Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.349 views

Amburadul DSC Pemilu 2014, Satu Nama Menjadi Caleg Dua Parpol

JAKARTA (voa-islam.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4/2013) merilis nama-nama Daftar Caleg Sementara (DCS) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Setelah melakukan pengecekan, KPU menemukan satu nama Caleg yang diusung dari partai berbeda, yaitu Tabrani Syabirin yang diusung oleh PDI-P dari Dapil Jawa Barat VII dan Partai Gerindra dari Dapil Banten II.

Meskipun namanya sama, namun Tabrani Syabirin mempunyai gelar yang berbeda. Caleg PDIP dari dapil Jabar VII dengan nomor urut 7 bernama Tabrani Syabirin SE, MA, sedangkan Caleg nomor urut 2 dari Dapil Banten II dari Partai Gerindra bernama Tabrani Syabirin LC, MA.

Munculnya nama Caleg Tabrani Syabirin yang maju dari dua partai dan dua Dapil berbeda menimbulkan polemik baru diatara segudang permasalahan yang sudah ada. Hal ini juga makin memperjelas bahwa pelaksanaan dan persiapan Pemilu 2014 sangat amburadul dan tidak dikelola dengan profesional.

Dugaan yang bersangkutan adalah orang yang sama membuat KPU segera mengklarifikasi temuan itu. “Nanti kita verifikasi, jangan-jangan (Tabrani Syabirin -red) mencalonkan diri di dua tempat,” kata komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Rabu (24/4/2013) kepada para wartawan.

Ferry menjelskan bahwa satu orang tidak boleh menjadi Caleg yang diusung oleh dua parpol berbeda. Selain parpol yang berbeda, dengan dapil yang berbeda pula juga lebih tidak dibenarkan. Jika terbukti yang bersangkutan adalah orang yang sama, maka parpol harus memilih Tabrani akan dicalonkan dari parpol apa.

“Kita klarifikasi dan Parpol harus pilih salah satu (jika terbukti satu nama -red),” ucapnya.

Terkait munculnya nama yang sama DCS dari PDI-P dan Partai Gerindra, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Fadli Zon akhirnya memberikan penjelasan. “Tabrani Syabirin adalah salah seorang anggota DPRD Provinsi Banten dari Partai Gerindra. Beliau juga salah satu pengurus DPP Gerindra,” kata Fadli, pada Rabu (24/4/2013).

Dirinya telah menanyakan langsung tentang adanya nama “kembar” di daftar caleg PDI-P dan Gerindra kepada yang bersangkutan. Menurut Fadli, memang ada pendekatan Tabrani ke PDI-P, namun dibatalkan. Untuk itu, dia meminta KPU segera memverifikasi hal tersebut agar tidak terjadi kesalahfahaman.

“Memang sempat ada pembicaraan dengan Pak Rokhmin Dahuri (Ketua DPP PDI-P -red), namun kemudian beliau (Tabrani -red) mengabarkan kembali nyaleg lewat Gerindra. Masih DCS, jadi masih bisa diperbaiki,” tegasnya.

Sementara itu, Sekjen PDI-P Tjahjo Kumolo akan memeriksa kemunculan nama yang sama tersebut. “Akan saya cek dulu,” kata Tjahjo, Rabu (24/4/2013).

Saat ini, Tjahjo belum bisa memberi penjelasan lebih detail mengenai Tabrani Syabirin. Namun dia juga tak terlalu risau. Menurut Tjahjo, jika nanti setelah dicek dan ada masalah terkait nama Tabrani Syabirin, Tjahjo akan membuat perubahan DCS.

“Masih ada waktu buat perubahan nama dan dapil. Berkas ada di PDI Perjuangan, sampai Mei masih bisa berubah,” ujarnya. [Bekti/dbs]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X