Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.413 views

Intelijen AS Klaim Iran Akan Serang Tanah Israel Dalam Waktu 24 Hingga 48 Jam Ke Depan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Iran dapat melancarkan serangan ke tanah Israel dalam waktu 24 hingga 48 jam ke depan, Wall Street Journal pada hari Jum'at (12/4/2024) mengutip pernyataan seorang pejabat AS, mengutip laporan intelijen Amerika.

Israel berada dalam kewaspadaan tinggi di tengah berbagai ancaman dan penilaian intelijen bahwa Iran akan melancarkan serangan terhadap sasaran-sasaran Israel dalam upaya membalas serangan udara tanggal 1 April terhadap gedung konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, yang menewaskan beberapa komandan Korps Garda Revolusi Syi'ah Iran (IRGC), termasuk dua jenderal.

Baik Teheran maupun Damaskus menyalahkan Israel atas serangan tersebut dan bersumpah akan membalas dendam, meskipun Yerusalem belum mengomentari masalah tersebut.

Seorang pejabat AS yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada WSJ bahwa laporan intelijen Amerika sekarang menunjukkan serangan balasan Iran dalam beberapa hari, “mungkin di wilayah Israel” dibandingkan dengan kepentingan Israel di tempat lain.

Dia mengatakan serangan itu bisa terjadi dalam 24 hingga 48 jam ke depan, dan Israel sedang mempersiapkan kemungkinan serangan terhadap Israel selatan atau utara.

Namun, laporan yang sama juga mengutip seseorang yang diberi pengarahan oleh pimpinan Iran yang mengatakan bahwa belum ada keputusan akhir yang diambil oleh Teheran.

Menurut laporan tersebut, yang mengutip seorang penasihat IRGC, pada awal pekan ini, Garda Revolusi memberikan beberapa opsi kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatola Ali Kamenei untuk menyerang kepentingan Israel.

Dikatakan bahwa salah satu opsi yang ada adalah serangan langsung terhadap Israel dengan rudal jarak menengah yang canggih, katanya.

Postingan yang belum terverifikasi di media sosial dalam beberapa hari terakhir menunjukkan ancaman Iran berupa simulasi serangan terhadap sasaran di Israel termasuk fasilitas nuklir di Dimona dan bandara kecil di Haifa, yang hanya mengoperasikan penerbangan ke Siprus.

Namun Kamenei belum memutuskan rencana tersebut. Dia khawatir serangan langsung bisa menjadi bumerang jika proyektil dicegat dan Israel membalas dengan pembalasan besar-besaran terhadap infrastruktur strategis Iran, Journal melaporkan.

“Rencana serangan ada di hadapan Pemimpin Tertinggi dan dia masih mempertimbangkan risiko politiknya,” kata penasihat tersebut kepada WSJ.

Ketegangan seputar potensi serangan Iran terhadap Israel nampaknya mencapai puncaknya pada hari Kamis ketika militer Israel mengatakan pihaknya sepenuhnya siap menghadapi serangan yang akan datang dan ketika banyak aktor internasional memperingatkan Teheran agar tidak melakukan serangan besar terhadap negara Yahudi tersebut.

Israel “dalam keadaan siaga dan sangat siap menghadapi berbagai skenario, dan kami terus menilai situasinya,” klaim Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari pada konferensi pers.

“Kami siap menyerang dan bertahan dengan menggunakan berbagai kemampuan yang dimiliki IDF, dan juga siap dengan mitra strategis kami,” ujarnya merujuk pada Kepala Komando Pusat AS (CENTCOM) Jenderal Michael Kurilla yang tiba di Israel pada Kamis pagi untuk mengadakan penilaian dengan Kepala Staf IDF Letjen Herzi Halevi mengenai tantangan keamanan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant juga berbicara dengan timpalannya dari Amerika Lloyd Austin pada Kamis malam, menurut pernyataan Pentagon yang mengatakan Menteri Pertahanan tersebut menekankan “dukungan kuat AS terhadap pertahanan Israel dalam menghadapi meningkatnya ancaman dari Iran dan proksi regionalnya.”

“Menteri Austin meyakinkan Menteri Gallant bahwa Israel dapat mengandalkan dukungan penuh AS untuk membela Israel dari serangan Iran, yang secara terbuka diancam oleh Teheran,” tambah pembacaan tersebut.

Menurut kantor Gallant, dia mengatakan kepada Austin bahwa “Serangan langsung Iran akan memerlukan tanggapan Israel yang tepat terhadap Iran.”

Namun, Washington Post juga melaporkan bahwa Austin mengeluh kepada Gallant bahwa Washington tidak diberitahu sebelum serangan udara 1 April.

Para pejabat AS yang dikutip dalam laporan tersebut mengatakan keluhan Austin didasarkan pada fakta bahwa serangan tersebut meningkatkan risiko bagi pasukan Amerika di wilayah tersebut.

Juga pada hari Jum'at, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken meminta Beijing menggunakan pengaruhnya untuk mencegah Iran menyerang Israel, selama panggilan telepon dengan mitranya dari Cina, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Wang Yi, diplomat utama Cina, juga mendesak AS untuk mengambil “peran konstruktif” di Timur Tengah selama pembicaraan telepon dengan Blinken, menurut pernyataan AS.

