Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.067 views

Boko Haram Serang Pangkalan Angkatan Udara Nigeria Tewaskan 20 Tentara

MAIDUGURI, NIGERIA (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Islam Nigeria yang memiliki kaitan dengan Al-Qaidh, Boko Haram, meluncurkan serangan besar di pangkalan Angkatan Udara Nigeria di kota Maiduguri, menewaskan sejumlah personel keamanan dan menghancurkan beberapa pesawat selama serangan malam hari.

Ratusan pejuang menyerang pangkalan udara di pinggiran Maiduguri, ibukota negara bagian Borno, menggunakan truk dan bahkan membawa kendaraan lapis baja pengangkut personel yang mereka rampas dari tentara, mulai pukul 02:30 waktu setempat, menurut The Associated Press.

Menurut Brigadir Jenderal Chris Olukolade, juru bicara Departemen Pertahanan, setidaknya 20 personel keamanan tewas sementara dua helikopter dan tiga pesawat militer "dinonaktifkan." Dua puluh empat anggota Boko Haram juga gugur dalam serangan yang melibatkan bahan peledak dan Roket Berpeluncur Granat (RPG) tersebut.

Seorang pejabat Federal Aviation Authority Nigeria yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa upaya untuk membakar Bandara Maiduguri gagal. Pejuang Boko Haram membakar bangunan markas utama dan sebuah pos pemeriksaan polisi di gerbang utama. Kerusakan berat untuk daerah sipil di luar pangkalan juga dilaporkan.

Sebagai akibat dari serangan itu, Presiden Goodluck Jonathan telah menyerukan pertemuan keamanan darurat di Abuja. Jam malam selama  24 jam telah diberlakukan di kota itu, termasuk larangan total pada gerakan atau keluar.

Serangan Boko Haram di pangkalan udara di Maiduguri berlangsung kurang dari tiga pekan setelah pemerintah AS menambahkan kelompok pejuang Islam tersebut dan Ansuru, faksi sempalan, ke dalam daftar organisasi teroris. Dua hari setelah penunjukan, amir dari Ansuru menyebut pemimpin Al-Qaidah, Syaikh Ayman Al-Zawahiri sebagai "emir"-nya.

Serangan hari ini juga berlangsung hanya satu pekan setelah militer Nigeria mengklaim membersihkan kelompok mujahidin dari pangkalan mereka di hutan Sambisa. Pihak militer mengklaim bahwa lebih dari 100 pejuang Boko Haram gugur dalam serangan itu .

Boko Haram telah melakukan berbagai serangan di Nigeria sejak kelompok itu mulai melakukan pemberontakan tingkat rendah terhadap pemerintah Nigeria empat tahun lalu. Bentrokan besar antara keduanya pecah di Nigeria utara selama musim panas tahun 2009. Polisi mengklaim menewaskan ratusan pejuang Boko Haram, dan Mohammad Yusuf, pemimpin Boko Haram sebelumnya, ditangkap dan kemudian dieksekusi. Abubakar Shekau, pemimpin kelompok itu saat ini, terus menyerang negara dan menuntut agar syariah, atau hukum Islam, ditegakkan di negara itu.

Kelompok mujahidin Nigeria tersebut telah melakukan sejumlah serangan jibaku sejak didirikan. Target mereka termasuk gereja, surat kabar, pejabat pemerintah, dan aparat keamanan. Serangan jibaku dengan profil paling tinggi adalah yang menargetkan markas besar PBB di ibukota Nigeria Abuja pada Agustus 2011.

Serangan di Maiduguri oleh Boko Haram telah mengingatkan orang akan serangan serupa oleh sekutu Al-Qaidah pada markas angkatan udara di wilayah perang negara lain. Dua serangan lebih menonjol selama beberapa tahun terakhir termasuk serangan Taliban Afghanistan di Camp Bastion di Helmand pada bulan September 2012 (dua Marinir AS tewas, dan enam Harriers hancur dan dua lainnya rusak), dan serangan Taliban Pakistan di Pakistan Naval Station Mehran di Karachi (10 tentara Pakistan tewas, dan dua pesawat pengintai P-3C Orion maritim buatan AS hancur dan yang lain rusak). (st/tlwj)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X