Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.213 views

3.432 Orang Tewas 21.103 Lainnya Terluka Akibat Gempa Kuat Yang Mengguncang Selatan Turki

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Sedikitnya 3.432 orang tewas dan 21.103 lainnya luka-luka di 10 provinsi Türki setelah dua gempa kuat pada Senin (6/2/2023) mengguncang bagian selatan negara itu, kata badan bencana pada Selasa (7/2/2023).

Senin dini hari, gempa berkekuatan 7,7 melanda distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras, kemudian sekitar sembilan jam kemudian, gempa berkekuatan 7,6 yang berpusat di distrik Elbistan Kahramanmaras mengguncang wilayah tersebut, memengaruhi beberapa provinsi lain, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay , Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Gempa juga dirasakan di beberapa negara di kawasan, termasuk Libanon dan Suriah.

Jumlah total personel pencarian dan penyelamatan yang ditugaskan di wilayah tersebut adalah 25.693, jumlah kendaraan 360, dan jumlah peralatan konstruksi 3.361, kata Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) dalam sebuah pernyataan.

Sebagai hasil negosiasi dengan Kementerian Luar Negeri Turki, sebanyak 2.769 personel dari 65 negara dikirim ke daerah bencana, tambahnya.

Wakil Presiden Fuat Oktay mengatakan sejauh ini lebih dari 8.000 orang telah diselamatkan dari puing-puing.

Dia menambahkan, total 380.500 korban telah ditampung di asrama Kemendiknas dan Kemenpora.

Sedikitnya 312 gempa susulan tercatat sejak dua gempa besar itu, tambahnya.

Sebanyak 3.294 personel SAR mencapai Türki dari 14 negara, termasuk Azerbaijan dan Rusia, kata wakil presiden.

"Kami mengirim lebih dari 1.600 tim SAR tambahan, baik dari luar negeri maupun dari kami sendiri, ke Hatay," katanya.

Oktay juga mengumumkan bahwa mulai pukul 11.00 waktu setempat, pintu masuk kendaraan ke Hatay, Kahramanmaras, dan Adiyaman dihentikan selama 48 jam, kecuali bagi mereka yang melakukan pengiriman terkait bencana.

Sebanyak 5.775 bangunan runtuh, kata Orhan Tatar, direktur umum gempa bumi dan pengurangan risiko di AFAD.

Tatar mengatakan area dampak gempa mencakup sekitar 110.000 kilometer persegi.

Sekitar 13,5 juta warga terkena dampak langsung gempa tersebut, kata Menteri Lingkungan Hidup, Urbanisasi, dan Perubahan Iklim Murat Kurum.

'Bencana terbesar' sejak gempa Erzincan 1939

Türki mengamati tujuh hari berkabung nasional setelah gempa bumi yang mematikan.

Semua acara olahraga nasional di Türki telah ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut, dan semua sekolah di Türki akan ditutup hingga 13 Februari.

Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Senin mengatakan bahwa dengan gempa tersebut, Türki diguncang oleh "bencana terbesar" sejak gempa bumi Erzincan tahun 1939 di abad terakhir.

"Negara kami telah mengambil tindakan dengan semua lembaganya sejak gempa. Semua sumber daya telah dikerahkan," katanya di kantor AFAD di ibu kota Ankara, tempat ia mengoordinasikan pekerjaan penyelamatan dan bantuan.

Erdogan juga meminta bangsa untuk "satu hati," dengan mengatakan: "Saya harap kita akan meninggalkan hari-hari bencana ini dalam persatuan dan solidaritas sebagai negara dan bangsa."

Setelah gempa bumi awal, "koridor bantuan udara" dibuat oleh Angkatan Bersenjata Turki untuk mengirimkan tim pencarian dan penyelamatan ke wilayah tersebut.

Sejumlah besar pesawat angkut, termasuk A-400M, mengirim tim SAR dan kendaraan ke wilayah tersebut. Pesawat ambulans juga menggunakan koridor bantuan udara.

Selain itu, penerbangan dua drone tempur Akinci, yang ditugaskan untuk mengoordinasikan pekerjaan di daerah bencana, terus berlanjut.

Selain tim penyelamat, selimut, tenda, makanan, dan tim dukungan psikologis juga dikirim ke wilayah tersebut.

Setelah gempa bumi, belasungkawa mengalir dari seluruh dunia untuk mengungkapkan solidaritas dengan Türki, dengan banyak negara mengirimkan tim penyelamat dan bantuan. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X