Amerika Serikat telah berulang kali mengajukan permohonan kepada Cina agar berbuat lebih banyak untuk mengatasi krisis ini, termasuk melalui tekanan terhadap Iran

Sedangkan Amerika Serikat mengatakan mereka telah membatasi karyawannya di Israel dan anggota keluarga mereka untuk melakukan perjalanan pribadi ke luar wilayah Tel Aviv, Yerusalem, dan Beersheba di tengah ancaman Iran “untuk sangat berhati-hati.”

Prancis pada hari Jum'at juga memperingatkan warganya untuk “menahan diri dari perjalanan dalam beberapa hari mendatang ke Iran, Libanon, Israel dan wilayah Palestina,” kata rombongan Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne kepada AFP.

Dalam sebuah pernyataan di X, Kementerian Luar Negeri Prancis menambahkan bahwa keluarga diplomat yang berbasis di Iran akan kembali ke Prancis dan pegawai negeri Prancis kini dilarang melakukan misi apa pun di Iran, Libanon, Israel, dan wilayah Palestina.

Tampaknya berupaya untuk meredakan konflik, sumber-sumber Iran mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis bahwa Teheran telah memberi isyarat kepada Washington bahwa mereka akan merespons dengan cara yang bertujuan untuk menghindari eskalasi besar dan tidak akan bertindak tergesa-gesa.

Pesan Iran kepada Washington disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian selama kunjungan pada hari Ahad ke negara Teluk Arab, Oman, yang sering bertindak sebagai perantara antara Teheran dan Washington, kata sumber tersebut.

Seorang juru bicara Gedung Putih menolak berkomentar. Sebuah sumber yang akrab dengan intelijen AS tidak mengetahui pesan yang disampaikan melalui Oman namun mengatakan bahwa Iran “sudah sangat jelas” bahwa tanggapannya terhadap serangan terhadap kompleks kedutaan besarnya di Damaskus akan “dikendalikan” dan “tidak meningkat” serta direncanakan “untuk menggunakan proxy regional untuk melancarkan sejumlah serangan terhadap Israel.”

Para pejabat Israel dan AS di berbagai lembaga telah melakukan kontak selama beberapa hari terakhir untuk mempersiapkan serangan yang mereka yakini akan segera terjadi, dan kunjungan Kurilla ke wilayah tersebut merupakan bukti kerja sama terbaru antara kedua negara dalam menghadapi ancaman Iran.

“Hubungan strategis kami dengan angkatan bersenjata AS kuat dan erat,” kata Hagari kepada pers,” seraya menambahkan bahwa “serangan dari wilayah Iran akan menjadi bukti nyata niat Iran untuk memperburuk situasi di Timur Tengah, dan berhenti bersembunyi di belakang proxy.”

IDF akan “mengetahui cara beroperasi di mana pun diperlukan,” kata Hagari, seraya menambahkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, mereka telah “meningkatkan dan menyempurnakan” kemampuan serangannya.

Namun, dia menekankan bahwa meskipun lembaga pertahanan bersiap menghadapi apa yang menurut perkiraan laporan intelijen akan menjadi serangan yang dilancarkan oleh Iran sendiri atau oleh proksi regionalnya, instruksi yang dikeluarkan kepada publik tidak berubah.

“Kami memiliki kemampuan pertahanan [udara] berlapis yang telah membuktikan dirinya di tengah perang, dengan ribuan intersepsi yang berhasil,” katanya. “Tetapi pertahanan tidak akan pernah kaku,” lanjutnya, seraya menambahkan bahwa warga sipil harus terus mengikuti pedoman Komando Depan Dalam Negeri yang sudah ada dan tidak berubah serta tetap waspada.

“Kami bersiap dan siap, waspada tinggi, bertahan dan menyerang,” tambahnya.

Meskipun Hagari menekankan bahwa tidak ada perubahan terhadap instruksi Komando Front Dalam Negeri, lembaga penyiaran publik Kan melaporkan pada Kamis malam bahwa badan pertahanan sipil militer telah menginstruksikan kota-kota di seluruh negeri untuk bersiap menghadapi serangan dan memastikan bahwa tempat penampungan umum layak untuk digunakan sekaligus menyatakan warga tidak perlu panik.

Belum ada konfirmasi resmi atas laporan tersebut.

Selain AS, negara-negara lain termasuk Prancis, Jerman, Inggris, dan Rusia. juga mendesak Iran untuk bertindak menahan diri.

Iran, pada hari Kamis, mengklaim bahwa “keharusan” untuk membalas serangan terhadap kompleks kedutaan besarnya mungkin dapat dihindari jika Dewan Keamanan PBB mengutuk serangan tersebut.

“Seandainya Dewan Keamanan PBB mengutuk tindakan agresi tercela rezim Zionis terhadap lokasi diplomatik kami di Damaskus dan kemudian mengadili para pelakunya, maka keharusan bagi Iran untuk menghukum rezim jahat ini mungkin bisa dihindarkan,” tulis misi Teheran untuk PBB. di X, sebelumnya Twitter. (TOI/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X