Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
41.842 views

Warga Klaten Gagalkan Menteri Katolik Resmikan Gereja Ilegal Griya Samadi

KLATEN (voa-islam.com) – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Purnomo Yusgiantoro yang direncanakan orang-orang Kristen di Klaten untuk meresmikan gereja ilegal Griya Samadi pada hari Selasa (2/7/2013) jam 18.00 WIB akhirnya gagal.

Menteri yang beragama Kristen Katolik tersebut sedianya akan meresmikan gereja ilegal Griya Samadi yang beralamat di dukuh Rejoso Rt. 02/Rw. 06 desa Rejoso kecamatan Jogonalan kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Selain meresmikan gereja ilegal, kedatangan Menhan juga bertujuan untuk mengukuhkan 50 tahun keimaman GREGORIUS UTOMO atau yang lebih akrab disapa Romo Tomo.

Namun, karena respon penolakan terhadap gereja ilegal Griya Samadi milik Romo Tomo begitu keras datang dari masyarakat muslim di Klaten dan khususnya warga muslim di desa Rejoso, maka peresmian Gereja Ilegal yang terbilang nekad itu dipindah ke gereja Maria Assumpta, Semangkak, Klaten Kota.

...HUT, hari ulang tahun pengangkatan imamat GREGORIUS UTOMO atau Romo Tomo yang ke 50 tahun gagal. Peresmian gereja ilegal Griya Samadi di Rejoso oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro juga gagal dan dipindah ke gereja Maria Assumpta Semangkak Klaten...

Hal ini disampaikan Gianto kepada voa-islam.com, Korlap aksi unjuk rasa damai lima ratusan laskar dan umat Islam Klaten serta warga muslim desa Rejoso di depan gereja ilegal Griya Samadi pada Selasa (2/7/2013) sore di desa Rejoso.  

“HUT, hari ulang tahun pengangkatan imamat GREGORIUS UTOMO atau Romo Tomo yang ke 50 tahun gagal. Acara pada tanggal 2 Juli (2013 -red) awalnya mau diselenggarakan peresmian gereja ilegal Griya Samadi di Rejoso oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro juga gagal dan dipindah ke gereja Maria Assumpta Semangkak Klaten,” katanya.

Meski ada sebagian laskar Islam dan umat Islam yang kurang puas dengan aksi damai pada Selasa sore tersebut, tapi setelah Gianto memberikan penjelasan dari tujuan aksi tersebut dan langkah-langkah kedepan yang diambil, akhirnya mereka bisa memahaminya.

“Setelah maghrib, orasi dari para orator menjelaskan tentang (kondisi desa -red) Rejoso dan masyarakatnya (kepada para laskar -red). Meski ada sebagian laskar kurang puas dengan aksi damai, kemudian kita sampaikan bahwa semua keputusan maupun perencana sudah kita rembugkan dengan para pimpinan ormas masing-masing,” jelasnya.

...Intinya kita cuma ingin menggagalkan terlebih dulu upaya peresmian Griya Samadi oleh Menhan...

“Intinya kita cuma ingin menggagalkan terlebih dulu upaya peresmian Griya Samadi oleh Menhan,” tegasnya.

Pada Selasa malam seusai aksi unjuk rasa damai berlangsung, pria yang juga anggota KOKAM Muhammadiyah Klaten ini mengungkap kepada voa-islam.com bahwa secara hitungan matematis, umat Islam menang beberapa langkah dari pihak gereja ilegal Griya Samadi.

“Hasilnya, Satpol PP menghentikan pembangunannya, HUT keimaman Romo Tomo di Rejoso batal, Menhan tidak jadi meresmikan, Rebanan (sejenis musik gambus -red) dari lintas iman dari Ponpes Pancasila Sakti yang dipimpin oleh saudara Jazuli gagal,” ungkapnya.

...Menhan cepat-cepat pulang tidak ikut makan dan tidak jadi meresmikan, acara puncak 2 – 4 Juli (2013 -red) tidak dapat ijin, acara ke-agamaan dan kegiatan rutin tiap Rabu Pon tidak boleh ada, dan warga simpatik kepada kita (para laskar Islam -red)...

Hasil lain yang dicapai dari aksi damai pada Selasa sore itu adalah, Menhan Purnomo Yusgiantoro yang beragama Kristen Katolik segera balik ke Jakarta dan tidak jadi meresmikan gereja ilegal Griya Samadi serta mengukuhkan keimaman Romo Tomo.

“Menhan cepat-cepat pulang tidak ikut makan dan tidak jadi meresmikan, acara puncak 2 – 4 Juli (2013 -red) tidak dapat ijin, acara ke-agamaan dan kegiatan rutin tiap Rabu Pon tidak boleh ada, dan warga simpatik kepada kita (para laskar Islam -red),” imbuhnya.

“Tanggal 4 Juli (2013 –red) gelar wayang kulit dan pengobatan gratis juga dipindah dari Rejoso ke gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta (tempat dimana Romo Tomo bertugas dan sekarang ini menetap -red). IMB Griya Samadi ditolak oleh Pemda Klaten dan diberhentikan pembangunannya (oleh Satpol PP -red) setelah kita buktikan bahwa Griya Samadi adalah sebuah gereja,” tandasnya.

...Tanggal 4 Juli (2013 –red) gelar wayang kulit dan pengobatan gratis juga dipindah dari Rejoso ke gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta (tempat dimana Romo Tomo bertugas dan sekarang ini menetap -red)...

Sebelumnya diberitakan bahwa Griya Samadi milik GREGORIUS UTOMO yang lokasinya berada disebelah timur Kantor Kelurahan Desa Rejoso pada awalnya adalah sebuah tempat tinggal. Tapi, dalam perkembangannya ternyata difungsikan sebagai gereja.

Dan melalui Surat Kepala DPU Kabupaten Klaten tertanggal 18 Juni 2013 Nomor : 503 / 1472 / 17 tentang Pemberhentian Kegiatan Pembangunan akhirnya Pemda Klaten menyatakan bahwa Griya Samadi melanggar hukum dan kemudian disegel karena tidak ada IMB.

Selain itu, Griya Samadi juga melanggar ketentuan Bab VII Pasal 56 Ayat ( 1 ) jo Bab X Pasal 60 Ayat ( 1 ) dan ( 2 ) Perda Kabupaten Klaten Nomor 15 Tahun 2011 tentang Bangunan Gedung yang menimbulkan gangguan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. [Khalid Khalifah]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya