Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.928 views

Polisi Dan Muslim Hui Bentrok Di Yunnan Cina Terkait Penghancuran Kubah Masjid

YUNNAN, CINA (voa-islam.com) - Polisi di provinsi Yunnan, Cina barat daya, telah menahan lebih dari 30 orang menyusul bentrokan selama akhir pekan antara ratusan polisi bersenjata dan Muslim Hui yang berusaha mencegah penghancuran kubah dan menara di sebuah masjid besar.

Pihak berwenang di kota Nagu yang sebagian besar Muslim mulai menangkap orang-orang karena pelanggaran ketertiban umum setelah bentrokan pada hari Sabtu, ketika tim penghancur pemerintah merobohkan menara dan kubah Masjid Najiaying yang bersejarah.

Ini adalah bagian dari "sinisasi" agama di bawah Presiden Xi Jinping yang mengantarkan tindakan keras nasional terhadap kegiatan dan tempat keagamaan Muslim, Kristen, dan Budha Tibet pada tahun 2017.

Masjid, yang dijalankan oleh Muslim Hui, baru-baru ini memperluas menara dan kubahnya, sebuah langkah yang dinyatakan ilegal oleh pengadilan setempat, al-Jazeera melaporkan, di tengah kekhawatiran bahwa bentrokan lebih lanjut kemungkinan terjadi ketika pihak berwenang bergerak untuk menghancurkan sebuah kubah di dekat Shadian, Jum'at.

Rekaman media sosial yang diposting oleh pengguna Twitter Ismail Ma menunjukkan ratusan polisi dengan perlengkapan anti huru hara membentuk blokade di luar gerbang masjid pada hari Sabtu. Mereka mencegah anggota masyarakat untuk masuk, dengan beberapa anggota kerumunan mencoba mendorong barisan petugas dan melemparkan apa yang tampak seperti lempengan paving ke arah polisi di tengah teriakan marah.

Dalam klip lain, massa berhadapan dengan barisan polisi anti huru hara di jalan kota, meneriakkan "Allahu Akbar," menurut Ma.

"Menurut video langsung yang diperoleh sejauh ini, ada banyak polisi berpakaian preman yang berbaur di tengah masyarakat," cuit Ma. "Ada orang non-lokal di sekitar yang bukan Muslim, dan aksennya bukan lokal, jadi hati-hati dengan ... plot dan pembingkaian."

Seorang petugas yang menjawab telepon di departemen kepolisian daerah Nagu menolak berkomentar ketika dihubungi oleh Radio Free Asia pada hari Senin.

“Saya tidak tahu tentang ini – Anda harus menunggu pengumuman resmi,” kata petugas itu.

‘Mengganggu ketertiban sosial’

Pada hari Ahad, jaksa penuntut dan polisi Tonghai mengeluarkan pernyataan bersama yang meminta siapa pun yang terlibat dalam bentrokan untuk menyerahkan diri, dengan mengatakan mereka telah "secara serius mengganggu tatanan sosial."

Siapa pun yang melakukannya pada 6 Juni dan memberikan pengakuan yang jujur akan ditangani dengan lebih lunak, kata pernyataan itu, menyerukan orang lain untuk memberi tahu sesama pengunjuk rasa untuk mendapatkan hukuman yang lebih ringan.

Seorang warga Muslim Hui di Yunnan yang hanya memberikan nama keluarga Yang mengatakan pihak berwenang telah menghancurkan kubah masjid di seluruh wilayah tersebut dalam beberapa tahun terakhir, merujuk pada program "sinisasi" di bawah Xi.

"Islam di Cina harus dide-Arabisasi," kata Yang. "Ini benar-benar jahat - tidak ada kebebasan beragama sama sekali."

Wlodek Cieciura, asisten profesor di departemen Sinologi, Islam dan Muslim di Tiongkok dan Dunia Sinofon di Universitas Warsawa, mengatakan melalui Twitter bahwa masjid Nanjiaying pernah menjadi pusat pembelajaran dan budaya Islam paling terkenal di Cina.

Dia menambahkan bahwa "situasi di kota Shadian, sekitar 90 km ke selatan dikatakan lebih parah."

Cieciura mengutip seorang teman Hui yang mengatakan bahwa Shadian dan Najiaying adalah "benteng terakhir martabat Muslim Tionghoa," dan "Ini mungkin pendirian terakhir kami."

Shadian melihat perlawanan besar di kalangan Muslim Hui terhadap Revolusi Kebudayaan yang menghancurkan tempat-tempat keagamaan dan artefak di bawah mendiang pemimpin tertinggi Mao Zedong, mengalami pembantaian besar-besaran pada tahun 1975, kata Cieciura, menambahkan bahwa ada rencana serupa untuk "merenovasi" Masjid Shadian pada bulan Juni.

Menargetkan gereja juga

Seorang pemeluk Kristen dari provinsi timur Anhui yang hanya memberikan nama belakang Wang mengatakan program "sinisasi" sebelumnya menargetkan salib gereja di seluruh negeri dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di provinsi timur Zhejiang.

"Mereka telah menghapus hampir semua salib dari gereja sekarang, dan sekarang mereka beralih ke agama lain," kata Wang. “Penghapusan kubah dari masjid mirip dengan penghapusan salib.”

"Mereka bergerak untuk meralat agama selain Kristen," katanya.

Dalam tweet 27 Mei, Ciekura mengutip komentar dari umat Islam di media sosial sebagai "menyatakan kesiapan mereka untuk mempertahankan masjid sampai akhir."

Gerakan perlawanan Shadian meletus pada tahun 1964 sebagai tanggapan atas perburuan penyihir politik nasional yang menargetkan penganut agama, dan berlanjut hingga setidaknya tahun 1975, yang berpuncak pada pembantaian sekitar 1.600 Muslim dalam kekerasan yang dituduhkan pemerintah kepada mantan perdana menteri Lin Biao yang dipermalukan, dan kemudian di Gang of Four.

Partai Komunis Tiongkok yang ateis menganggap kepercayaan agama sebagai impor asing yang berbahaya yang dapat menggoyahkan rezim, dan mengerahkan pasukan pejabat “urusan agama” untuk mengelola mikro dan menekan organisasi keagamaan di seluruh negeri. (RFA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X