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, juga dikenal sebagai FARC. Kelompok itu telah diklasifikasikan oleh Washington sebagai kelompok teroris narkotik.

Dia dibawa ke AS pada November 2010.

Moniker "Pedagang Kematian" melekat pada Bout oleh seorang pejabat tinggi di Kementerian Luar Negeri Inggris. Julukan itu dimasukkan dalam dakwaan pemerintah AS terhadap Bout. (AP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Turki Umumkan Keadaan Darurat 3 Bulan Di Provinsi Yang Dilanda Gempa

Turki Umumkan Keadaan Darurat 3 Bulan Di Provinsi Yang Dilanda Gempa

Selasa, 07 Feb 2023 21:15

UBN Roadshow Dakwah Quran Di Sumbar, Gubernur Dan Wagub Turut Hadir

UBN Roadshow Dakwah Quran Di Sumbar, Gubernur Dan Wagub Turut Hadir

Selasa, 07 Feb 2023 21:00

20 Napi Islamic State Kabur Dari Penjara Setelah Gempa Dahsyat Di Suriah

20 Napi Islamic State Kabur Dari Penjara Setelah Gempa Dahsyat Di Suriah

Selasa, 07 Feb 2023 20:34

Persatuan Ulama Muslim Internasional Serukan Bantuan Mendesak Untuk Turki Dan Suriah

Persatuan Ulama Muslim Internasional Serukan Bantuan Mendesak Untuk Turki Dan Suriah

Selasa, 07 Feb 2023 20:00

3.432 Orang Tewas 21.103 Lainnya Terluka Akibat Gempa Kuat Yang Mengguncang Selatan Turki

3.432 Orang Tewas 21.103 Lainnya Terluka Akibat Gempa Kuat Yang Mengguncang Selatan Turki

Selasa, 07 Feb 2023 19:35

Utang Menggunung, Negara Kapitalis tak akan Mampu Membendung

Utang Menggunung, Negara Kapitalis tak akan Mampu Membendung

Selasa, 07 Feb 2023 15:36

Sekulerisme  Menggurita, Perempuan dan Anak-anak dalam Bahaya

Sekulerisme Menggurita, Perempuan dan Anak-anak dalam Bahaya

Selasa, 07 Feb 2023 14:52

Memanah Adalah Olah Raga Tertua Rekomendasi Nabi Muhammad

Memanah Adalah Olah Raga Tertua Rekomendasi Nabi Muhammad

Selasa, 07 Feb 2023 11:14

Qatar Akan Kirim 10.000 Rumah Mobil Untuk Korban Gempa Dahsyat Di Turki Dan Suriah

Qatar Akan Kirim 10.000 Rumah Mobil Untuk Korban Gempa Dahsyat Di Turki Dan Suriah

Selasa, 07 Feb 2023 00:05

Sudah 500 Lebih Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Besar Di Turki Dan Suriah

Sudah 500 Lebih Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Besar Di Turki Dan Suriah

Senin, 06 Feb 2023 17:35

Muhammadiyah Sidoarjo Siapkan Makanan Gratis Peserta Seabad NU

Muhammadiyah Sidoarjo Siapkan Makanan Gratis Peserta Seabad NU

Senin, 06 Feb 2023 16:22

Sedikitnya 176 Orang Tewas Akibat Gempa Bumi Yang Mengguncang Suriah Dan Turki

Sedikitnya 176 Orang Tewas Akibat Gempa Bumi Yang Mengguncang Suriah Dan Turki

Senin, 06 Feb 2023 13:17

Blokade Israel Sebabkan Peningkatan Angka Kanker Di Gaza

Blokade Israel Sebabkan Peningkatan Angka Kanker Di Gaza

Senin, 06 Feb 2023 11:35

Laporan: Iran Sewa Geng Kriminal Untuk Bunuh Pembangkang Di Luar Negeri

Laporan: Iran Sewa Geng Kriminal Untuk Bunuh Pembangkang Di Luar Negeri

Senin, 06 Feb 2023 10:23

Kepala Wagner: Pertempuran Sengit Sedang Berlangsung Di Utara Kota Bakhmut

Kepala Wagner: Pertempuran Sengit Sedang Berlangsung Di Utara Kota Bakhmut

Ahad, 05 Feb 2023 21:48

Pervez Musharraf – Orang Yang Bantu AS Menginvasi Afghanistan Meninggal Setelah Sakit Berkepanjangan

Pervez Musharraf – Orang Yang Bantu AS Menginvasi Afghanistan Meninggal Setelah Sakit Berkepanjangan

Ahad, 05 Feb 2023 20:29

Cina Marah Balon Mata-matanya Ditembak Jatuh AS

Cina Marah Balon Mata-matanya Ditembak Jatuh AS

Ahad, 05 Feb 2023 15:55

Pelaku Pemerkosaan Anak, Bukti Sistem Sekuler Merusak

Pelaku Pemerkosaan Anak, Bukti Sistem Sekuler Merusak

Ahad, 05 Feb 2023 13:22

Jalan Panjang Larangan LGBT di Negeri Muslim

Jalan Panjang Larangan LGBT di Negeri Muslim

Ahad, 05 Feb 2023 09:20


MUI

Must Read!
X