Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.772 views

Prinsip Islam (45) : Kewajiban Menasihati Ulil Amri

Kita meyakini adanya kewajiban menasihati ulil amri (pemimpin umat Islam) dan tetap komitmen mentaati mereka, selama tidak memerintahkan kemaksiatan dan selama mereka menegakkan kitabullah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menerangkan tentang kewajiban menasihati ulil amri dalam sabdanya:

الدِّينُ النَّصِيحَةُ قُلْنَا لِمَنْ قَالَ لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ

"Agama itu nasihat." Kami bertanya, "Untuk siapa?" Beliau menjawab, "Untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, dan untuk pemimpin kaum muslimin serta kaum muslimin pada umumnya." (HR. Muslim dari Tamim al-Daari)

Bentuk menasihati ulil amri adalah dengan menolongnya dan mentaati mereka dalam kebenaran serta mengajaknya kepada kebenaran. Mengingatkan mereka dengan lemah lembut dan memberitahu mereka tentang kalalaian dan keteledoran terhadap hak-hak rakyat serta menyampaikan kepada mereka akan hak-hak rakyat yang belum diketahuinya. Bentuk lainnya adalah dengan tidak memberontak terhadap mereka dan menyatukan hati-hati manusia untuk mentaati mereka.

Bentuk menasihati ulil amri adalah dengan menolongnya dan mentaati mereka dalam kebenaran serta mengajaknya kepada kebenaran. . .

Tentang kewajiban mentaati mereka selama tidak dalam kemaksiatan dan selama mereka menegakkan kitabullah diterangkan oleh firman Allah Ta'ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu." (QS. An-Nisa': 59) Ayat yang mulia ini mewajibkan untuk taat kepada ulil amri, tetapi bukan ketaatan yang mutlak, namun ketaatan dalam kerangka Al-Qur'an dan Sunnah. Karena ayat tersebut menyebutkan berulang kata Tha'ah (ketaatan) kepada Rasul dan tidak menyebutkan berulang kata Tha'ah (ketaatan) kepada ulil amri. Hal ini menunjukkan bahwa ketaatan kepada mereka tidak mutlak, tetapi dalam batas ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya atau ketaatan mereka mengikuti ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

اسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَإِنْ اسْتُعْمِلَ عَلَيْكُمْ عَبْدٌ حَبَشِيٌّ كَأَنَّ رَأْسَهُ زَبِيبَةٌ

"Dengar dan taatilah, meskipun yang memimpinmu seorang budak dari Habsyi yang kepalanya seperti anggur." (HR. Al-Bukhari dari Anas bin Malik) dalam riwayat Ahmad dari Ummul Hushain al-Ahmasiyyah terdapat tambahan,     مَا أَقَامَ فِيكُمْ كِتَابَ اللَّهِ  "Selama ia menegakkan kitabullah di tengah-tengah kalian."

Dengar dan taatilah, meskipun yang memimpinmu seorang budak dari Habsyi yang kepalanya seperti anggur. Selama ia menegakkan kitabullah di tengah-tengah kalian. (al-Hadits)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda, "Bagi seseorang wajib mendengar dan taat dalam masalah yang ia senangi dan benci, kecuali diperintah bermaksiat. Apabila diperintah kepada kemaksiatan maka tidak boleh mendengar dan tidak boleh taat." (Muttafaq 'alaih)

Tentang kewajiban menolong dan membela ulil amri dalam menghadapi para pemberontaknya ditunjukkan oleh sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, "Barangsiapa yang telah membaiat seorang imam dan telah memberikan janji dan kepercayaan kepadanya maka hendaknya ia mentaatinya semampunya. Dan apabila datang orang lain yang menyelisihi dan melawannya, maka penggallah leher orang yang datang belakangan." (HR. Muslim dari Hadits Abdullah bin Amru bin al-'Ash)

(PurWD/voa-islam.com)

Ditarjamahkan oleh Badrul Tamam dari buku Maa Laa Yasa'u al-Muslima Jahluhu, DR. Abdullah Al-MUshlih dan DR. Shalah al-Shawi.

Tulisan Terkait:

1. Kewajiban Menegakkan Kepemimpinan Islam

2. Ulil Amri Minkum Menolak Syariat Islam, Adakah??

3. Kewajiban Berhukum kepada Syariat Islam

4. Persatuan Umat Hanya di Atas Islam dan Syariatnya

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X