Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.409 views

Konvoi Helikopter Terbesar dalam Sejarah Perang Afghanistan

MARJAH (voa-islam.com) - Armada helikopter yang mengangkut pasukan Barat menuju benteng Taliban dalam operasi Marjah ini adalah konvoi terbesar yang pernah dilakukan di Afghanistan.

Gelombang demi gelombang helikopter mendarat di Helmand pusat, menandai dimulainya serangan besar yang ditujukan untuk menghabisi Taliban.

Dua jam sebelum fajar, Chinooks pertama menyapu rendah di atas ibukota distrik Showal lalu memuntahkan pasukan Inggris, Afghanistan dan pasukan Prancis dengan isyarat "D-Day", tanda dimulainya Operasi Moshtarak.

Pesawat menyapu zona pendaratan Pegasus pada pukul 4 pagi waktu setempat dengan tiga Chinooks berisi pasukan Inggris, Afghanistan dan tentara Prancis.

Pendaratan dua hari lalu itu menandai awal serangan yang melibatkan 15.000 tentara Amerika, Inggris dan pasukan Afghanistan di Marjah dan daerah Nad-e-Ali.

Satu jam sebelum tengah malam pemimpin Afghanistan Presiden Hamid Karzai memberikan persetujuan pribadi untuk operasi ini.

Brigadir James Cowan, komandan dari brigade Light 11, dalam pidato menjelang pertempuran mengatakan kepada anak buahnya bahwa operasi ini "jelas untuk menghapuskan Taliban dari persembunyian aman mereka di pusat Helmand".

...operasi ini untuk menghapuskan Taliban dari persembunyian aman mereka di pusat Helmand...

"Ke mana kita pergi, kita akan tinggali. Di mana kita tinggal, kita akan membangun," katanya kepada pasukannya di Camp Bastion.

"Beberapa hari setelah ini akan berbahaya setiap saat".

"Bagi mereka yang tidak mau menjabat tangan kita, mereka menerima kepalan kita. Mereka akan dikalahkan".

"Saya berharap kalian berhasil dan mendapat keberuntungan yang terbaik."

Serangan Lintas Udara ini menandai serangan udara terbesar sejak Perang Teluk pertama pada tahun 1991.

Armada helikopter yang digunakan termasuk 11 Chinooks, empat Blackhawks Amerika, delapan helikopter Apache, tiga Griffin Merlin dan empat helikopter tempur.

Dalam praoperasi pasukan dibriefing dan diberitahu bahwa jika satu pesawat tertembak jatuh, itu tidak berarti "misi batalkan" tetapi bahwa mereka harus siap untuk perencanaan lain.

Nad utara sektor Ali, telah berada di bawah kekuasaan Taliban selama beberapa tahun. Akan sulit bagi pasukan Barat merebutnya.

Daerah Helmand di pusat kota ini dianggap sebagai kunci pasukan Barat dalam memenangkan pertempuran melawan di provinsi Helmand.

Selama berminggu-minggu penduduk setempat telah diperingatkan akan terjadinya serangan melalui siaran radio dan selebaran dan diperintahkan untuk tetap tinggal di rumah mereka selama operasi tempur.

Operasi di Marjah ini diberi kode nama "Moshtarak" yang berarti "bersama" dalam bahasa Dari dan untuk pertama kalinya pasukan ISAF akan bekerja bahu-membahu dengan pasukan keamanan Afghanistan.

"Cara untuk mengalahkan Taliban adalah dengan menunjukkan kepada penduduk bahwa mereka menjadi lebih baik dengan pemerintah Afghanistan daripada Taliban tawarkan," sesumbar Mayor Jenderal Carter.

Mampukah pasukan gabungan Barat dan Afghanistan dengan ribuan pasukan ditambah persenjataan canggih menghadapi Taliban dengan senjata seadanya? Tapi, menurut laporan Al-Jazeera beberapa waktu lalu, bagi Taliban perang adalah olahraga mereka sehari-hari, mereka pun sangat menguasai medan pertempuran di wilayahnya masing-masing. Kita tunggu saja siapa pemenang di Marjah ini. [zak/telegraph]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X